5 Hal Penting Tentang Popok Bayi yang Harus Diketahui Ibu Baru

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 25 November 2020 11:37
5 Hal Penting Tentang Popok Bayi yang Harus Diketahui Ibu Baru
Kepoin biar nggak kaget, Moms!

Kehadiran anak pertama mungkin merupakan sebuah hal yang dinantikan setiap pasangan. Anak pertama juga menjadi pelajaran pertama bagi seorang wanita untuk benar-benar berperan sebagai ibu dalam kehidupan mereka.

Banyak hal yang perlu kita pelajari sebagai seorang ibu baru. Namun kita nggak perlu terlalu khawatir karena kita bisa selalu belajar sambil merawat dan melihat pertumbuhan anak.

Namun mencari informasi seputar bayi sebelum mereka lahir mungkin akan lebih membantu kita dalam merawat mereka. Salah satunya adalah seputar popok yang akan sering kita temui setelah bayi lahir.

Dilansir dari Mom.com, berikut beberapa hal penting tentang popok yang harus diketahui para ibu.

1 dari 5 halaman

Popok bisa bocor, terutama pada malam hari

Ilustrasi Bayi Tidur Tengkurap © Diadona

Waktu tidur menjadi hal paling berharga bagi seorang ibu baru. Beberapa di antara kita mungkin merasa aman setelah mengencangkan popok anak sebelum tidur dengan hati-hati.

Padahal popok tetap bisa bocor dari belakang dan depan. Hal ini yang kemudian membuat bayi tiba-tiba menangis dan menjerit di malam hari.

2 dari 5 halaman

Popok 'meledak'

ilustrasi popok bayi © Diadona

Saat buang air kecil bahkan besar, kotoran bisa berakhir di seluruh tubuh bayi. Hal ini bahkan bisa mengotori pakaian baru mereka yang lucu, kursi mobil, bahkan diri kita sendiri.

Apalagi jika kita nggak mengikatnya dengan benar. Anak yang bergerak dengan aktif bisa membuat posisi popoknya nggak sempurna.

3 dari 5 halaman

Setiap merek berbeda

ilustrasi ganti popok © Diadona

Ternyata perbedaan jenis popok yang ditawarkan oleh banyak merek bukan hanya soal taktik penjualan saja. Tetapi hal ini memang ditujukan untuk kebutuhan bayi.

Beberapa memberikan keuntungan yang berbeda-beda, ada yang lebih tebal, lebih tinggi, bahkan terbuat dari kain. Semua faktor ini harus kita sesuaikan dengan kebutuhan bayi.

4 dari 5 halaman

Nggak semua bayi suka pakai popok

ilustrasi bayi dan popok © Diadona

Saat bayi tumbuh dan mulai aktif, mereka mungkin juga sering berusaha melepaskan popok yang mereka gunakan. Jari-jari bayi bahkan sepertinya sudah tau cara melepaskannya dengan mudah.

Untuk itu, kita harus tetap mengawasi mereka. Jangan sampai popok terlepas dan kotoran tersebar ke mana-mana.

5 dari 5 halaman

Ruam popok terlihat menakutkan

Ilustrasi Bayi Tidur © Diadona

Ruam popok biasanya terlihat kemerahan seperti benjolan bersisik. Beberapa dari kita mungkin takut karena ruam itu seperti sesuatu yang ada di film horor atau alien yang kita tonton.

Meski begitu, kita nggak perlu terlalu panik karena bayi bahkan kadang nggak menyadari keberadaan ruam itu. Untungnya kita bisa memberikan krim atau salep untuk membantu menyembuhkan ruam popok si kecil.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu ya!

Beri Komentar