5 Cara Mengajari Anak Membaca Berikut Tips Agar Belajar jadi Menyenangkan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 26 November 2020 12:57
5 Cara Mengajari Anak Membaca Berikut Tips Agar Belajar jadi Menyenangkan
Cara mengajari anak membaca memang nggak mudah dan butuh kesabaran. Tapi ingat ya Mom, setiap anak berbeda dan jangan dibandingkan dengan anak lain. Yuk cari tahu cara apa yang sesuai untuk anak.

Mendidik anak memang selalu memiliki tantangannya tersendiri, dan satu lagi momen yang paling bikin orang tua pusing adalah gimana cara mengajari anak membaca. Terlebih di saat pandemi di mana kegiatan belajar anak di fokuskan di rumah. Wah, orang tua mana yang ngak pusing coba?

Kemungkinan karena memang orang tua nggak tahu metode apa nih yang harus dilakukan sebagai cara mengajari anak membaca. Tak seperti guru yang memang memiliki keahlian dalam pengajaran. Tapi meski begitu, bukankah orang tua juga memiliki peran untuk membantu dan mendukung pembelajaran di sekolah?

1 dari 3 halaman

Cara Mengajari Anak Membaca tanpa Mengeja

Cara Mengajari Anak Membaca © Diadona

Memilih metode yang tepat untuk mengajari anak itu perlu banget lho. Terlebih orang tua kudu tahu nih kalau nggak ada individu yang akan menguasai keahlian ini di waktu dan kecepatan yangs ama dengan individu lainnya. Intinya, jangan karena anak tetanga di umur yang sama udah bisa membaca, akhirnya kita jadi makin keras dengan anak ya Mom.

Dan ingat, dalam cara mengajari anak membaca atau ketrampilan lain, kesabaran dan ketekunan adalah suatu keharusan. Terlebih bagi anak-anak yang memang memiliki kesulitan belajar.

Dikutip dari berbagai sumber, coba deh Mom lakukan cara mengajari anak membaca berikut ini.

Kenalkan Huruf pada Anak dengan Permainan

Tahap pertama tentu dengan mengenalkan setiap huruf alfabet ya Mom. Namun, agar anak merasa senang, langkah pertama dalam cara mengajari anak membaca ini juga harus menyenangkan.

Bisa dengan menggunakan mainan edukatif atau mainan berbentuk huruf. Mommy bisa menemukan banyak sekali mainan tersebut di internet lho. Tujuannya nih buatlah anak bisa hafal ketika menjumpai salah satu bentuk huruf A sampai Z tersebut.

Gunakan ilustrasi atau cetakan besar dari huruf-huruf tersebut. Karena gambar bisa membantu seorang anak dan mendorongnya untuk mengenali huruf yang mereka baca.

Saat anak belajar mengenali huruf atau membaca, itu berarti dibutuhkan penyatuan pengetahuan anak mengenai suara dari ibunya atau orang dewasa lainnya dan suatu huruf. Makanya itulah kenapa instruksi fonik itu sangat penting.

Mengajari Menghafal Suku Kata

Selanjutnya setelah anak sudha mengenali huruf, bantu dia untuk menghafal suku kata. Mulailah dari konsonan B sampai Z. Misalnya nih : ba, bi. bu, be, bo sampai za,zi,zu,ze,zo. Hal ini diulang terus sampai anak hafal dan terbiasa dengan suku kata tersebut.

Usahakan untuk belajar membaca satu kosa kata perhari. Bila terlalu banyak, ini bakalan bikin mereka kewalahan lho. Dengan melihat kata itu selama beberapa akli dalam sehari bakalan membanti melatih ketrampilan membaca di awal. Nah ini penting banget dalam cara mengajari anak membaca.

2 dari 3 halaman

Cara Mengajari Anak Membaca © Diadona

Mengajari Variasi Suku Kata

Setelah 'ba, bi, bu, be, bo', nih selanjutnya ajarakan kombinasi lainnya, misalnya bu-di, pa-di, ma-mi. Di tahan ini nih anak sebaiknya jangan dikenalkan dulu dnegan suku mati biar mereka mengguasai tahap ini dulu.

Di tahap ini Moms bisa nih menggunakan bantuan flash card untuk cara mengajari anak membaca sekaligus menajdikan kegiatan ini menjadi sesuatu yang menarik.

Mengajari Huruf Mati

Kalau anak sudah memahami gimana variasi suku kata, cara mengajari anak membaca selanjutnya yakni dengan belajar huruf mati seperti ng, ny.

Mengajari Anak Membaca Kata Utuh

Kemungkinan anak akan sulit untuk mengeja. Nah, dari sini nih anak kudu mengeja terlebih dahulu. Selanjutnya baru deh anak membaca tanpa mengeja.

Dalam fase ini nggak ada salahnya untuk mulai mengenalkan buku bacaan yangs ederhana ke anak. Menghafal kata-kata yang mungkin muncul di sebagian besar buku untuk anak-anak membantu mengurangi beban kognitif yang terkait dengan pengucapan frasa dan kalimat sederhana lho.

Ditambah anak-anak juga lebih mudah termotivasi ketika membaca sesuatu yang menarik bagiany. Coba deh ajak dia ke perpusatakaan atau toko buku dan biarkan dia memilih buku yang dia inginkan.

3 dari 3 halaman

Cara Mudah Mengajari Anak Membaca

Cara Mengajari Anak Membaca © Diadona

Fase ini mungkin memang akan sangat menyita waktu, tenaga dan emosi Moms, namun harus bersabar ya karena tentu ini juga tak akan mudah bagi si kecil. Dan sebelum beranjak ke cara mengajari anak membaca, ada beberapa fakta penting yang harus Mom ketahui sejak awal mengenai proses belajar membaca anak.

Ada yang namanya belajar mencintai buku dan belajar membaca buku. Kalau anak sudah dilatih untuk mencintai buku, maka proses membaca dan cara mengajari anak membaca buku jadi lebih mudah.

Membaca bersama anak ketika mereka masih kecil, mungkin, adalah momen yang paling baik untuk memulai.

Saat balita tumbuh, dia mungkin mulai tertarik pada huruf dan kata. Mommy bisa membantu mengembangkan keterampilan pra-membaca mereka dengan membaca buku berima dan memainkan permainan kata yang menyenangkan.

Ada banyak banget buku belajar membaca pada aak yang biasanya juga menawarkan tips untuk orang tua

Isi buku adalah segalanya. Banyak anak yang menunda mulai membaca karena bosen dan nggak tertarik dengan isi buku. Maka carilah buku apa yang membangkitkan minatnya

Jangan lupakan kalau kesiapan anak dalam membaca tuh berbeda-beda. Tapi pada umumnya mereka semua akan bisa membaca kok.

Cara mengajari anak membaca memang tidak mudah, tapi percaya deh Mom kalau fase berat ini akan terlewati dan tiba-tiba aja anak udah bisa membaca banyak hal.

Beri Komentar