5 Tanda Wanita Alami Depresi Postpartum Setelah Melahirkan

Reporter : Audila Rima Ndani
Jumat, 17 Januari 2020 14:00
5 Tanda Wanita Alami Depresi Postpartum Setelah Melahirkan
Beberapa tanda yang dapat kamu perhatikan untuk mengetahui apakah wanita terkena depresi postpartum setelah melahirkan.

Masih ingat dengan kisah viral seorang ibu yang membunuh anaknya sendiri setelah melahirkan? Kisah itu mungkin membuat kita merasa ngeri dan tidak percaya. Namun faktanya kasus seperti itu memang benar-benar terjadi. Bahkan hal ini sangat mungkin terjadi pada orang terdekatmu.

Setelah mengalami masa kehamilan, setiap ibu pasti tidak sabar untuk bertemu dengan bayi mereka. Namun, dilansir dari Bright Side, sebuah penelitian menunjukkan 15% wanita berusaha keras untuk menemukan rasa bahagia menjadi seorang ibu karena mengalami depresi postpartum.

Masalah kesehatan mental ini berkaitan erat dengan penurunan hormon yang terjadi dengan cepat setelah melahirkan. Depresi postpartum sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Untuk itu kamu harus mengenali beberapa tanda yang ditunjukkan wanita saat ia mengalami depresi postpartum.

1 dari 5 halaman

Meragukan diri sendiri

ilustrasi sedih © Diadona

Banyak wanita yang merasa ragu bahwa mereka mampu menjadi ibu yang baik. Mereka selalu merasa takut tidak bisa memberikan yang terbaik untuk anak mereka. Jika kamu bertemu dengan seorang ibu yang selalu meragukan dirinya, bisa jadi ia mengalami depresi. Mereka bahkan bisa saja berpikir bahwa mereka telah gagal dan kehadirannya sudah tidak diperlukan di dunia lagi.

2 dari 5 halaman

Menjauhkan diri

ilustrasi wanita sedih © Diadona

Seseorang yang mengalami depresi postpartum mungkin akan menjadi lebih tertutup bahkan pada pasangannya sendiri. Mereka mungkin merasa kesulitan untuk membuka diri kepada orang lain karena takut mendapat anggapan bahwa mereka adalah ibu yang buruk. Sulit bagi mereka untuk menerima apa yang mereka rasakan. Mereka juga akan berpikir bahwa tidak ada orang lain yang bisa memahaminya.

3 dari 5 halaman

Ingin menyakiti diri sendiri atau orang lain

ilustrasi wanita sedih © Diadona

Tanda ini merupakan tanda paling jelas untuk mengetahui bahwa seorang ibu mengalami depresi. Mereka akan memberikan petunjuk atau bahkan bercanda tentang kematian, bunuh diri, atau menyakiti orang lain. Hal ini harus ditangani dengan serius. Jika dia dibiarkan sendirian, mungkin kamu tidak akan bertemu lagi dengannya esok hari.

4 dari 5 halaman

Sering menangis

Ilustrasi perempuan menangis © Diadona

Melahirkan seorang bayi bisa terasa sangat emosional bagi semua ibu di dunia. Namun kamu perlu waspada jika seorang ibu terlalu sering menangis setelah melahirkan. Bisa jadi dia sedang mengalami depresi postpartum. Kamu bisa menanyakan alasan mengapa dia menangis terus-menerus. Besar kemungkinan, dia bahkan tidak tahu alasan dari tangisannya setiap hari.

5 dari 5 halaman

Tubuh terasa sakit tanpa sebab

Ilustrasi Sakit Perut © Diadona

Perubahan fisik merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap wanita setelah melahirkan. Namun merasakan sakit dan nyeri pada tubuh, seperti sakit kepala, masalah perut, dan nyeri otot, bisa bermakna lebih dari sekedar sakit tubuh biasa. Bisa jadi tubuh mereka berteriak minta tolong karena pikiran mereka sedang dalam kondisi tidak baik.

Beri Komentar