7 Cara untuk Menghilangkan Stres saat WFH Sambil Mengurus Anak

Reporter : Kurnia
Selasa, 24 Agustus 2021 09:18
7 Cara untuk Menghilangkan Stres saat WFH Sambil Mengurus Anak
Untuk Moms yang aktif bekerja selama di rumah aja

Menjadi ibu sekaligus wanita karir tidaklah mudah. Terutama bagi Moms yang sedang WHF selama masa pandemi ini.

Mengurus anak, menjalankan kewajiban sebagai istri, hingga memenuhi tanggungan sebagai tenaga kerja menjadi paket komplit Moms selama di rumah aja. Tentunya Moms juga tidak dapat memilih mana yang lebih penting dan akan diprioritaskan.

Mengasuh anak, suami, dan memenuhi tanggungan pekerjaan menjadi tantangan yang cukup berat. Membagi waktu menjadi cukup sulit karena pusat perhatian yang harus terpecah. Namun ini adalah salah satu hal yang cukup menarik meskipun stress akan menjadi salah satu dampak yang pasti akan didapat.

Parahnya, selama masa pandemi ini telah meningkatkan tekanan pada orang tua, baik Moms maupun Daddy. Sekitar 52 persen orang tua mengalami tekanan stress karena harus bekerja dan mengurus anak sekaligus di dalam rumah. Menurut Research Institute, anak di bawah 12 tahun menjadi salah satu pemicu susahnya menyeimbangkan peran orang tua dan pekerja selama di rumah saja.

Lalu, bagaimana sih cara terbaik untuk mengatasi stress yang didapatkan dari kompilasi itu semua?

Dikutip dari Verywellfamily.com berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan stres yang datang saat harus menyeimbangkan antara pekerjaan dan mengasuh anak.

1 dari 6 halaman

Fokus pada Kualitas Bukan Kuantitas

Kebanyakan Moms yang bekerja khawatir bahwa mereka tidak bisa menghabiskan cukup waktu dengan anak-anak mereka. 

Kebanyakan dari mereka resah tentang waktu yang dihabiskan anak-anak bersama pengasuh dan bertanya-tanya apakah buah hati mereka akan terkena dampak negatif dari hal tersebut. Pada akhirnya, kekhawatiran ini meningkatkan tingkat stres mereka hingga berlebihan.

Hal yang perlu diingat jika Moms hanya punya banyak waktu dalam sehari. Jadi, Moms harus fokus pada bagaimana memanfaatkan waktu yang dimiliki bersama anak-anak dibandingkan harus memikirkan hal lain yang belum terjadi.

2 dari 6 halaman

Tetapkan Batas

ibu dan anak-anak © Diadona

Cara lain untuk mengurangi stres akibat menjadi orang tua yang bekerja adalah dengan menetapkan batasan. Dengan kata lain, tarik garis yang sangat jelas antara kehidupan kerja Moms dan Daddy dengan kehidupan keluarga.

Misalnya, setelah Moms meninggalkan kantor atau mematikan laptop pada hari itu, pastikan untuk menahan keinginan untuk tidak memeriksa email Anda, membalas pesan, atau melakukan pekerjaan ekstra. Untuk menemukan keseimbangan dan mengurangi tingkat stress, Moms perlu menentukan di mana pekerjaan berakhir dan kapan waktu untuk keluarga.

Menetapkan batasan dan belajar mengatakan tidak bisa sangat menantang bagi orang tua. Tapi itu adalah bagian terpenting untuk mengurangi tingkat stres Moms selama WFH.

3 dari 6 halaman

Menjadi Ibu Kreatif

Seorang ahli dalam penelitian yang sama mengatakan bahwa salah satu cara dia menghilangkan stres selama pandemi adalah dengan melakukan sesuatu yang kreatif. Sejak memiliki anak, ia menggabungkan kecintaannya pada seni dengan menghabiskan waktu bersama anak-anaknya.

Ia juga mengatakan bahwa dirinya telah berhasil membuat bahan meja sensorik, toko es krim mini, teka-teki, slide tabung karton, dan kotak surat lengkap dengan taman bunga palsu selama di rumah saja.

Hal-hal kreatif semacam ini bisa menjadi contoh buat Moms di rumah.

4 dari 6 halaman

Belajar Memprioritaskan

ibu dan anak-anak © Diadona

Moms bisa mengurangi tingkat kecemasan dan stress dengan mengidentifikasi nilai-nilai penting dan mulai mempriorotaskannya. Dengan begitu, Moms dan Daddy bisa menyeimbangan kehidupan antara beban kerja dan keluarga.

Menentukan dan mengurutkan bagian mana yang terpenting bagi Moms menjadi alternative terbaik untuk mengurangi kecemasan mengenai hal-hal yang sebenarnya tidak perlu diharapkan.

5 dari 6 halaman

Bekerja Lebih Cerdas bukan Lebih Keras

Salah satu cara untuk menghindari stres adalah dengan belajar bagaimana mengatur waktu dan menggunakannya untuk keuntungan Moms. Dengan kata lain, jika Moms memiliki proyek besar yang akan datang, pecahkan dan kerjakan sedikit demi sedikit. 

Akan lebih baik jika Moms tahu bahwa anak-anak akan membutuhkan bantuan Moms saat harus mengerjakan pekerjaan rumah. Saat akan ada pertandingan besar, rencanakan kewajiban ini agar pekerjaan tidak mengganggu.

Dengan tetap mengetahui hal-hal yang ada di kalender kerja, Moms bisa bekerja lebih awal dan mengantisipasi waktu yang dihabiskan jauh dari kantor. Dengan demikian, Moms bisa mengurangi tingkat stres secara signifikan.

6 dari 6 halaman

Pertahankan Rasa Bersalah

ibu dan anak-anak © Diadona

Moms ataupun Daddy pasti kerap melakukan kesalahan pada anak yang pada akhirnya meningkatkan rasa salah yang besar pada mereka.

Sayangnya, kesalahan orang tua merupakan hal yang nyata. Dan hampir setiap orang tua pernah mengalaminya. Tetapi, dengan belajar untuk menahannya atau menolak dan mematahkan rasa bersalah karena itu adalah hal yang menusiawi bisa mengurangi tingkat stres Moms, lho.

Pada dasarnya, untuk mengurangi tingkat stres Moms selama di rumah saja bisa ditemukan untuk menyeimbangkan antara kehidupan kerja dan kehidupan keluarga. Cari cara untuk menghapus hal-hal dari daftar kalender kerja dan pelajari cara menetapkan batasan antara keduanya. Dengan begitu, Moms bisa merasakan kelegaan yang luar biasa.

Sementara itu, jika Moms merasakan jika cara tersebut tidak berhasil bahkan mengalami kesulitan untuk mengatasi stres pastikan Diazens segera berkonsultasi dengan psikiater.

Beri Komentar