10 Inspirasi Desain Kamar Mandi Nyaman dan Bersih Untuk Anak

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 27 Januari 2020 14:49
10 Inspirasi Desain Kamar Mandi Nyaman dan Bersih Untuk Anak
Kamar mandi yang ramah, bisa membuat mereka selalu bersemangat mandi dan memanjakan mereka saat di dalamnya.

Kamar mandi adalah salah satu ruangan yang sangat penting di dalam rumah. Di ruangan inilah, seluruh anggota keluarga membersihkan tubuh mereka. Terkadang anak kecil sangat senang saat bersentuhan dengan air, namun saat sudah asyik dengan suatu hal bisa ogah-ogahan untuk diajak mandi. Sehingga bukan rahasia umum lagi kalau menyuruh anak untuk mandi itu susah-susah gampang.

Dikutip dari beberapa sumber, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayu anak agar senang saat disuruh mandi. Salah satunya adalah dengan menciptakan kamar mandi khusus untuk anak. Gunakan desain yang seusai dengan selera anak-anak pada umumnya agar anak menjadi betah dan nyaman di kamar mandi, sehingga tidak ada alasan lagi buat si kecil tidak mau mandi. Berikut ide desain kamar mandi anak yang nyaman dan bersih untuk anak.

1 dari 7 halaman

Tempat Sikat Gigi yang Lucu

Ilustrasi Tempat Sikat Gigi © Diadona

Buat mereka lebih mudah dengan rak-rak yang menjaga persediaan tetap terjangkau, ini mencakup sikat gigi yang sangat menggemaskan bagi anak-anak saat ingin menyikat gigi mereka. Kamu bisa mencoba membuatnya dengan tutup kotak kayu, gunakan ukuran 5-8 inci untuk mengebor satu lubang di satu sisi panjang, satu inci dari sudut kiri. Haluskan dengan amplas kemudian cat bagian dalam kotak dengan cat akrilik. Biarkan kering dan beri stempel pada nama anak kalian. Oleskan dua lapis pernis semprot di atas cat untuk menutup.

2 dari 7 halaman

Letakkan Sebuah Karya Seni

Ilustrasi Karya Seni Anak © Diadona

Gantungkan sebuah gambar yang berisikan kata-kata motivasi dengan warna yang ceria khas anak-anak. Tanda ini bisa digunakan untuk menyemangati anak ketika mandi atau menggosok gigi. Kalian bisa membuat gambar sendiri dengan mengecat seluruh papan kanvas dengan warna kuning, dan menggunakan pencetak huruf dengan memberinya cat berwarna kontras.

3 dari 7 halaman

Sediakan Kursi Pijakan

Ilustrasi Kursi Pijakan © Diadona

Dukung anak untuk mandiri seperti agar mengambil perlengkapan mandinya sendiri atau mencuci tangannya di wastafel. Untuk itu sediakan sebuah bangku kecil yang biasa digunakan sebagai pijakan tambahan ketika ingin meraih tempat yang lebih tinggi.

4 dari 7 halaman

Aksesoris dengan Karakter Anak

Ilustrasi Aksesoris Anak © Diadona

Pilih tempat penyimpanan yang sesuai dengan karakter anak seperti tempat cotton bud berikut ini, dan pastikan tempat tersebut higienis dan mudah diambil oleh anak-anak.

5 dari 7 halaman

Tirai Kamar Mandi Penuh Warna

Tirai Anak © Diadona

Ketika mengunjungi toko perabotan rumah tangga, biarkan anak memilih motif atau warna dari tirai kamar mandi. Dengan hal itu, anak-anak tentunya akan menyukai desain pilihannya tersebut dan juga membuat mereka merasa dilibatkan dalam mendekorasi kamar mandi.

6 dari 7 halaman

Tempat Baju Kotor dengan Motif Kartun

Ilsutrasi Tempat Baju Kotor © Diadona

Semangati anak untuk melakukan semuanya sendiri, termasuk meletakkan baju kotor di tempatnya. Pilih motif yang unik seperti gambar kartun untuk tempat baju kotor dan letakkan di tempat yang strategis agar anak bisa selalu melihatnya.

7 dari 7 halaman

Sediakan Tempat Untuk Sabun dan Shampoo yang Lucu

Ilustrasi Tempat Sabun © Diadona

Untuk anak-anak, pisahkan tempat shampoo dan sabun mereka dengan punya orang dewasa dan pastikan tempat tersebut mudah dijangkau oleh mereka. Beberapa toko menyediakan perabotan yang memang khusus untuk anak-anak.

Beri Komentar