Viral WNA Ini Ajak Bule Ramai-Ramai Pindah ke Bali di Masa Pandemi, Banjir Hujatan Netizen

Reporter : Riza Umami
Selasa, 19 Januari 2021 16:17
Viral WNA Ini Ajak Bule Ramai-Ramai Pindah ke Bali di Masa Pandemi, Banjir Hujatan Netizen
Kristen Gray panen hujatan warganet gara-gara cuitannya tentang ajak bule ramai-ramai pindah ke Bali di masa pandemi.

Bule bernama Kristen Gray yang berasal dari Amerika, mendadak viral lantaran cuitan yang baru-baru ini dia buat di Twitter melalui akunnya yaitu @kristentootie. Thread yang dia buat tersebut langsung jadi sorotan karena dirinya mengajak WNA untuk pindah ke Bali di tengah pandemi.

Awalnya, dia menceritakan kalau dia pindah dari Amerika ke Bali karena tak kunjung dapat pekerjaan. Dia pun pergi ke Bali bersama dengan pacarnya di tahun 2019. Di Bali, dia tinggal di sebuah rumah pohon seharga 400 dolar Amerika atau yang setara dengan Rp5 juta.

1 dari 4 halaman

Kristen mengatakan bahwa biaya hidup di Bali menurutnya jauh lebih mudah dibandingkan di Amerika. Selain itu, Kristen juga membagikan tips agar bisa pindah ke Bali di masa pandemi ini meski protokol kesehatan cukup ketat. Dia bahkan membagikan agen visa yang dia gunakan agar bisa bebas ke Bali di tengah pandemi.

Ilustrasi Bali © Diadona

Bahkan, Kristen pun membagikan cara bagaimana bisa tetap tinggal di Bali meski sudah overstay visa. Dia membagikan tips-tipsnya ini melalui ebook yang dia jual seharga 30 dolar Amerika atau yang setara dengan Rp420 ribu lebih.

2 dari 4 halaman

Menurut penelusuran netizen yaitu pemilik akun Twitter @BetterWithBill, Kristen Gray menggunakan visa B211A di mana visa tersebut digunakan bagi mereka yang mengunjungi Indonesia dalam rangka liburan, olahraga, aktivitas komersial dan bisnis, mengunjungi keluarga, kegiatan jurnalis atau transit serta hanya berlaku selama 60 hari.

Padahal, Kristen dan pacarnya ini sebenarnya sudah tinggal cukup lama di Bali sampai sekarang karena awalnya mereka pindah di tahun 2019. Apalagi dia datang ke sini bukan hanya untuk liburan saja tetapi juga untuk menetap dan bekerja.

3 dari 4 halaman

Pemilik akun Twitter @BetterWithBill membuat laporan mengenai Kristen Gray kepada DitJen Imigrasi. Laporannya pun sudah direspons dan akan segera ditindaklanjuti. Berikut ini thread yang dibuat oleh @BetterWithBill tentang Kristen Gray ini.

Beberapa netizen pun juga membuat thread mengenai Kristen Gray sampai membuatnya begitu viral dan panen hujatan hingga kini. Berikut ini beberapa balasan warganet di cuitan milik @BetterWithBill.

4 dari 4 halaman

Saat ini, ebook yang dijual oleh Kristen Gray pun sudah tidak tersedia lagi. Dia pun menghilang dari berbagai media sosialnya. Kemenkumham pun sedang mengusut Kristen yang mengajak bule untuk pindah ke Bali di masa pandemi. Semoga bisa ditindaklanjuti dengan tepat.

Beri Komentar