Tak Kuat Menahan Berbagai Masalah yang Menghampiri, 10 Artis Ini Pernah Lakukan Percobaan Bunuh Diri

D-Stories | Kamis, 6 Agustus 2020 17:03
Tak Kuat Menahan Berbagai Masalah yang Menghampiri, 10 Artis Ini Pernah Lakukan Percobaan Bunuh Diri

Reporter : Anif Fathul Amin

Siapa aja?

Setiap orang memiliki masalah masing-masing. Masalah yang berlarut-larut menimbulkan perasaan sedih, yang kemudian berdampak negatif terhadap pikiran, tindakan, perasaan, dan kesehatan mental seseorang atau depresi.

Hal tersebut pernah dialami oleh beberapa selebriti Tanah Air. Masalah yang menimpa mereka bermacam-macam. Ketika sudah tak kuasa menghadapi masalah tersebut, ada di antara mereka yang merasa putus asa dan nyaris mengakhiri hidupnya dengan mencoba bunuh diri.

Untungnya, mereka mampu mengatasi masalah yang dimiliki dan mengurungkan niat untuk bunuh diri. Mereka pun memilih untuk bangkit dari keterpurukan, agar bisa menjalani hidup dengan baik.

Berikut 5 artis yang pernah mencoba bunuh diri, dirangkum dari bernagai sumber (6/8).

2 dari 11 halaman

Gandhi Fernando

      View this post on Instagram    

TRANSFORMASI NYATA kalo di @beningsclinic_jakarta by @dr.okypratamaa. Sudah minggu ke 3 nihhh dan udah turun berat badan 3kg minum Healthy Slim (padahal jarang olahraga dan makan normal2 aja). Lalu lemak wajah dan double chin juga udah hilang berkat suntik messo.

A post shared by Gandhi Fernando (@gandhifernando) on

 

Belum lama ini, kematian Sulli eks f(x) menjadi sorotan. Dia dikabarkan melakukan bunuh diri, karena kerap mendapat komentar negatif dan pandangan orang-orang yang terus mem-bully-nya.

Rupanya, hal serupa dialami oleh Gandhi Fernando. Lewat tulisan yang diunggah ke Insta Story akun Instagram pribadinya, dia mengatakan bahwa dirinya sempat akan melakukan bunuh diri.

"Netizen menggangap cyber bullying hal biasa aja. Padahal ini sesuatu yang serius. Awal tahun ini gue pun pernah hampir memutuskan utk melakukan apa yang dilakukan Sulli krn cyber bullying,” tulis Gandhi.

“Untungnya I'm stronger than that and keep fighting for my life #StopCyberBullying #PublicFigureIsAlsoHuman,” sambungnya.

3 dari 11 halaman

Verrel Bramasta

 

Ve

      View this post on Instagram    

My best morning view? looking at you. • Todays ootd.

A post shared by Verrell Bramasta Fadilla (@bramastavrl) on

 

rrel Bramasta mengaku bahwa dirinya pernah mencoba untuk bunuh diri. Hal itu diungkapkan olehnya di video yang diunggah ke akun YouTube Abidzar Al Ghifari. Saat itu, dia merasa masalah dihadapinya tak kunjung selesai.

"Kok kayak enggak selesai-selesai masalah ini. Kenapa rasanya kayak berat pada saat itu," ujar Verrel dalam video berjudul 'Verrell Bramasta Pernah Mencoba Bunuh Diri, Cerita Bareng Abidzar | SantuyBray'.

Tindakan bunuh diri yang sempat akan dilakukan oleh pria 23 tahun itu, yakni dengan terjun dari balkon apartemennya di lantai 37. Bahkan, posisi salah satu kakinya sudah berada di luar balkon saat itu.

Namun, niat mantan kekasih Natasha Wilona itu berhasil digagalkan oleh sang ibu, Venna Melinda. "Kalau pada saat itu gue enggak dibukain pintunya sama nyokap gue, gue sudah lompat ke bawah," katanya.

Pemain sinetron 'Siapa Takut Jatuh Cinta' ini pun enggan bicara terlalu banyak tentang permasalahan yang menimpanya. Dia memilih untuk berintrospeksi dari pengalaman di masa lalunya itu.

"Setelah gue pikir kembali, banyak orang di luar sana yang mungkin mengalami masalah yang jauh lebih berat dari gue dengan kondisi yang mungkin lebih," pungkas Verrel Bramasta.

