5 Tips Mengatasi Adik dan Kakak yang Sering Bertengkar

Reporter : Kurnia
Jumat, 24 September 2021 15:25
5 Tips Mengatasi Adik dan Kakak yang Sering Bertengkar
Pertikaian antara saudara kandung kerap terjadi, dengan cara apa Moms mengatasinya?

Moms mungkin kerap dibuat bingung dengan adik dan kakak yang sering bertengkar. Cekcok dengan adik dan kakak karena masalah sepele terkadang menjadi besar karena tidak diatasi dengan langkah yang benar.

Kecemburuan sosial yang menyebabkan adik atau kakak iri bisa berlangsung lebih lama dari yang Moms pikirkan. Lantas, bagaimana sih cara yang tepat untuk menjaga anak-anak dan mengatasi adik kakak yang kerap bertengkar?

1 dari 6 halaman

Dilansir dari halaman raisingchildren.net.au, Moms bisa menggunakan tips mudah berikut ini untuk mengatasi pertengkaran mereka.

2 dari 6 halaman

Menjaga kebutuhan setiap anak

Ilustrasi adik kakak © Diadona

Adik dan kakak perlu merasa jika mereka dicintai dan dihargai. Tunjukkan pada anak-anak jika Moms mencintai keduanya dengan sama besar. Dengan cara ini, adik dan kakak tidak akan bersaing untuk mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari orang tuanya.

Habiskan waktu bersama secara teratur, berikan banyak pelukan dan senyuman untuk adik dan kakak, tidak membandingkan antara adik dan kakak adalah cara terbaik untuk menjaga kebutuhan anak-anak.

3 dari 6 halaman

Mengatur rutinitas

Ketika Moms dan keluarga memiliki rutinitas, maka semuanya akan lebih mudah untuk menangani kesepakatan. Seperti memiliki tugas tertentu, siapa yang akan mandi terlebih dahulu, dan sebagainya adalah cara tepat untuk Moms dan adik kakak.

4 dari 6 halaman

Memberikan pujian

Ilustrasi adik kakak © Diadona

Saat anak-anak berperilaku baik, alangkah baiknya Moms memberikan pujian untuk mereka. Pujian menjadi umpan balik untuk adik kakak selalu berperilaku baik.

Ketika Moms memberitahu adik kakak dengan jelas dan sepsifik tentang apa yang mereka lakukan, kemungkinan besar Moms akan melihat melakukan hal yang serupa.

Jangan lupa ya, Moms. Berikan sedikit sanjungan atau pujian manis untuk adik dan kakak saat mereka berperilaku baik.

5 dari 6 halaman

Ajari anak cara bergaul

Moms dan Daddy adalan panutan utama bagi anak-anak. Adik dan kakak akan selalu memperhatikan dan cenderung mengikuti apapun yang orang tua mereka lakukan.

Apabila anak-anak menyelesaikan masalah dengan tenang dan hormat, mereka perlu melihat Moms melakukan ini. Jika Moms dan Daddy ingin mereka dapat meminta maaf kepada orang lain, mereka juga perlu melihat Anda meminta maaf. 

Hal-hal semacam ini juga membantu bagi anak-anak untuk melihat perbedaan pendapat yang saling menghormati. Ini membantu mereka memahami bahwa tidak semua orang akan melihat sesuatu dengan cara yang sama, dan tidak apa-apa.

6 dari 6 halaman

Membiarkan anak-anak melakukan tugasnya

Ilustrasi adik kakak © Diadona

Saat anak-anak terlibat perselisihan, dengan bantuan Moms mereka dapat belajar mengatasi masalah mereka tanpa perkelahian. Membiarkan anak-anak menyelesaikan masalahnya dapat membantu anak-anak untuk bergaul lebih baik dan menangani konflik secara positif lho, Moms.

Membiarkan anak-anak pergi untuk menyelesaikan masalahnya dengan saudaranya, memberikan saran dan tips untuk menyelesaikan masalah, sampai memberikan peringatan yang ramah tanpa harus marah-marah adalah adalah hal yang paling tepat untuk Moms lakukan.

Beri Komentar