Malam Lailatul Qadar adalah Malam yang Lebih Baik dari 1000 Bulan, ini Waktu dan Tandanya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 6 Mei 2021 21:57
 Malam Lailatul Qadar adalah Malam yang Lebih Baik dari 1000 Bulan, ini Waktu dan Tandanya
Malam Lailatul Qadar adalah malam mulia di mana orang yang beribadah di malam tersebut dnegan sungguh-sungguh, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lampau

Malam lailatul Qadar adalah malam yang paling ditunggu oleh umat Islam selama bulan Ramadan karena punya keistimewaan lebih dari 1000 bulan. Ini adalah malam di mana ayat-ayat Al-Quran turun dari langit bumi kepada Nabi Muhammad SAW.

“Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al-Qur’an pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. al-Qadr, [97]: 1–5).

Apa arti dari 'seribu bulan' yang tertulis dalam Al-Quran tersebut?

Ada beda pendapat tentang makna. Tapi ulama sepakat

Ada perbedaan pendapat mengenai makna dari seribu bulan di malam Lailatul Qadar, namun seluruh ulama sepakat bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam yang mulia untuk beribadah. 'Seribu bulan' bisa saja memiliki arti bahwa ada banyak keutamaan yang tak tergantikan dari malam ini.

1 dari 3 halaman

Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar Adalah © Diadona

Kapan tepatnya malam Lailatul Qadar ini terjadi tak ada yang tahu pasti. Namun Allah memberikan kemurahan dengan menujukkan tanda-tandanya kepada kita.

Rasulullah sendiri pernah menyebut bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam gajil di sepuluh hari terakhir Ramadan. Bila dicocokkan dengan penangalan masehi, maka malam Lailatul Qadar 2021 akan jatuh pada waktu berikut ini:

21 Ramadan = 3 Mei 2021
23 Ramadan = 5 Mei 2021
25 Ramadan = 7 Mei 2021
27 Ramadan = 9 Mei 2021
29 Ramadan = 11 Mei 2021

Seperti hadist Nabi Muhammad SAW, mereka yang bersungguh-sungguh melakukan ibadah di waktu tersebut akan mendapatkan ampunan dosa yang sudah dilakukan di masa lalu.

" Barangsiapa shalat pada Lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lampau," (H.R. Imam Bukhari).

2 dari 3 halaman

Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar Adalah © Diadona

Malam Lailatul Qadar adalah suatu misteri. Datangtnya malam ini dirahasiakan agar kita konsisten menjalankan amalan, tak hanya giat di satu malam saja. Namun, ada tanda-tanda yang diberikan kepada Allah mengenai datangnya malam tersebut, yakni:

Malam Ganjil

Dalam beberapa riwayat, disebutkan Rasulullah pernah memerintah para sahabat untuk mencari malam tersebut di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, terutama di malam yang ganjil.

“ Carilah lailatul qadar pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari)

Udara atau Angin Malam yang Terasa Tenang

Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, Rasulullah bersabda:

“ Lailatul qadar adalah malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin,..” (HR. Ibnu Huzaimah)

Hadist di atas menjelaskan bahwa di malam Lailatul Qadar, udara terasa menyenangkan. Tak terlalu panas namun juga tak terlalu dingin.

Malam yang Nampak Cerah

“ …Sesungguhnya tanda Lailatul Qadar adalah malam cerah, terang, seolah-olah ada bulan, malam yang tenang dan tentram, tidak dingin dan tidak pula panas. Pada malam itu tidak dihalalkan dilemparnya bintang, sampai pagi harinya. Dan sesungguhnya, tanda Lailatul Qadar adalah, matahari di pagi harinya terbit dengan indah, tidak bersinar kuat, seperti bulan purnama, dan tidak pula dihalalkan bagi setan untuk keluar bersama matahari pagi itu.” (HR. Ahmad)

Matahari Tidak Terik di Pagi Hari

" ..Malam itu adalah malam yang cerah yaitu malam ke dua puluh tujuh (dari bulan Ramadhan). Dan tanda-tandanya ialah pada pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa sinar yang menyorot.” (HR. Muslim no. 762)

Penejlasan tentang hadirnya tanda-tanda malam Lailatul Qadar adalah:

  • Allah ingin matahari terbit dengan cara yang istimewa setelah malam yang istimewa.
  • Malaikat sedang turun ke bumi dan keberadaannya menghalangi sinar matahari.

