Sering Jadi Tanda Sudah Berumur, Kenapa Ya Masih Muda tapi Udah Ubanan?

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 23 Juni 2022 17:03
Sering Jadi Tanda Sudah Berumur, Kenapa Ya Masih Muda tapi Udah Ubanan?
Banyak yang ngira hanya orang berumur saja yang bisa ubanan, orang muda juga bisa ubanan!

Rambut ubanan seringkali dikaitkan dengan orang-orang sudah tua. Selain kulit yang kemungkinan mengekriput, rambut juga akan berubah dari hitam ke putih. Namun, ternyata sebagian orang yang masih terbilang muda ada yang mengalami rambut ubanan. Hal ini juga seringkali jadi bahan ceng-cengan teman saat nongkrong atau lagi main bareng.

Kira-kira, kenapa ya hal tersebut bisa terjadi? Ternyata melansir dari Healthline via Liputan6.com, ini nih penyebab rambut ubanan di usia muda!

1 dari 5 halaman

Stress

Ilustrasi Wanita Muda Uban © Diadona

Jangan salah, ternyata stress juga bisa berpengaruh terhadap munculnya uban! Hal ini disebabkan karena ketidakseimbangan radikal bebas dan antioksidan pada tubuh. Jarinagan dan protein pada tubuh pun rusak. Jika sering-sering stress, bisa-bisa bakal sering ubanan.

2 dari 5 halaman

Kurang Vitamin

Faktor lain selain antioksidan yang membuat rambut cepat beruban ternyata kurangnya protein, tembaga, dan zink. Selain itu, Omega-3, vitamin B12, dan vitamin B6 juga berpengaruh. Jadi, usahakan kamu memakanan dan minum yang mengandung kandungan tersebut agar rambutnya bernutrisi dan sehat sehingga tidak mudah cepat beruban.

3 dari 5 halaman

Merokok

Ilustrasi Wanita Muda Uban © Diadona

 

Kamu seorang perokok? Ternyata, kebiasaan merokok bisa menyebabkan rambut beruban di usia yang lebih muda. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian di tahun 2013 yang diterbitkan di Indian Dermatology Online Journal. Terdapat 207 perokok yang berusia 18-65 tahun di penelitian tersebut yang merokok 1-70 batang per tahun. Ternyata banyak uban yang muncul di suia 31 tahun dan seperempatnya di usia 25 tahun.

4 dari 5 halaman

Genetik

Ilustrasi Wanita Muda Uban © Diadona

Sudah menjalani hidup dan pola makan yang sehat, namun rambut tetap ubanan? Bisa jadi hal itu dikarenakan pengaruh genetik. Bisa jadi karena orangtuamu juga beruban di usia muda, atau kakek nenek mu nih. Coba tanyakan, ya!

Nah, itulah beberapa faktor kenapa rambut bisa ubanan di usia muda. Duh, jangan sampai ya! Yuk, jaga kesehatan rambut agar tidak ubanan di usia muda!

Beri Komentar