5 Cara Mengatasi Kebiasaan Ngompol Anak Saat Tidur

Family | Selasa, 20 Oktober 2020 16:37
5 Cara Mengatasi Kebiasaan Ngompol Anak Saat Tidur

Reporter : Audila Rima Ndani

Yuk, bantu anak mengatasinya Moms!

Bayi sangat bergantung pada kehadiran kita sebagai orang tua. Mereka belum bisa melakukan banyak hal sendiri dan membutuhkan perhatian dan pertolongan kita sepanjang waktu.

Semakin hari mereka akan tumbuh semakin besar dan belajar banyak hal baru untuk menyelesaikan kebutuhan dan masalahnya sendiri. Sementara itu, bagi banyak anak, mengompol merupakan hal yang nggak bisa mereka kendalikan.

Meski hal ini cukup normal terjadi, namun mengompol bisa menjadi sebuah hal yang sangat memalukan bagi anak-anak. Kita perlu membantu mereka untuk mengatasi masalah ini dengan segera.

Dilansir dari Parents.com, berikut beberapa cara yang bisa dicoba.

2 dari 6 halaman

Jangan memarahi anak

 Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak © https://www.shutterstock.com/g/kktan

Mengompol merupakan hal yang normal terjadi dan nggak seharusnya kita menyalahkan anak karena melakukannya. Marah atau menghukum anak hanya akan menambah tekanan dalam diri mereka dan memperburuk masalah.

Menurut Scott J. Goldstein, MD, Instruktur Pediatri Klinis di Fakultas Kedokteran Universitas Northwestern di Chicago, sangat sulit menghentikan kebiasaan mengompol pada anak. Namun kita bisa membantu mereka dengan memberitahu anak bahwa hal itu adalah hal yang biasa terjadi dan kita bisa sama-sama mengatasinya.

3 dari 6 halaman

Membiasakan anak ke kamar mandi sebelum tidur

 Ilustrasi Anak Buang AirIlustrasi Anak Buang Air © 2020 https://shutterstock.com/christinarosepix

Cara ini bisa dilakukan untuk mencegah anak mengompol. Pastikan kita mengajak mereka ke kamar mandi untuk buang air sebelum tidur.

Saat mereka sudah buang air sebelumnya, kecil kemungkinan untuk mengompol di malam hari. Beberapa dokter juga menyarankan untuk membatasi asupan cairan beberapa jam sebelum waktu tidur.

4 dari 6 halaman

Beri sugesti pada anak

 Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak © shutterstock

Sugesti positif pada anak bisa dilakukan dengan membuat mereka terus melakukan hal baik dengan menjanjikan hadiah. Saat anak sudah berhenti mengompol dalam beberapa waktu tertentu, kita bisa memberikan hadiah pada mereka.

Kekuatan sugesti positif ini biasanya berhasil pada beberapa anak. Namun kita juga harus ingat untuk nggak memberikan hukuman jika anak nggak bisa memenuhi tantangan yang diberikan.

5 dari 6 halaman

Periksa sembelit

 ilustrasi anak sakitilustrasi anak sakit © Tom Wang / Shutterstock / vox.com

Sembelit adalah penyebab umum masalah kandung kemih. Biasanya anak yang mengalami sembelit akan mudah mengompol.

Jika anak mengalami sembelit atau buang air besar nggak teratur, maka kita harus meningkatkan asupan cairan dan seratnya. Jus buah dan sayuran bisa membantu meringankan sembelit dan mengembalikan sistem pencernaan dengan lebih baik.

6 dari 6 halaman

Konsultasi dengan dokter

 Ilustrasi DokterIlustrasi Dokter © 2020 https://www.diadona.id

Kita juga bisa memberitahu masalah ini pada dokter anak. Mereka bisa melihat kemajuan anak dan memberikan saran yang tepat untuk mengatasi kondisi ini.

Jika anak berusia di atas 5 tahun masih mengompol, kita bisa berdiskusi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya. Bisa saja hal itu karena anak mengalami masalah kesehatan seperti infeksi saluran kemih, diabetes, hingga stres.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu ya!

 

Join Diadona.id