4 dari 11 halaman

Arumi Bachsin

      View this post on Instagram      

A post shared by arumi bachsin (@arumibachsin_94) on

 

Pada 2011, Arumi Bachsin pernah berseteru dengan ibunya, Maria Lilian Pesch. Dengan adanya kejadian tersebut, dia sempat berada di bawah perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Dr. Teguh Soedarsono, S.IK., S.H., MSi, selaku penanggung Jawab Bidang Hukum, Diseminasi dan Humas Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) mengatakan bahwa saat itu, Arumi beberapa kali mencoba bunuh diri.

Sebelumnya, mantan kekasih Miller Khan ini sempat kabur dari rumah, setelah cekcok dengan ibunya. Diduga, dia kabur karena tidak sepaham dengan ibunya.

Arumi yang saat itu berusia 16 tahun, tak ingin dipaksa menjalani syuting sinetron kejar tayang. Sebab, dia tidak mau waktunya habis untuk bekerja dan ingin menikmati masa muda bersama teman-temannya.

5 dari 11 halaman

Andika ‘Kangen Band’

 Andika MahesaAndika Mahesa © 2020 instagram.com/babang_andikamahesa/

Maesa Andika Setiawan atau lebih dikenal sebagai vokalis Kangen Band sempat ingin bunuh diri. Pada 2012, dia dikeluarkan dari band yang telah membesarkan namanya itu.

Hal tersebut disebabkan karena Andika masih terikat kontrak dengan sebuah label dan melakukan pelanggaran terhadap yang telah disepakati. Sehingga, dia dituntut untuk keluar dari Kangen Band atau membayar denda Rp 1 miliar.

Dodhy, gitaris Kangen Band sempat mengobrol dengan pelantun lagu ‘Yolanda’ itu terkait hal tersebut. Dia merasa terkejut saat Andika mengatakan bahwa dirinya ingin bunuh diri.

“ Gue tanya, ’lo kenapa?’, dia bilang, ‘iya, gue bingung, apa gue bunuh diri saja ya.’ Gue bilang, ‘jangan emosi, pakai nalar, pakai petunjuk lah, kalau pakai nafsu itu berantakan’,” imbuh Dodhy dalam sebuah wawancara.

6 dari 11 halaman

Ariel Tatum

 

 Ariel TatumAriel Tatum © Instagram/ arieltatum

Aktris Ariel Tatum kerap disebut sebagai sosok sempurna sebagai wanita. Kesuksesannya dalam dunia akting membuat banyak orang iri dengan yang ia dapatkan. Tetapi jangan salah, di balik kesuksesannya Ariel Tatum harus melawan gangguan mental yang ia miliki.

Ya, sejak berusia 13 tahun Ariel mengaku memiliki kepribadian ambang. Lagi-lagi tindakan bully juga jadi penyebab Ariel ingin bunuh diri. Dalam channel YouTube Q&A Metro TV, Ariel mengaku nekat meminum banyak pil obat sampai ingin menyewa jasa pembunuh.

" Terus aku sempat mikir kayak apa aku suruh orang buat bunuh gue, jadi keluarga gue enggak nelangsa-nelangsa amat gitu loh mikir gue bunuh diri, jadi mikirnya gue dibunuh orang saja," ujarnya.

Namun beruntungnya Ariel Tatum berhasil mengubur niat buruknya itu. Bahkan Ariel saat tak malu untuk mengakui kondisi psikisnya. Ia juga kerap berbagi pengalaman mengenai perjuangan yang ia lakukan.

7 dari 11 halaman

Luna Maya

 

 Luna MayaLuna Maya © instagram.com/AldoSinarta

Aktris berdarah Bali Luna Maya menjadi salah satu seleb yang kerap menjadi sorotan. Seperti yang diketahui, ia sempat terseret dalam kasus video pada tahun 2010 lalu. Karier melejit Luna Maya rupanya juga diselimuti hal-hal kelam yang membuatnya tersudutkan.

Perkataan negatif yang diberikan netizen diakui Luna dalam YouTube Trans TV Official, sempat membuatnya ingin bunuh diri. Pikiran buruk yang sempat terlintas dalam pikirannya, ia anggap sebagai sesuatu yang normal terjadi.

" Ya sudah, dengan tidak adanya gua di dunia ini mereka (para pembully) lebih tenang, 'ya mendingan gua mati aja gitu', tapi menang dong mereka," kata Luna Maya.

Dengan memikirkan kembali tindakannya, Luna memutuskan untuk tidak lagi berpikiran untuk bunuh diri. Keputusan Luna membuatnya bertahan dan melanjutkan kehidupan. Bahkan saat ini ia dikabarkan semakin berbahagia dengan kedekatannya bersama pria bernama Ryochin.

