Serda Aprilia Manganang Resmi Ganti Nama, Tangis Pecah Saat Sidang Berlangsung

Reporter : Firstyo M.D.
Jumat, 19 Maret 2021 18:07
Serda Aprilia Manganang Resmi Ganti Nama, Tangis Pecah Saat Sidang Berlangsung
Serda Aprilia Manganang resmi mendapatkan nama baru sebagai seorang laki-laki.

Prajurit TNI Angkatan Darat Serda Aprilia Manganang bisa bernapas lega. Hal tersebut dikarenakan ia telah resmi mendapatkan nama dan identitas jenis kelamin baru.

Resminya status Serda Manganang di mata negara terjadi setelah ia menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Tondano, Manado, Sulawesi Utara pada Jumat (19/3).

1 dari 4 halaman

Jalani Sidang

Serda Manganang menjalani sidang yang dilangsungkan secara online itu dengan didampingi KSAD Jendral TNI Andika Perkasa dan sang istri Hetty Andika Perkasa di Mabes TNI Angkatan Darat, Jakarta Pusat.

Dalam persidangan yang dijalani, mantan pemain voli timnas putri Indonesia itu tampil dengan seragam prajurit TNI AD laki-laki. Para saksi yang terdiri dari orang tua dan dokter pun hadir bersama kuasa hukum dan hakim lewat layar lebar yang menghubungkan Manado - Jakarta.

" Meminta, menerima, dan mengabulkan pemohon untuk seluruhnya. Menerima izin kepada pemohon untuk mengganti status jenis kelamin yang semula perempuan menjadi laki-laki," ujar kuasa hukum Serda Manganang di PN Tandano, Manado dikutip dari Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Berganti Identitas

KSAD Jendral TNI Andika Perkasa menyematkan nama baru pada Serda Aprilio Perkasa Manganang © Diadona

Kuasa hukum juga meminta majelis hakim untuk memerintahkan pihak Dukcapil setempat untuk mengganti identitas kependudukan Serda Manganang secara administratif.

Lewat permohonan yang diajukan, kuasa hukum juga menyebutkan nama baru yang akan dipakai oleh Serda Manganang nantinya.

" Mengizinkan kepada pemohon mengganti nama dari nama semula Aprilia Santini Manganang menjadi Aprilio Perkasa Manganang," ucap kuasa hukum.

3 dari 4 halaman

Tangis Pecah

Serda Manganang menyambut putusan majelis hakim yang mengesahkan status identitas barunya dengan penuh haru. Saat diberi kesempatan berbicara, ia mengucapkan rasa syukur atas segala yang ia lewati.

" Puji Tuhan Yesus saya bisa melewati ini semua," ujar Serda Manganang.

Momen haru juga muncul ketika Jendral Andika Perkasa mengajukan diri untuk menyematkan tag nama baru untuk Serda Aprilia Manganang.

" Saya ingin menyematkan nama yang baru," ujarnya seraya memasang tag lalu memeluk erat Serda Manganang.

4 dari 4 halaman

Nama Baru Serda Aprilia Manganang

Serda Aprilio Perkasa Manganang © Diadona

Dengan keputusan sidang tersebut, Serda Aprilia Santini Manganang kini telah resmi berganti nama menjadi Aprilio Perkasa Mangangang.

Sebelumnya, Serda Manganang juga sempat mendapatkan tawaran nama baru dari Ibu Hetty Andika Perkasa. Dalam sebuah momen, Ibu Hetty memberi sarang Serda Manganang untuk memakai nama " Lanang" yang berarti " laki-laki" dalam Bahasa Jawa.

Selamat atas kejelasan status barunya, Serda Aprilio Perkasa Manganang!

 

Beri Komentar