9 Cara Mencegah Ejakulasi Dini pada Pria secara Alami dan Tanpa Obat

Family | Jumat, 3 Juli 2020 06:45
9 Cara Mencegah Ejakulasi Dini pada Pria secara Alami dan Tanpa Obat

Reporter : Dhewi Bayu Larasati

Cara mencegah ejakulasi dini secara alami dan tanpa obat ini jadi pilihan yang aman. Tertarik mencoba?

Cara mencegah ejakulasi dini bisa dengan perubahan gaya hidup, penerapan teknik tertentu sampai dengan pengobatan dari penyebabnya secara psikologis.

Melansir Mayo Clinic, ejakulasi dini terjadi saat seorang pria berejakulasi lebih cepat selama berhubungan seksual ketimbang yang dia atau pasangannya inginkan. Nggak peru risau, karena masalah ini sebenarnya adalah keluhan seksual yang umum. Kemungkinan 1 dari 3 pria mengalami masalah ini dalam suatu waktu.

Kalau ejakulasi dini ini jarang terjadi, sebenarnya nggak perlu terlalu kahwatir kok. Tapi Anda mungkin memerlukan cara mencegah ejakulasi dini ketika:

  • Selalu atau hampir selalu ejakulasi dini setelah satu menit penetrasi
  • Nggak bisa menunda ejakulasi selama berhubungan, dan ini terjadi sepanjang waktu
  • Merasa tertekan atau frustasi, yang kemudian akhirnya menghindari keintiman seksual
2 dari 5 halaman

Cara Mencegah Ejakulasi Dini dan Penyebabnya

 Penyakit Kelamin PriaPenyakit Kelamin Pria © shutterstock.com/Pearl PhotoPix

Sebelum memahami gimana sih cara mencegah ejakulasi dini, kenali dulu yuk definisi dan penyebabnya.

Penyebab pasti ejakulasi dini tidak diketahui. Walaupun dulunya dianggap hanya psikologis, dokter sekarang tahu ejakulasi dini melibatkan interaksi kompleks faktor psikologis dan biologis.

Penyebab psikologis, diantaranya:

  • Pengalaman seksual sebelumnya
  • Pelecehan seksual
  • Citra tubuh yang menurutnya buruk
  • Depresi
  • Kekhawatiran tentang ejakulasi dini
  • Perasaan bersalah yang akhirnya membuat pria segera ingin mengakhiri hubungan seksual

Faktor lain yang juga berperan, diantaranya:

Disfungsi Ereksi

Mereka yang cemas karena nggak bisa mempertahankan ereksi cenderung punya pola buat segera mengakhiri hubungan seksual mereka

  • Gelisah
  • Banyak pria yang mengalami ejakulasi dini punya masalah dengan kecemasan

Masalah Hubungan

Kalau ejakulasi dini baru terjadi pada pasangan yang saat ini, sementara pria tersebut punya kehidupan seksual yang emmuaskan dnegan pasanagn sebelunya, bisa saja penyebabnya adalah adanya masalah interpersonal antar pasangan.

Penyebab biologis

Sejumlah faktor biologis mungkin berkontribusi pada ejakulasi dini, termasuk:

  • Kadar hormon abnormal
  • Tingkat zat kimia otak yang abnormal disebut neurotransmiter
  • Peradangan dan infeksi pada prostat atau uretra
  • Sifat bawaan
3 dari 5 halaman

Cara Mencegah Ejakulasi Dini pada Pria

 Cara Mencegah Ejakulasi DiniCara Mencegah Ejakulasi Dini © 2020 shutterstock.com/Olga Pinegina

Gejala utama dari ejakulasi dini ini yaitu ketidakmampuan untuk menunda ejakulasi selama lebih dari dari satu menit setelah penetrasi. Tapi masalah ini mungkin juga terjadi di segala situasi seksual, bahkan masturbasi.

Ejakulasi dini dapat diklasifikasikan sebagai:

Seumur hidup (primer). Ejakulasi dini yang terjadi selama seumur hidup, bahkan sejak pertama kali berhubungan seksual.

Diakuisisi (sekunder). Ejakulasi dini yang terjadi setelah pengalaman seksual sebelumnya tidak terjadi masalah ini.

Melansir Healthline, ada cara mencegah ejakulasi dini yang bisa dicoba untuk para pria.

Krim Topikal

Krim anestesi topikal ini mengandung agen mati rasa yang bisa sebagai cara mencegah ejakulasi dini karena punya fungsi mengurangi sensasi dan menunda klimaks. Cara pakainya agar efektif, oleskan krim sekitar 10 sampai 15 menit sebelum berhubungan,

Menurut penelitian di tahun 2017 lalu, krim ini bisa menjadi cara mencegah ejakulasi dini dengan meningkatkan waktu yang dibutuhkan untuk klimaks, selama beberapa menit.

