5 Tips Mengalihkan Perhatian Kakak dan Adik Biar Nggak Bertengkar

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 14 Oktober 2020 16:37
5 Tips Mengalihkan Perhatian Kakak dan Adik Biar Nggak Bertengkar
Yuk, cobain tipsnya Moms!

Menjalani kehidupan sebagai orang tua dalam keluarga bisa terasa sangat menantang setiap harinya. Apalagi jika kita memiliki lebih dari satu anak.

Kita harus bisa berlaku adil pada setiap anak. Nggak hanya soal kasih sayang, tapi juga tindakan dan perlakuan pada mereka setiap hari.

Sementara itu, hubungan kakak dan adik dalam keluarga selalu berbeda-beda. Beberapa di antaranaya ada yang sangat rukun tapi ada juga yang senang bertengkar satu sama lain.

Saat kakak dan adik mulai bertengkar, orang tua punya peran untuk mendamaikan mereka. Tapi kita juga bisa melakukan pencegahan dengan mengalihkan perhatian mereka lho!

Dilansir dari Today's Parent, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengalihkan perhatian kakak dan adik biar nggak bertengkar.

1 dari 5 halaman

Tidur

ilustrasi anak tidur © Diadona

Tidur bisa menjadi rutinitas yang membantu menghilangkan stres. Kita bisa mengajak anak tidur siang untuk mengalihkan perhatian mereka.

Setelah tidur anak-anak biasanya lupa dengan pertengkaran yang terjadi. Dengan begitu, suasana di antara kakak dan adik bisa kembali seperti biasa.

2 dari 5 halaman

Jalan-jalan

ilustrasi keluarga liburan © Diadona

Mengatur penempatan kursi anak secara adil di dalam mobil juga bisa membantu lho! Anak-anak biasanya senang duduk di dekat jendela untuk melihat ke luar.

Pastikan kakak dan adik mendapatkan kesempatan yang sama. Selain itu kita juga bisa mengajak mereka ke tempat baru yang belum pernah mereka datangi sebelumnya.

3 dari 5 halaman

Mainan

ilustrasi anak bermain game © Diadona

Salah satu tips yang bisa dicoba oleh orang tua adalah dengan membuat gudang mainan. Beberapa anak mulai bertengkar saat dia bosan.

Mengambil mainan baru di gudang mainan bisa membuat perhatian mereka teralihkan. Mereka akan lebih sibuk menggunakan waktu untuk bermain dengan mainan baru mereka.

4 dari 5 halaman

Makanan

Ilustrasi Anak Bermain © Diadona

Jika anak suka bertengkar saat makan, kita bisa mengalihkan perhatian mereka dengan memberikan menu baru. Nggak harus menyediakan makanan baru, bahkan kita bisa mengubah jadwal dengan menyajikan menu sarapan di malam hari.

Perhatian anak akan mulai teralihkan pada makanan mereka. Anak akan merasakan suasana yang baru saat sedang makan.

5 dari 5 halaman

Melakukan dekorasi

Ilustrasi Anak Bermain © Diadona

Tenaga anak-anak memang sangat banyak untuk bermain. Terkadang jika nggak disalurkan, mereka akan memilih untuk saling bertengkar.

Mendekorasi kamar bersama-sama bisa membantu mereka menyalurkan tenaga tersebut. Selain itu, kakak dan adik bisa saling menumbuhkan kreativitas dalam kegiatan ini.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

Beri Komentar