23 Tanda-Tanda Kiamat Besar dan Kecil Menurut Islam

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 23 April 2021 15:29
23 Tanda-Tanda Kiamat Besar dan Kecil Menurut Islam
Tanda-tanda kiamat telah tertulis baik dalam Al-Quran maaupun hadis Nabi, sayangnya tak pernah ada yang tahu kapan hal tersebut akan terjadi.

Tanda-tanda kiamat kecil sudah banyak terjadi. Dan tujuan dari mulai ditampakkannya tanda-tanda ini adalah sebagai peringatan kepada umat manusia kepada sebenar-benarnya hari penghakiman, di mana manusia akan dihisab sesuai dengan amal perbuatannya.

Tanda-tanda kiamat disebutkan dalam berbagai surat di Al Qur’an dan dikhususkan dalam surat Al Qariah. Ada juga beberapa dalil hadist mengenai kiamat. Namun terkait dengan urutan terjadinya tanda-tanda kiamat, banyak ulama yang memiliki pendapat berbeda. Bahkan Rasulullah sendir tak tahu kapan waktu itu akan datang.

Untuk lebih tahu apa saja tanda-tanda kiamat itu, yuk baca dulu ulasan Diadona berikut ini:

1 dari 3 halaman

Tanda Tanda Kiamat Besar Menurut Islam

Tanda-Tanda Kiamat © Diadona

Tanda-tanda kiamat besar adalah awal dari kehancuran dunia. Tanda tersebut meliputi:

Datangnya Imam Mahdi

Diriwayatkan dari Abdullah bin Masud RA, Rasulullah ?, bersabda, ”Jika tidak tersisa satupun hari di dunia kecuali sehari saja, niscaya Allah akan memperpanjang hari itu dan mengirim seorang pria dari keluargaku, namanya sama dengan namaku, dan nama ayahnya nama ayahku, dia akan menebarkan kebijaksanaan dan keadilan di dunia, saat dunia dipenuhi dengan kezaliman dan ketidakadilan.”

Diriwayatkan dari Abu Sai’d Al-Khudri Ra, Rasulullah bersabda, " Al-Mahdi akan keluar di akhir kehidupan umatku, Allah akan menurunkan hujan kepadanya sehingga buml menumbuhkan tumbuh-tumbuhannya, diberikan kepadanya harta yang melimpah, semakin banyak binatang ternak, dan pada saat itu ummat semakin mulia, dan ia memerintah selama tujuh atau delapan tahun" (Sahih, HR Al-Hakim).

Munculnya Dukhan

Dukhan adalah nama salah satu surat dalam al-Quran, yakni Ad-Dukhan. Lalu, apa hubungannya dengan tanda-tanda kiamat?

Dukhan adalah kabut, dan ini termuat dalam ayat kesepuluh di surat tersebut yang artinya 'Maka tunggulah pada hari ketika langit membawa kabut yang tampak jelas'.

Tanda-tanda kiamat berupa asap dukhan itu juga disebut dalam hadist yang diceritakan oleh Maka tunggulah pada hari ketika langit membawa kabut yang tampak jelas. sebagai berikut:

" Tidak akan terjadi hari kiamat hingga kalian melihat sepuluh tanda: bencana penenggelaman manusia ke tanah di negeri barat, negeri timur dan di jazirah Arab, terjadi ad dukhan, munculnya dajjal, munculnya dabbah, munculnya Ya'juj dan Ma'juj, terbitnya matahari dari barat, munculnya api yang keluar cekungan Aden yang mengusir manusia." (HR Muslim.)

Bermunculnya Dabbaah

Cabbaah adalah binatang melata yang disebutkan Rasulullah SAW sebagai salah satu tanda-tanda kiamat. Ini juga tertulis dalam Quran Surat An-Naml: 82

“ Apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan seekor dabbah (binatang) dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami,” (QS. An-Naml: 82).

Setelah dabbaah ini muncul, nantinya mereka akan berbicara kepada manusia, mengatakan kalau manusia dulunya nggak yakin dnegan ayat-ayat Allah. Dia juga akan memberikan cap kepada wajah manusia, yang membedakan mana manusia yang beriman dan tidak.

Terbitnya Matahari dari Barat

Di saat ini matahari akan terbit dari barat. Tanda-Tanda kiamat ini sudah tetap berdasarkan al-Quran dan as-Sunnnah, dikutip dari Al Manhaj.

Allah Ta'ala berfirman:

“ … Pada hari datangnya sebagian tanda-tanda Rabb-mu tidak berguna lagi iman seseorang yang belum beriman sebelum itu, atau (belum) berusaha berbuat kebaikan dengan imannya itu…” [Al-An’aam: 158]

Dan tanda-tanda kiamat di dalam ayat tersebut adalah terbitnya matahari dari barat, menurut mayoritas pendapat ulama.

Munculnya Tiga Gerhana

Akan ada tiga gerhana yakni gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di jazirah Arab sebagai tanda-tanda kiamat. Ini seperti yang disampaikan kepada para sahabat dan diriwayatkan oleh Hudzaifah bin Asid Al Ghifari.

