4 Hal yang Dilakukan Orang Tua Ini Bisa Rusak Hubungan Kakak dan Adik

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 26 Mei 2021 08:37
4 Hal yang Dilakukan Orang Tua Ini Bisa Rusak Hubungan Kakak dan Adik
Jangan sampai dilakukan ya, Moms!

Tantangan membesarkan satu orang anak saja bisa dikatakan nggak mudah. Apalagi jika kita memiliki lebih dari satu anak.

Tanggung jawab yang kita bawa sebagai orang tua tentu akan menjadi lebih besar. Apalagi kita nggak hanya bertugas untuk mendidik dan membesarkan mereka saja, tetapi juga memastikan hubungan di antara mereka terbangun dengan baik.

Sayangnya masih banyak orang tua yang kurang peduli tentang menjaga keharmonisan hubungan antara kakak dan adik. Bahkan kita sendiri bisa menjadi pemicu dari rusaknya hubungan mereka lho!

Dilansir dari Brightside.me, berikut beberapa hal yang bisa memicu rusaknya hubungan antara kakak dan adik.

1 dari 4 halaman

Membandingkan Kakak dan Adik

ilustrasi kakak adik © Diadona

Banyak orang tua yang berpikir bahwa membandingkan anak akan memberikan motivasi dalam diri mereka. Padahal hal ini hanya akan membuat anak merasa bahwa dirinya nggak lebih dicintai dari yang lain.

Tindakan ini menumbuhkan perasaan pahit dan iri dalam mereka. Akhirnya anak akan mengalami masalah rendahnya harga diri dan persaingan yang nggak sehat.

2 dari 4 halaman

Memaksa Kakak Menyayangi Adik

ilustrasi kakak adik © Diadona

Munculnya anggota keluarga baru bisa membuat anak yang lebih tua menjadi stres. Penolakan dan kecemburuan akan mulai muncul dalam diri mereka.

Memaksa anak untuk langsung menyayangi adik mereka hanya akan memperburuk keadaan. Sebaiknya gunakan pendekatan yang lebih halus dengan meluangkan waktu bersama anak dan membiarkannya menceritakan perasan mereka tanpa langsung menilainya.

3 dari 4 halaman

Memaksa Kakak untuk Selalu Mengalah

ilustrasi kakak adik © Diadona

Seringkali orang tua meminta anak yang lebih tua untuk mengalah pada sang adik. Padahal hal ini bisa menyebabkan hubungan kakak dan adik menjadi rusak.

Anak yang lebih tua juga bisa mengalami masalah pribadi karena hal ini. Beban tanggung jawab dan tekanan terus menerun akan membuatnya tumbuh menjadi perfeksionis yang kurang optimis dan selalu gelisah dalam membuat keputusan.

4 dari 4 halaman

Membentuk Persaingan antara Kakak dan Adik

ilustrasi kakak adik © Diadona

Kebiasaan buruk yang banyak dilakukan orang tua adalah membentuk persaingan antara kakak dan adik. Persaingan akan membuat salah satu di antara mereka mengalami kekalahan dan merasa cemas akan hal itu.

Kompetisi bukanlah permainan untuk anak-anak dan emosi yang mereka dapat dari rasa kalah dan menang benar-benar kuat. Itulah mengapa sebaiknya kita membentuk kerja tim daripada persaingan dalam keluarga.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

 

Beri Komentar