8 dari 11 halaman

Ria Ricis

 Ria RicisRia Ricis © instagram.com/@riaricis1795

Siapa yang nggak kenal dengan sosok periang satu ini? Ria Ricis terkenal dengan wajah ceria dan suara lantangnya. YouTuber yang juga adik dari presenter Oki Setiana Dewi itu ternyata mengalami masa-masa berat beberapa waktu yang lalu. Memiliki subscriber banyak, ternyata tidak selalu membahagiakan Ricis.

Dalam video berjudul " Saya Pamit untuk Mulai" dalam YouTube channelnya, Ria Ricis mengakui kisah percobaan bunuh dirinya. Dengan tangan yang bergemetar dan mata yang semakin bengkak, aku arahkan benda tajam tersebut tubuhku," ucap Ria Ricis.

Ternyata tindakan tersebut dilakukan Ricis lantaran mendapat bully akibat video " Pamit" yang ia buat. Beruntungnya Ricis berhasil membatalkan tindakan bunuh dirinya. Berkat keputusan bijaknya, ia bisa kembali membuat konten dan berkarya.

9 dari 11 halaman

Prilly Latuconsina

 Prilly LatuconsinaPrilly Latuconsina © Instagram.com/prillylatuconsina96

Sekilas kehidupan Prilly Latuconsina terlihat sempurna. Cantik, muda, dan berbakat rasanya menjadi hal yang diidam-idamkan banyak orang. Namun siapa sangka, dalam akun YouTube channel Ussy Andhika Official, perempuan imut ini pernah melewati masa sulit karena dibully hater.

Prilly yang saat itu masih berusia 19 tahun, harus melewati komentar negatif orang-orang. Saat itu ia juga mengaku terjebak dalam pertemanan yang buruk. Musibah yang saat itu sedang ia lewati juga membuat Prilly ingin mengakhiri hidup.

" Jadi aku menganggap, gila gue udah buat satu kesalahan ini, jadi gua mati aja deh," ujar Prilly.

Namun perempuan berusia 23 tahun itu berhasil melewatinya dan melanjutkan kehidupan. Bahkan diusianya yang masih muda, deretan sinetron dan film berhasil ia bintangi. Baru-baru ini ia juga dipercaya untuk memainkan peran dalam Get Married series.

10 dari 11 halaman

Kevin Aprilio

      View this post on Instagram      

A post shared by Kevin Aprilio (@kevinaprilio) on

 

Pada Juni 2019 warganet dibuat geger atas pernyataan Kevin Aprilio dalam akun Instagram-nya. Ia menceritakan kejadian empat tahun lalu ketika bangkrut akibat gagal dalam investasi Forex sampai berhutang Rp17 miliar. Hutang tersebut harus ditanggungnya saat usia 25 tahun hingga mengalami depresi dan berpikir untuk bunuh diri.

"Pada saat itu saya ingin sekali bunuh diri karena bagaimana mungkin... bagaimana caranya usia saya 25 tahun harus mengembalikan uang sebesar 17M dalam waktu singkat dan tanpa modal. Saya diancam ini itu," katanya.

Selain itu, Kevin semakin dijauhi oleh orang-orang terdekatnya dan ia pun lebih memilih untuk menjadi pribadi yang tertutup. Ia harus mencoba menutupi semua masalahnya agar tidak disorot oleh pihak manapun. Kevin berpikir untuk menjaga nama baik orang tuanya, Addie MS dan Memes seperti beliau membesarkan nama baik Kevin Aprilio.

Untungnya, di tengah keterpurukannya tersebut datang seorang cewek bernama Vicy Melanie yang selalu memberi dukungan kepada Kevin. Vicy meminta waktu selama tiga tahun untuk menemani Kevin menyelesaikan masalahnya tersebut. Akhirnya, Kevin dengan dukungan sang kekasih lepas dari hutang miliaran rupiah.

11 dari 11 halaman

Clara Gopa

      View this post on Instagram      

A post shared by CLARA GOPA REAL (@claragopaduosemangka94) on

 

Nama terakhir yang baru-baru ini menghebohkan dunia entertainment tanah karena percobaan bunuh dirinya adalah Clara Gopa. Beredar kabar bahwa Clara melakukan percobaan bunuh diri ini di sebuah hotel di Malang, Jawa Timur. Menurut manajernya, aksi nekat Clara Gopa kali ini diduga kuat karena tak kuat menahan berbagai cibiran netizen di Instagramnya.

Jaga orang-orang baik di sekitar kita ya, jangan sampai dia merasa sendirian menghadapi masalah yang ada. Karena bunuh diri sebenarnya bukan cara paling benar untuk menyelasiakn masalah. Be safe guys!

Join Diadona.id