Viral Video Seorang Kakek yang Shalat Id Pakai Baju SMA, Kisahnya Bikin Sedih

Reporter : Riza Umami
Selasa, 4 Agustus 2020 11:17
Viral Video Seorang Kakek yang Shalat Id Pakai Baju SMA, Kisahnya Bikin Sedih
Kenapa ya?

Saat Hari Raya Idul Adha, biasanya umat Muslim akan melaksanakan shalat Id di masjid. Begitu pula yang dilakukan oleh seorang kakek berikut ini. Namun, beliau cukup mendapatkan perhatian karena bukannya mengenakan baju koko, kakek ini justru memakai seragam SMA.

Video ini pertama kali dibagikan oleh seorang pengguna TikTok yaitu @andisalsaa_s. Dalam video itu terlihat, kakek ini memakai seragam SMA lengkap sambil memakai peci dan juga bawa sajadah untuk shalat.

1 dari 3 halaman

Ketika hendak balik pulang, kakek ini bermaksud mencari tumpangan kendaraan yang searah dengan rumahnya. Namun, tak ada yang satu arah dengan rumah beliau sehingga beliau pun tidak dapat tumpangan untuk pulang.

Ketika sudah pulang, kakek itu tiba-tiba datang ke rumah nenek Caca pemilik akun @andisalsaa_s. Kemudian, beliau diajak masuk sambil makan dan ngobrol. Beliau pun bercerita bahwa baju SMA yang dia pakai itu dikasih orang. Kemudian, ada orang yang memberikan baju batik yang sekarang ini beliau pakai.

2 dari 3 halaman

Video beliau ini pun viral di media sosial dan banyak dibagikan oleh beberapa akun Instagram, salah satunya yaitu @sayaphati. Berikut ini postingannya.

      View this post on Instagram

Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan seorang kakek tua renta berjalan di tengah jamaah salat Id di sebuah lapangan terbuka. Namun yang mencuri perhatian adalah seragam SMA putih ab-abu yang dikenakan oleh kakek tersebut. . Dalam video yang diunggah oleh akun andisalsaa_s terlihat sang kakek mengenakan peci hitam mengenakan pakaian seragam SMA lengkap. Ia juga membawa sajadah berwarna merah. . Kemudian, setelah salat berakhir, kakek tersebut berusaha mencari kendaraan untuk kembali pulang ke rumahnya. Namun sayangnya, kendaraan lain tak ada yang searah dengan rute rumah si kakek. . Kakek Bernama Sakka Kepada Tribunnews, Caca menjelaskan, kejadian dalam video tersebut ia saksikan langsung saat berada di lokasi salat Idul Adha di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, 31 Juli lalu. . “Iya, itu saya saksikan sendiri waktu saya pergi Salat Id di rumah nenek di kampung,” ujaranya, Senin (3/8). Caca menuturkan, kakek tersebut bernama Sakka. Rumahnya tidak begitu jauh dari rumah neneknya. Ia mengaku secara kebetulan bertemu dengan kakek Sakka di lokasi Salat Id. . Ketika melihat kakek Sakka hanya mengenakan seragam SMA, Caca pun tergerak hati untuk mengabadikan momen tersebut. Ia pun berharap banyak orang yang tergerak hatinya untuk membantu keluarga kakek Sakka. . Dari cerita keluarga di kampung halamannya, diketahui bahwa kakek Sakka memiliki seorang yang juga sudah tua istri dan saudaranya yang buta. . Kini, sang kakek tidak lagi bisa bekerja seperti pada masa mudanya. Melalui rekaman singkat kehidupan sang kakek, Caca berharap banyak orang yang membantu untuk meringankan tanggungan sang kakek. . “Pesan dari saya, banyak-banyak bersyukur, soalnya nggak semua orang hidupnya bisa kayak kita gini. Masih banyak di luar saya yang sangat membutuhkan kita,” tuturnya. . Artikel : Dawinusa

A post shared by OFFICIAL MAKASSAR INFO (@makassar_iinfo) on

Sejumlah warganet memberikan komentar dalam video yang dibuat oleh @andisalsaa_s tersebut, berikut beberapa di antaranya.

@sumiati wek: Gakkuatt kalau dah liat kek gini mah.

@Kimochi: Semoga kakek di panjangkan umur nya di beri kesehatan biar bisa main sama cucunya dimasa2 tua nya.

@Mei: Yaa allah kasian, sehat terus yaa pak.

3 dari 3 halaman

Kakek ini tinggal bersama dengan istrinya di sebuah rumah yang sangat rapuh sekali. Beliau yang tidak punya pekerjaan ini, juga menghidupi satu saudaranya yang dalam keadaan buta.

Mari kita bantu ringankan beban beliau dengan berdonasi di nomor rekening 0111009767503 (BRI) atas nama Nurhudiah, SE. Semoga beliau sehat selalu dan dipermudah rezekinya.

Beri Komentar