Viral Makam Bernama Upin dan Ipin, Ini Kisah Sebenarnya dari Sang Ayah Langsung

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 19 Januari 2022 15:27
Viral Makam Bernama Upin dan Ipin, Ini Kisah Sebenarnya dari Sang Ayah Langsung
Ini kisah sebenarnya mengenakai makam bertulisan Upin dan Ipin, yang diceritakan langsung oleh sang ayah.

Serial anak Upin dan Ipin merupakan tontonan yang banyak disukai masyarakat. Meski demikian, banyak yang mempertanyakan asal usul cerita ini. Bahkan baru-baru ini heboh makam Upin dan Ipin yang disebutkan tokoh sebenarnya. Karena hal tersebut, banyak pihak yang membuat teori sendiri mengenai cerita Upin dan Ipin.

 

1 dari 5 halaman

Namun, melansir dari akun TikTok @liputan6com, kisah sebenarnya mengenai makam yang bertulisan Upin dan Ipin tersebut diungkapkan oleh sang ayah, Hikma, sekarang umurnya 48 tahun. Makam tersebut terletak di kompleks Pemakaman Umum Keluarahan Layana, Kecamatan Palu Utara, Kota Palu.

Makam upin tertulis wafat pada 6 Agustus 1995, sedangan Ipin wafat pada 2 April 1996. Hikma menceritakan bahwa kedua anaknya tersebut meninggal karena sakit. Anak laki-lakinya wafat setelah usia 14 hari, sedangkan anak lainnya meninggal setelah berusia 3 hari.

 

2 dari 5 halaman

Hikma mengatakan bahwa keduanya meninggal sebelum sempat diberi nama. Ketika meninggal, makam kedua anaknya hanya diberi tanda batu nisan. Makam kedua anaknya baru diperbaiki pada tahun 2016, dan akhirnya diberi nama Upin dan Ipin. Hikma mengaku bahwa ia memang terinspirasi oleh dua tokoh kartun tersebut.

@liputan6com Ini Cerita Sang Ayah Upin Ipin, Tentang Makam Anaknya yang Viral #liputan6 #upinipin #viral #makamupinipin ? Horror Music(907870) - Pavel

 

 

3 dari 5 halaman

" Sang ayah, Hikma, menceritakan kedua anaknya itu meninggal dunia karena sakit. Satu anak laki-lakinya wafat setelah usia 14 hari. Setahun kemudian satu anaknya masih berusia 3 hari juga meninggal dunia. Keduanya meninggal dunia sebelum sempat diberi nama."

" Waktu itu makam tersebut hanya diberi nisan batu untuk penanda lokasi kuburan lantaran tak memiliki biaya. Pada tahun 2016 makam pun diperbaiki agar lebih bagus dan diberi nama Upin dan Ipin. Sang ayah mengakui terinspirasi dari serial anak-anak Upin dan Ipin.

 

4 dari 5 halaman

Komentar Netizen

Melihat video tersebut, netizen pun mengutarakan pendapatnya di kolom komentar. Banyak netizen yang lega dengan kebenaran tersebut, sebab banyak kabar rancu yang beredar mengenai makam Upin dan Ipin tersebut.

" Tuh kan. Yang bikin berita sebelumnya cuman nyari viral. Gegara nama di batu nisan," tulis 'dee saropah'.

" Akhirnya bisa tidur dengan nyenyak, dan bisa nonton upin & ipin tanpa takut," tulis 'Abu2ihitam'.

" Akhirnya bisa tidur," ucap netizen yang lain.

 

Beri Komentar