5 Cara Mengukur Kemajuan Belajar Anak Selama Sekolah Online

Family | Rabu, 25 November 2020 07:37
5 Cara Mengukur Kemajuan Belajar Anak Selama Sekolah Online

Reporter : Audila Rima Ndani

Yuk, pantau perkembangan anak selama belajar dari rumah!

Wabah corona masih menjadi masalah di banyak negara. Pada akhirnya banyak dari kita yang masih berada di masa pandemi dan harus tetap melakukan physical distancing.

Hingga saat ini, sekolah juga masih melakukan kegiatan pembelajaran secara online. Pertemuan tatap muka secara langsung masih belum bisa dilakukan karena pandemi yang tak kunjung usai.

Akhirnya menjalani sekolah online menjadi kegiatan yang mau nggak mau harus membuat anak dan orang tua menjadi terbiasa. Salah satu hal yang nggak boleh kita lewatkan adalah memastikan bahwa sekolah online yang dilakukan anak berjalan dengan efektif.

Untuk memastikan hal itu, kita perlu mengukur kemajuan belajar anak selama sekolah online. Dilansir dari Times of India, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengukur hal tersebut.

2 dari 6 halaman

Membicarakan kelas dengan anak

 Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak © https://www.shutterstock.com/g/difeng

Salah satu cara paling sederhana untuk mengetahui kinerja anak selama kelas online adalah dengan mengajak mereka mengobrol. Cobalah untuk mengajak anak bicara dan jadikan proses belajar sebagai proses dua arah.

Semakin banyak kita bicara dengan anak, mereka akan lebih terbuka dengan apa yang terjadi di kelas. Kegiatan ini juga bisa menjadi cara bagi kita untuk meluangkan waktu dan menjalin ikatan dengan anak di tengah kesibukan.

3 dari 6 halaman

Proses adalah hal yang utama

 Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak © https://www.shutterstock.com/g/imtmphoto

Sebaiknya jangan terlalu fokus pada penilaian kuantitatif saat mengukur kemajuan belajar anak. Beberapa orang tua masih terlalu memikirkan tentang mengapa anak mendapatkan nilai sebesar itu dalam mata pelajaran.

Padahal sebaiknya kita memikirkan tentang apa yang anak pelajari secara kontektual, apakah mereka meningkat atau mengikuti jalur linier. Kita harus ingat bahwa dalam hal pendidikan, yang harus kita lihat adalah kualitas daripada kuantitas.

4 dari 6 halaman

Ubah anak menjadi guru

 Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak © https://www.shutterstock.com/g/whyframe

Selama sekolah online, guru nggak bisa memeriksa pekerjaan anak secara langsung. Salah satu cara untuk membuat kebiasaan baru ini menjadi hal yang menyenangkan adalah dengan mengubah anak menjadi guru.

Kita bisa meminta anak unuk menjelaskan konsep yang telah dia pelajari pada kita. Hal ini bisa menjadi cara yang baik untuk mengevaluasi kemajuan belajar dan keterampilan retensi memori anak.

5 dari 6 halaman

Beri anak tantangan kreatif

 Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak © https://www.shutterstock.com/g/aslysun

Di masa pandemi, banyak anak mengembangkan keterampilan baru dalam belajar. Kita bisa menguji kejeniusan dan kreativitas anak dengan memberi mereka tantangan baru.

Misalnya, saat kita mengajari anak memasak, kita bisa menguji keterampilan matematikan mereka saat mengukur atau menghitung jumlah bahan. Hal ini akan membantu kita mengetahui perkembangan belajar anak selama sekolah online.

6 dari 6 halaman

Mengamati anak saat sedang belajar

 Ilustrasi Anak BelajarIlustrasi Anak Belajar © shutterstock

Salah satu cara terbaik untuk mengetahui kemajuan belajar anak adalah dengan melihat sendiri bagaimana dia belajar saat kelas. Kita bisa menganggap sekolah online ini sebagai keuntungan, sehingga kita bisa melihat sendiri apakah anak belajar dengan baik.

Lihat apakah anak mengajukan pertanyaan, ingin menjawab, atau menunjukkan interaksi yang baik. Tapi kita harus mengamati mereka dari jauh agar nggak mengubah kebiasaan mereka saat sedang sekolah.

Semoga cara ini bisa membantu kamu ya!

Join Diadona.id