5 Tips Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Sebagai Ibu Baru

Reporter : Audila Rima Ndani
Minggu, 2 Mei 2021 07:37
5 Tips Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Sebagai Ibu Baru
Intip tips menjadi ibu baru yang percaya diri.

Kehidupan seorang perempuan tentu akan berubah setelah menjadi seorang ibu. Setiap dari kita tentu pernah merasakan pengalaman pertama dalam menjalani peran ini.

Sebagai seorang ibu baru, kita akan belajar banyak hal setiap hari. Proses ini harus kita jalani agar bisa merawat anak dengan baik.

Namun seringkali banyak perempuan yang merasa kurang percaya diri saat menjalani pengalaman pertama sebagai ibu. Hal ini tentu sangat wajar karena kita baru menghadapinya untuk pertama kali.

Tapi jangan sampai hal itu mengganggu dan bikin kita jadi stres ya, Moms! Untuk itu, dilansir dari Verywellfamily, berikut beberapa tips menumbuhkan rasa percaya diri sebagai ibu baru.

1 dari 5 halaman

Tingkatkan Pengetahuan

ilustrasi ibu dan bayi © Diadona

Mempelajari cara menjadi orang tua membutuhkan waktu. Idealnya kita bisa mulai mengumpulkan informasi tersebut sebelum kehamilan.

Tapi belum terlambat untuk memperluas pengetahuan meski kita sudah memiliki bayi. Hal ini akan membantu kita merasa lebih percaya diri sebagai seorang ibu.

2 dari 5 halaman

Bicara dengan Ahli

Ilustrasi pergi ke dokter © Diadona

Bicara dengan ahli atau profesional akan membuat kita menemukan jawaban dari pertanyaan seputar anak yang mungkin sulit kita pecahkan. Apalagi seorang ahli atau profesional merupakan sumber informasi yang bisa kita percaya.

Dokter anak juga telah dilatih untuk membantu kita mengamati tumbuh kembang si kecil. Jadi manfaatkan waktu pemeriksaan untuk membicarakan kekhawatiran yang kita miliki tentang anak agar kita bisa menemukan jawabannya.

3 dari 5 halaman

Lakukan Self-talk Positif

Ilustrasi Meditasi © Diadona

Cara kita bicara pada diri sendiri punya pengaruh yang cukup besar pada rasa percaya diri kita. Daripada menyalahkan diri sendiri karena " gagal" dalam sebuah situasi, ingatkan diri kita bahwa kita masih baru dan belajar dalam hal ini.

Pikirkan seolah kita sedang bicara dengan seorang teman dan memberinya dukungan yang positif. Selain itu, jangan lupa untuk selalu berpikir positif dan mengingat keunggulan yang kita miliki.

4 dari 5 halaman

Selektif pada Nasihat dari Orang

ilustrasi ibu dan bayi © Diadona

Meskipun teman atau keluarga mungkin punya maksud yang baik saat memberi nasihat, tapi terkadang hal itu mungkin membuat kita merasa buruk. Mungkin ini saatnya untuk bersikap proaktif dalam melindungi diri kita sendiri.

Kita nggak bisa mencegah orang lain memberi nasihat pada kita. Tapi yang bisa kita kendalikan adalah cara kita dalam menerima pesan tersebut.

5 dari 5 halaman

Lakukan Hobi yang Dikuasai

Ilustrasi Ibu dan Bayi Berolahraga © Diadona

Jangan berhenti melakukan kegiatan yang kamu sukai. Di tengah kesibukan mengurus anak, jangan lupa untuk meluangkan sedikit waktu untuk hobi.

Mengingat bahwa ada hal yang kita kuasai bisa meningkatkan rasa percaya diri kita sebagai seorang ibu. Hal ini juga akan membuat kita lebih bahagia saat mengasuh anak.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya!

 

Beri Komentar