Meski begitu, krim ini bsia menyebabkan:

  • Nyeri ringan
  • Sensasi terbakar ringan
  • Penurunan libido
  • Hilangnya sensitivitas sementara

Spray Lidocaine

Selain krim topikal untuk cara mencegah ejakulasi dini, spray lidokain juga punya fungsi yang sama, dengan cara kerja yang sama. Gunakan semprotan 10 hingga 15 menit sebelum berhubungan seks agar bekerja dengan baik.

Ada potensi efek samping yang mungkin muncul, antara lain penurunan gairah dan hilangnya sensitivitas.

Suplemen Zinc

Zinc nggak cuman mendukung kekebalan dan pertumbuhan sel yang sehat, tapi juga membantu menghasilkan testosteron dan meningkatkan libido serta energi. Penelitian udah menemukan adanya hubungan atara kekurangan senyawa ini dengan disfungsi seksual.

Meskipun begitu, konsumsi zinc untuk cara mencegah ejakulasi dini ini nggak boleh dilakukan secara sembarang. Zinc memang bagus untuk tubuh, tapi kalau jumlahnya berlebihan bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti:

  • Mual
  • Muntah
  • Diare
  • Kerusakan ginjal dan perut
4 dari 5 halaman

Cara Mencegah Ejakulisi Dini tanpa Obat

 Cara Mencegah Ejakulasi DiniCara Mencegah Ejakulasi Dini © 2020 shutterstock.com/DMD Studio

Cara mencegah ejakulasi dini memang bisa dilakukan dnega obat-obatan. Namun untuk mereka yang khawatir dengan efek sampingnya, bisa coba pilihan berikut:

Kondom

Tahu nggak sih kalau kondom ini nggak cuman untuk alat kontrasepsi, tapi juga sebagia cara mencegah ejakulasi dini secara tidak langsung. Secara umum, kondom bisa menurunkan sensitivitas sehingga pria nggaksegera ejakulasi. Tap ada juga kondom kontrol klimaks yang tersedia di pasaran, yang terbuat dari bahan lateks yang tebal.

Masturbasi

Terdengar aneh, namun masturbasi ternyata bisa jadi cara mencegah ejakulasi dini. Gimana nih caranya? Dengan melakukan masturbasi paling tidak satu atau dua jam sebelum berhubungan seksual. Sehingga kebutuhan buat klimak lebih cepat jaid berkurang.

5 dari 5 halaman

Cara Mencegah Ejakulasi secara Alami

 Cara Mencegah Ejakulasi DiniCara Mencegah Ejakulasi Dini © 2020 shutterstock.com/Nutlegal Photographer

Teknik Pause-Squeeze

Yaitu cara mencegah ejakulasi dini dengan membiarkan gairah seksual berkurang sebelum klimaks. Saat pria merasa akan ejakulasi, maka hentikan kegiatan seksual, dan minta pasangan untuk meremas ujung penis. Lakukan teknik ini selama beberapa detik sampai merasakan gairah mulai turun dan klimaks terasa mundur. Ulangi teknik ini sebnayak yang diperlukan.

Teknik Stop-Start

Teknik stop-start atau yang dikenal juga sebagai teknik kontrol orgasme, merupakan cara mencegah ejakulasi dini dengan menunda klimaks.

Saat mulai merasakan klimaks, cobalah untuk berhenti melakukan aktivitas seksual sepenuhnya. Nah, setelah merasa kurang terangsang, coba lakukan aktivitas seksual lagi.

Latihan Dasar Panggul

Tahu nggak sih kalau latihan memperkuat dasar panggul ini punya dampak yang besar terhadap lama waktu yang dibutuhkan untuk klimaks. Ini sudah dibuktikan penelitian di tahun 2014 lalu.

Berikut latihan dasar panggul untuk cara mencegah ejakulasi dini:

1. Coba temukan otot yang tepat yang bisa menghentikan aliran kencing.
2. Sambil berbaring, kontraksikan otot-otot dasar panggul tersebut selama 3 detik, terus relaksasi selama 3 detik. Lalukan cara mencegah ejakulasi dini ini paling nggak sebanyak 10 kali berturut-turut, sebanyak 3 kali sehari.
3. Tingkatkan latihan dengan jumlah pengulangan lebih banyak. Coba posisi baru seperti berdiri, berjalan atau duduk.
4. Jangan hilang fokus ya. Arahkan hanya di otot dasar panggul bukan perut, paha atau bokong.

Perubahan Pola Makan

Nggak cuman konsumsi zinc aja untuk cara mencegah ejakulasi dini, nutrisi lainnya juga nggak kalah penting lho. Misalnya, senyawa magnesium yang berperan untuk kesehatan dan gairah seksual.

Untuk cara mencegah ejakulasi dini, konsumsi magnesium bisa didapat dari:

  • Tiram
  • Biji labu
  • Kedelai
  • Yogurt
  • Bayam
  • Dan lainnya

Cara mencegah ejakulasi dini yang Diadona ulas ini cukup aman untuk Anda coba sendiri di rumah. Tapi perhatikan jua efek samping pada pemakaian krim atau lidocaine yah. Dan bila nggak kunjung berhasil, nggak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Join Diadona.id