5 Cara Membuat Anak Tersenyum Saat Dirawat di Rumah Sakit

Reporter : Audila Rima Ndani
Minggu, 30 Mei 2021 07:37
5 Cara Membuat Anak Tersenyum Saat Dirawat di Rumah Sakit
Tetap jaga suasana hati anak saat di rumah sakit.

Siapa sih yang ingin berlama-lama berada di rumah sakit? Rumah sakit bukan merupakan tempat yang menyenangkan bagi banyak orang.

Bahkan beberapa orang memiliki trauma tersendiri saat berada di rumah sakit. Termasuk anak-anak yang mungkin punya ketakutan saat berada di tempat tersebut.

Tapi seringkali kondisi membuat kita mau nggak mau harus membawa anak ke rumah sakit untuk menjalani perawatan. Meski hal ini sangat nggak menyenangkan, namun kita harus bisa tetap membuat anak merasa lebih baik selama berada di rumah sakit.

Untungnya, ada banyak cara untuk membuat anak tetap tenang dan terhibur saat berada di rumah sakit. Dilansir dari Moms.com, berikut beberapa di antaranya.

1 dari 5 halaman

Meluangkan Waktu untuk Bermain

Ilustrasi Anak Sakit © Diadona

Bermain di rumah sakit bisa membantu anak mengatasi rasa gelisahnya dengan mengekspresikan emosi dan stresnya melalui cara yang sehat. Bermain dapat membantu menjaga suasana hati tetap ringan dan membuat orang tua dan anak lebih rileks sambil menunggu hasil medis.

Kita bisa menggunakan teknik kreatif saat bermain dengan anak seperti menggambar, bermain bola, atau bermain dengan balok mainan. Jangan lupa untuk libatkan diri kita untuk bermain dengan anak selama di rumah sakit.

2 dari 5 halaman

Membaca Buku Bersama

Ilustrasi Anak Sakit © Diadona

Anak-anak selalu senang dengan dongeng. Apalagi jika kita melakukannya sebelum tidur.

Jangan lupa untuk membawa buku favorit mereka dan ajak anak untuk membacanya sebelum tidur. Hal ini akan membantu anak lebih rileks dan mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

3 dari 5 halaman

Makan Makanan Lezat

ilustrasi anak makan © Diadona

Apakah anak punya makanan favorit? Selama makanan itu diizinkan oleh dokter dan nggak mengganggu penyembuhannya, kita bisa membawa makanan tersebut dan menghidangkannya untuk anak.

Camilan favorit akan membuat anak merasa senang dan tersenyum. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit buah dan sayuran untuk menambah nutrisinya.

4 dari 5 halaman

Menghias Ruangan

ilustrasi anak sakit © Diadona

Jika anak harus tinggal di rumah sakit dalam waktu yang lama, kita bisa mempertimbangkan untuk mendekorasi ruangan tersebut. Jangan lupa untuk membawa beberapa barang yang selalu ada di kamar anak.

Hal ini akan membantu anak merasa nyaman karena melihat barang yang nggak asing di ruangan rumah sakit. Bahkan jika diperlukan kita bisa membawa selimut, bantal, hingga boneka favorit anak.

5 dari 5 halaman

Jalan-Jalan

Ilustrasi Anak Sakit © Diadona

Jika anak bisa menghabiskan sedikit waktu di luar untuk jalan-jalan, maka kita bisa melakukannya. Berjalan di luar ruangan bisa membuat anak melihat pemandangan baru dan membantu mengatasi demam kabin.

Selain itu, terpapar alam juga akan membantu meringankan suasana hati anak. Tapi sebelum keluar, pastikan untuk mendapatkan persetujuan dokter terlebih dahulu.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

Beri Komentar