Rasulullah bersabda : " kabut, Dajjal, binatang (ad-d?bbah), terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam AS, Ya'juj dan Ma'juj, tiga gerhana; gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di jazirah Arab dan yang terakhir adalah api muncul dari Yaman menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka,”

 

2 dari 3 halaman

Tanda-Tanda Kiamat © Diadona

Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj Keenam

Siapakah mereka?
Ya’juj dan Ma’juj adalah dua suku banyak diceritakan dalam Al-Quran sebagai makluk yang berbuat kerusakan di muka bumi.

Munculnya Isa bin Maryam

Kemunculan Isa bin Maryam sebagai tanda-tanda kiamat berdasarkan pada firman Allah " Hai Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, lalu Aku memutuskan diantaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya."  (QS. Ali 'Imran;55).

Kemunculan Dajjal

Kemunculan Dajjal sebagai tanda-tanda kiamat ini berdasarkan pada sabda Nabi Muhammad : " Wahai manusia, sesungguhnya tidak ada makhluk di muka bumi ini sejak Allah menciptakan Adam sampai hari kiamat yang fitnahnya lebih besar daripada Dajjal."  (HR. Muslim).

Api dari Yaman

Rasulullah bersabda: “ Akhir dari semua tanda itu adalah api yang keluar dari Yaman, menggiring manusia ke tempat mereka dihimpun.”

Terjadinya Gempa

Bumi yang berguncang atau terjadinya gempa adalah salah satu tanda-tanda kiamat yangd ijelaskan dalam Al Quran surat Al Hajj ayat 1. Artinya:

" Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu; sungguh, guncangan (hari) Kiamat itu adalah suatu (kejadian) yang sangat besar"

Ini juga ada pada surat Al-Fajr ayat 21 yang artinya: " Jangan (berbuat demikian). Apabila Bumi diguncangkan berturut-turut,”

Ayat tersebut menjelaskan bahwa ketika kiamat datang, maka bumi bakalan diguncang dengan sangat hebat. Gunung diangkat, dihempas lalu bumi akan terbelah.

3 dari 3 halaman

Tanda-Tanda Kiamat © Diadona

Bila tanda-tanda kiamat besar akan terjadi sesaat sebelum kehancuran dunia dan seisinya, berbeda dengan kiamat kecil yang menjadi akhir dari kehidupan sebagian makhluk di bumi. Tanda kiamat kecil ini bahkan sudah terjadi saat ini, diantaranya:

Munculnya Nabi Palsu

Melihat lagi ke belakang, ada banyak orang-orang yang menganggap dirinya adalah nabi setealh Nabi Muhammad SAW. Dan ternyata ini adalah tanda-tanda kiamat kecil lho!

Ditakhlukkan Baitul Maqdis

Baitul Maqdis merupakan salah satu tempat bersejarah bagi umat Islam di Yerussalem. Penaklukkannya pernah dilakukan di masa kekhalifahan Umar bin Khatab, dan merupakan tanda-tanda kiamat kecil sebagaimana yang tertuang dalam hadist berikut:

‘Hitunglah enam (tanda) menjelang datangnya hari Kiamat ………’ dan beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyebutkan diantaranya : ‘Penaklukan Baitul Maqdis’.” (HR. Al-Bukhari).

Munculnya Api Hijaz

Dikutip dari Republika, api hijaz merupakan api dari dari kawasan Madinah yang cahayanya bisa smpai terlihat di kota Busra yang ada di Suriah. Kemunculan api ini merupakan tanda-tanda kimata kecil dan telah terjadi pada abad ke-7 Hijriyah lalu.

Merebaknya Zina

Zaman dulu, berhubungan intim di luar ikatan pernikahan yang sah dianggap sangat tabu. Namun kini parktik tersebut merajalela dan dianggap sudah biasa.

Membanjirnya Riba

Riba diharamkan untuk manusia karena membawa kerugian yang tinggi. Namun menjelang akhir zaman nanti, praktik ini membanjiri.

“ Sungguh akan datang suatu zaman pada manusia, seseorang tidak peduli (lagi) dengan (status) kehalalan atau keharaman harta yang ia peroleh”

Semakin Banyak Orang Kaya

Mungkin ini memang jadi pertanda baiknya suatu perekonomian. Namun ternyata diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA bahwa hal tersebut merupakan tanda-tand akiamat kecil:

“ Tidak akan terjadi hari Kiamat hingga harta benda banyak pada kalian, lalu melimpah ruah, sampai-sampai menyusahkan pemilik harta (mencari) orang yang menerima sedekah darinya, dan seorang dipanggil (untuk) menghadapnya, lalu dia berkata, ‘Aku tidak memiliki keperluan terhadapnya’.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Selain hal-hal di atas, masih banyak lagi tanda-tanda kiamat kecil yang kini sudah terjadi dan marak kita jumpai yakni:

  • Orang berlomba-lomba meninggikan bangunan
  • Makin banyaknya orang jahat dan berkurangnya orang baik
  • Gaya hdiup bermwah-mewah di kalangan umat Islam
  • Maraknya bencana alam di muka bumi
  • Orang-orang yang telah beruba, mewarnai rambutnya agar terlihat muda
  • Pria menyerupai wanita, begitu juga sebaliknya
  • Banykanya pembunuhan

Tanda-tanda kiamat kecil yang semakin terjadi menjadi penanda bahwa kiamat me]mang semakin dekat. Meski tak ada yang tahu pasti, tugas kita adalah mempersiapkan sebaik mungkin saat hari penghakiman.

[crosslink_1

Beri Komentar