Ibadah terasa Tenang

Tanda-tanda malam Lailatul Qadar tersebut datang karena di malam itu, malaikat sedang turun ke bumi. Ini seperti firman Allah SWT yakni:

“ Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril,” (QS. Al-Qadar: 4)

Dan tafsir Ibnu Katsir 8/445, “ Banyak malaikat yang akan turun pada Lailatul Qadar karena banyaknya berkah yang ada pada malam tersebut. Dan Malaikat akan turun bersamaan dengan turunnya berkah dan rahmat sebagaimana turunnya mereka di tengah-tengah orang yang membaca al-Qur’an serta mengelilingi majlis-majlis zikir.”

3 dari 3 halaman

Amalan di Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar Adalah © Diadona

Mengingat ini adalah malam yang penuh dengan kemuliaan, maka isis dan penuhi dengan amalan-amalan untuk mendapatkan pahala terbaik. Ibadah yang bisa kamu lakukan di malam Lailatul Qadar adalah :

Bertaubat

Jadikan momen malam Lailatul Qadar untuk meminta ampun kepada Allah dengan melaksanakan taubat. Dan ini sesuai dengan perintah Rasulullah lho!

Aisyah berkata, " Wahai Rasulullah, apa yang harus aku ucapkan jika aku bertepatan mendapatkan malam Lailatul Qadar?" . dan beliau menjawab " Bacalah doa ini,"

" (Ya Allah, sesungguhnya Engkau maha pemaaf mencintai kemaafan, maka maafkanlah aku).” (HR. Ibnu Majah, yang dishahihkan oleh Al Albani)..

Sholat Malam

“ Lakukanlah shalat malam oleh kalian, karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian. Ia pun dapat mendekatkan kalian kepada Rabb kalian, menghapus segala kesalahan dan mencegah dari perbuatan dosa.” 9HR. Tirmidzi, Hadist Hasan)

Ibadah sunnah berupa sholat malam ini memiliki banyak pahala yang secara khusus telah disebutkan seperti pada hadist di atas.

Nggak cuman amalan di atas, namun agar amalan malam Lailatul Qadar 2021 kamu mencapai pahala terbaik, jangan lupa untuk menyertakan amalan berikut:

  • Meluruskan niat
  • Berpenampilan terbaik
  • Tidak makan terlalu banyak saat berbuka puasa.

Berdzikir

Dzikir adalah sebuah pengingat kepada Allah. Dzikir adalah memurnikan hati.

Dikutip dari Dalam Islam, ada banyak keutamaan dalam berdzikir dan lima diantaranya yakni:

  • Tercukupi atas segala sesuatu
  • Masuk surga
  • Memperoleh ridha Allah SWT
  • Mendapatkan predikat orang terbaik di hari kiamat
  • Mendapatkan kebaikan berlipat-lipa

Macam dzikir dan kalimat-kalimat pujian kepada Allah berikut bisa kamu panjatkan untuk meraih kemuliaan di malam Lailatul Qadar 2021.

Membaca Al Quran

Ada banyak keutamaan membaca Al-Quran, terlebih bila mengamalkannya di malam Lailatul Qadar 2021 nanti.

  • Sebaik-baiknya manusia adalah orang yang belajar Al-Quran dan mengamalkannya
  • Al-Quran adalah sebaik-baiknya ucapan
  • Orang yang mahir membaca Al-Quran akan bersama dengan malaikat
  • Orang yang membaca Alquran diibaratkan seperti buah utrujjah yang luarnya wangi dan dalamnya manis
  • Alquran akan memberi syafaat kepada pembacanya
    Membaca satu atau dua ayat Alquran lebih baik daripada memperoleh satu atau dua ekor onta yang besar
  • Rahmat dan ketentraman akan turun ketika berkumpul membaca Alquran
  • Membaca satu huruf Alquran akan memperoleh sepuluh kebaikan

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang penuh dengan kemuliaan dan belum tentu kita bisa mendapatkannya di tahun depan, kan?

Beri Komentar