Viral Penampakan Langit Warna Merah Misterius di China, Apa Penyebabnya?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 16 Mei 2022 13:35
Viral Penampakan Langit Warna Merah Misterius di China, Apa Penyebabnya?
Ada yang panik, ada pula yang malah menjadikannya sebagai lelucon.

Langit seringkali digambarkan dengan warna biru, entah biru yang jernih, biru dengan ornamen awan bagaikan kapas, atau biru gelap saat malam hari. Warna lain yang sering dikaitkan dengan langit juga warna jingga untuk menandai pergantian waktu, seperti saat fajar atau senja.

Lantas, apa jadinya jika langit justru diselimuti warna merah dengan rona misterius? Hal ini rupanya sempat terjadi di China beberapa waktu lalu.

1 dari 5 halaman

Pada tanggal 7 Mei, di kota Zhoushan, provinsi Zhejiang, Tiongkok timur, langit menunjukkan fenomena aneh dengan menampilkan warna merah bak darah. Fenomena ini langsung memicu kekhawatiran, rasa ingin tahu, hingga kehebohan di kalangan penduduk lokal bahkan jadi perbincangan di seluruh dunia.

Dalam sejumlah video yang viral, warga sekitar tampak kebingungan sekaligus bertanya-tanya penyebab hal ini terjadi. Tak sedikit yang khawatir jika ini pertanda akhir dunia hingga menyimpulkan jika aktivitas destruksitf manusia yang jadi penyebabnya.

 

2 dari 5 halaman

Melansir dari Global Times, ahli meteorologi lokal menduga hal ini disebabkan oleh 'pembiasan dan hamburan cahaya', kemungkinan besar dari perahu nelayan berwarna merah di pelabuhan.

" Saat itu berkabut dan berawan di Zhoushan pada hari Sabtu dan gerimis saat langit merah, yang mungkin disebabkan oleh pantulan cahaya dari awan tingkat rendah. Ketika kondisi cuaca bagus, lebih banyak air di atmosfer membentuk aerosol yang membiaskan dan menyebarkan cahaya kapal penangkap ikan dan membuat langit merah terlihat oleh publik," ujar mereka.

3 dari 5 halaman

Meski sudah ada penjelasan dari ahli meteorologi, masih ada juga yang beranggapan jika hal ini terjadi berkaitan dengan polusi. Bahkan ada juga yang menduga jika ini merupakan hasil dari aktivitas mencurigakan seperti pengujian senjata.

" Sepertinya pemerintah China tengah menguji senjata lagi," ujar netizen di Twitter.

" Kamu sadar polusi sudah begitu parah saat fenomena seperti ini terjadi," komentar netizen lainnya.

4 dari 5 halaman

Rupanya, nggak semua netizen menanggapi hal ini dengan serius. Nyatanya, masih ada yang justru melontarkan candaan terkait fenomena ini.

" Oh, sial. Episode baru Wandavision," komentar seorang netizen.

" Mungkin itu pertanda dari alien kalau kita harus lebih santai," canda netizen lainnya.

Beri Komentar