Servis yang Dilakukan dengan Gerakan Melompat ke Udara Dinamakan

Reporter : Nasa
Selasa, 22 Februari 2022 13:16
Servis yang Dilakukan dengan Gerakan Melompat ke Udara Dinamakan
Yuk simak ulasan jawaban dari pertanyaan 'servis yang dilakukan dengan gerakan melompat udara dinamakan?' berikut ini..

Servis yang dilakukan dengan gerakan melompat ke udara dinamakan dengan Jump Service. Teknik servis dengan melompat tersebut juga sering disebut dengan Jupm Service. Selain itu, teknik ini disebut juga merupakan teknik pukulan awal dengan kesulitan tinggi.

Ketepatan saat melompat sangat dibutuhkan, sehingga perkenaan bola hasil servis tidak gagal melintasi net. Dalam permainan bola voli, jika pemain yang gagal pada saat melakukan servis, maka akan memberi poin kepada kubu lawan.

Lalu sebaliknya, jika sebuah servis menghasilkan bola yang tidak mampu diantisipasi serta jatuh di lapangan lawan, maka akan menghasilkan angka. Di situ, servis dapat disebut sebagai bentuk serangan pertama yang dilakukan pada permainan bola voli.

1 dari 5 halaman

Servis yang Dilakukan dengan Gerakan Melompat ke Udara Dinamakan?

Seperti yang telah dijelaskan pada awal artikel, bahwa servis yang dilakukan dengan gerakan melompat dinamakan Jump Service. Sementara itu, cara melakukan jump service dalam bola voli terbagi menjadi empat tahapan yakni awalan, tolakan, perkenaan, serta pendaratan.

Awalan Jump Service Bola Voli

Untuk tahapan awal atau sikap permulaan ketika melakukan jump serve dalam permainan bola voli terletak pada penempatan posisi kaki, badan, dan tangan sebelum memukul.

Menurut dari buku Teknik Dasar Bermain Bola Voli (2013) oleh Winarno dan kawan-kawan, jump service menggunakan pendekatan tiga hingga empat langkah sebelum garis ujung lapangan.

Langkah tersebut dibutuhkan jelang melakukan lompatan atau tolakan, sembari melemparkan bola ke udara untuk dipukul.

 

2 dari 5 halaman

Tolakan Jump Service Bola Voli

Usai melakukan awalan sebanyak tiga hingga empat langkah, maka pemain dapat melakukan tolakan ketika bola mencapai titik tertinggi usai dilemparkan.

Setelah memutuskan untuk meloncat, pastikan bola berada dalam jangkauan tepat untuk dipukul sehingga mampu melintasi net.

Saat sudah melakukan tolakan, maka gerakan servis tidak dapat diulang kembali dari awal atau dihitung sebagai kesalahan.

3 dari 5 halaman

Pendaratan Usai Jump Service Bola Voli

Usai melakukan persentuhan bola, maka akhiri dengan gerakan mendarat menggunakan kedua telapak kaki menyentuh permukaan lapangan.

Setiap pemain yang melakukan servis dengan melompat diperkenankan mendaratkan kakinya di dalam atau luar wilayah permainan.

Asalkan, titik terakhir ketika melakukan tolakan berada di belakang garis ujung lapangan permainan milik regu pemain yang melakukan servis.

4 dari 5 halaman

Pengertian Permainan Bola Voli

Untuk kamu yang belum tahu, permainan bola voli termasuk salah satu contoh dari cabang olahraga bola besar. Bisa dikatakan, permainan ini masuk ke dalam kategori pertandingan karena melibatkan dua tim yang saling berhadapan untuk mendapatkan hasil pertandingan.

Cara memainkan bola voli adalah dengan memukul bola agar melewati bagian atas net yang ada di tengah lapangan. Agar mendapatkan skor, para pemain dalam satu tim harus mengarahkan bola ke area lawan, sehingga bola terjatuh di daerah pertahanan lawan.

Pencetusnya adalah William G. Morgan yang merupakan guru pendidikan jasmani di Amerika Serikat. Ia sangat terinspirasi dari permainan bola basket. Inspirasi tersebut dia dapatkan setelah bertemu dengan James Naismith yang merupakan pencetus olahraga bola basket.

5 dari 5 halaman

Mulanya, permainan ini ditujukan untuk para orang tua. Namun, Morgan ingin sekali menyesuaikan antara olahraga dengan kemampuan fisik para orang tua. Sebab tidak memungkinkan bagi orang-orang tua jika harus mengandalkan kekuatan fisik dalam waktu yang lama, misalnya berlari.

Dan sekitar empat tahun setelah pertemuan tersebut, terciptalah sebuah olahraga yang merupakan kombinasi antara basket, bulutangkis, dan baseball. Pada awalnya, permainan ini bernama Mintonette. 

Seiring dengan berkembangnya waktu, olahraga ini mulai dikenal dan banyak digemari orang dari berbagai kalangan usia. Perubahan nama menjadi Volleyball (Bola Voli) terjadi pada tahun 1896, bertepatan dengan diselenggarakannya pertandingan pertama pada acara internasional Young Men’s Christian Association (YMCA) Training School.

Nah demikian ulasan jawaban dari pertanyaan " Servis yang Dilakukan dengan Gerakan Melompat ke Udara Dinamaka" ? yang sudah dihadirkan oleh Diadona. Semoga artikel kali ini bermanfaat ya. Selamat belajar!

Beri Komentar