5 Tips Parenting Ala Caca Tengker, Dinilai Sukses Mendidik Anak yang Sopan Banget

Reporter : Kurnia
Selasa, 15 Februari 2022 14:04
5 Tips Parenting Ala Caca Tengker, Dinilai Sukses Mendidik Anak yang Sopan Banget
Sukses mendidik buah hati menjadi anak yang sopan, santun, dan berbudi pekerti

Menjadi lulusan S2 Psikologi di University College London, Caca Tengker akhirnya memilih ‘berkarir’ sebagai ibu rumah tangga dan fokus untuk mengurus dua buah hatinya.

Menjadi ibu dengan pendidikan tinggi membawa pengaruh yang cukup besar untuk anak-anaknya. Dinilai sukses mendidik anak hingga menjadi bocah yang memiliki sopan santun dan pekerti yang baik, Caca Tengker pun menuai banyak pujian.

1 dari 6 halaman

Parenting landnya pun kerap Caca bagikan melalui sosial media yang ia miliki. Sangat bermanfaat, tidak sedikit mama muda yang kemudian mengikuti tips parenting ala Caca Tengker.

Dalam berbagai kesempatan, Caca Tengker kerap menunjukkan sikap dua buah hatinya yang dinilai begitu sopan dan santun di usianya belum genap 5 tahun. Banyak dijadikan kiblat parenting, sebenernya bagaimana sih cara Caca Tengker mendidik anak-anaknya?

Seperti dirangkum Diadona.id dari laman sosial medianya, berikut adalah beberapa tips parenting ala Caca Tengker yang bisa Moms tirukan untuk mendidik si kecil di rumah.

2 dari 6 halaman

1. Tidak Memaksa Kehendak Anak

Caca Tengker dan dua buah hatinya © Diadona

Moms salah satu orang tua yang memaksakan kehendak? Jika benar, mulailah merubahnya dari sekarang.

Dinilai sukses menjadi ibu dua anak yang baik, Caca Tengker kerap menceritakan tentang bagaimana ia memperlakukan anak-anaknya. Caca mengaku tidak pernah memaksa kehendak anaknya.

Adik Nagita Slavina itu mengaku akan menuruti apa kemauan si anak selama itu hal yang baik dan benar. Hal semacam ini bisa Moms terapkan kepada anak-anak agar mereka bisa mengeksplorasi segala hal yang ingin dia tahu.

3 dari 6 halaman

2. Connect Before Correct

Penting, namun tidak semua orang tua sadar dan sudah melakukannya. Untuk dapat mengkoreksi sikap atau kesalahan anak-anak, sebagai orang tua Moms harus terlebih dahulu membangun komunikasi yang baik.

Membangun emosi yang baik akan memuat Moms lebih mudah mengkoreksi sikap si kecil yang dinilai kurang pas dengan aturan atau moral yang berlaku. Meski begitu, Caca juga mengatakan bahwa untuk membangun komunikasi yang sehat dengan anak, Moms harus menyehatkan diri terlebih dulu.

4 dari 6 halaman

3. Menerima Emosi yang Ditunjukkan Anak

Caca Tengker dan dua buah hatinya © Diadona

Tips parenting dari Caca Tengker selanjutnya adalah dengan menerima semua emosi yang dikeluarkan oleh anak-anak.Hal ini dinilai untuk membentuk buah hati menjadi anak yang kuat, pintar, dan sopan.

Selanjutnya, Moms juga harus selalu berusaha menerima semua emosi yang ditunjukkan oleh si kecil termasuk sedih, marah, bahagia, dan senang. Jika sudah menerima semua emosi mereka, maka tugas Moms sebagai orang tua adalah mengelola agar emosi-emosi tersebut tidak merugikan dirinya.

5 dari 6 halaman

4. Memahami Bahwa Karakter Anak yang Berbeda-beda

Tidak semua anak memiliki sikap dan karakter yang sama, bahkan yang dilahirkan dari satu Rahim sekalipun.

Seperti yang sudah dialami oleh Caca, bahwasannya ia telah melihat banyak sekali perbedaan yang ada pada kedua buah hatinya. Ibu dua anak itu mengatakan bahwa si bungsu dan si sulung memiliki karakter yang berbeda-beda dan ia harus memahami itu. 

6 dari 6 halaman

5. Mencontohkan Perilaku Baik kepada Anak

Caca Tengker dan buah hatinya © Diadona

Jika Moms ingin memiliki anak yang baik dan sopan, maka sebagai orang tua Moms juga harus memberi contoh si kecil secara langsung. Pada dasarnya, anak-anak akan selalu merasa lebih mudah meniru perilaku yang ia lihat daripada mempraktikkan apa yang orang tua minta.

Di beberapa kali kesempatan, Caca Tengker bahkan terlihat meminta izin sang anak untuk melakukan apapun yang melibatkannya. Dengan begitu, anak-anak pun akan melakukan hal serupa kepada Moms jika mereka ingin melakukan hal apapun yang melibat Moms atau Daddy di rumah.

Beri Komentar