5 Jenis Foto Anak yang Sebaiknya Nggak Diposting Orang Tua di Media Sosial

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 14 Oktober 2020 07:37
5 Jenis Foto Anak yang Sebaiknya Nggak Diposting Orang Tua di Media Sosial
Hati-hati, kejahatan online selalu mengintai Moms!

Hampir sulit menemukan orang yang nggak menggunakan media sosial saat ini. Semua orang tentu nggak ingin ketinggalan perkembangan informasi yang diberikan melalui media sosial.

Nggak hanya menjadi tren di kalangan remaja saja, bahkan banyak orang tua yang juga aktif menggunakan media sosial. Beberapa di antara mereka bahkan menggunakan media sosial untuk membagikan foto dan video anak.

Yang menjadi masalah dari hal ini adalah kenyataan bahwa banyak orang tua yang nggak sadar akan bahaya yang mengintai mereka setelah mengunggah foto atau video anak. Kita nggak pernah tahu berapa banyak orang jahat yang bisa mengakses konten yang kita bagikan di media sosial.

Untuk itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui konten apa yang bisa dibagikan di media sosial dan mana yang berbahaya. Dilansir dari Bright Side, berikut beberapa jenis foto anak yang sebaiknya nggak kita bagikan di media sosial.

1 dari 5 halaman

Foto anak menggunakan atribut sekolah

ilustrasi anak sekolah © Diadona

Foto anak saat menggunakan seragam mungkin terlihat nggak berbahaya bagi kita. Namun sebenarnya hal itu justru bisa mengancam keselamatan anak.

Pada foto sejenis itu terdapat atribut sekolah yang menunjukkan identitas sekolah anak. Hal itu merupakan sebuah informasi yang bisa disalahgunakan oleh orang nggak bertanggung jawab.

2 dari 5 halaman

Identitas anak

Ilustrasi Anak Sekolah © Diadona

Mengungkapkan nama anak di media sosial sebenarnya juga bisa sangat berbahaya. Orang lain bisa menggunakan nama tersebut secara sembarangan untuk tujuan yang jahat.

Makanya sebaiknya jangan sampai nama anak disebarkan begitu saja di media sosial. Hal itu juga bisa memudahkan modus penculikan.

3 dari 5 halaman

Foto yang menunjukkan lokasi

Ilustrasi anak sekolah © Diadona

Jika kita suka mengunggah foto keluarga di media sosial, sebaiknya pastikan agar platform tersebut nggak mengungkapkan metadata yang berisi informasi waktu dan tempat foto tersebut diambil. Informasi tersebut dapat digunakan orang untuk menemukan lokasi kita.

Kita sebaiknya mematikan geotagging dan metadata pada semua foto. Selain itu, pastikan kita memeriksa pengaturan privasi akun media sosial agar foto nggak bisa diakses oleh orang yang nggak terpercaya.

4 dari 5 halaman

Foto anak dengan pakaian terbuka

Ilustrasi Bayi © Diadona

Setelah membagikan foto di internet, kita nggak punya kendali lagi atas foto tersebut. Kita nggak bisa mengetahui siapa yang melihat, menyimpan, atau bahkan membagikan ulang foto yang telah kita posting.

Makanya pastikan untuk mengecek terlebih dahulu konten yang akan kita unggah. Foto anak dengan pakaian terbuka akan sangat mudah menarik predator online.

5 dari 5 halaman

Foto anak bersama teman-temannya

ilustrasi anak sekolah © Diadona

Tips ini tentu ditujukan agar identitas anak bisa terlindungi secara online. Namun jangan lupakan keamanan anak-anak lain yang berfoto bersama anak.

Sebaiknya jangan mengunggah foto yang menunjukkan anak-anak lain. Jika terpaksa, kita bisa memburamkan wajah mereka atau detail lain yang bisa mengungkapkan identitas atau lokasi mereka.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

 

Beri Komentar