9 Manfaat Memiliki Sahabat Dekat Sejak Kecil di Masa Tumbuh Kembang Anak

Reporter : Kurnia
Selasa, 15 Maret 2022 16:31
9 Manfaat Memiliki Sahabat Dekat Sejak Kecil di Masa Tumbuh Kembang Anak
Moms sudah tahu belum?

Bukan hanya bagi orang tua, tau nggak sih Moms jika peran sahabat itu sangat besar loh untuk si kecil selama masa-masa tumbuh kembang mereka?

Saling berbagi cerita, kasih, dan sharing kehidupan tidak hanya dibutuhkan oleh remaja, atau bahkan hanya orang dewasa. Si kecil yang sedang dalam proses pertumbuhannya juga membutuhkan peran sahabat.

1 dari 5 halaman

Di mana sahabat akan memiliki peran dan memberikan kontribusi penting sepanjang hidupnya bahkan untuk bekal kehidupannya di masa mendatang. Jadi, jangan pernah mengurung si kecil sendiri atau bahkan dengan sengaja membatasi lingkungan pertemanan mereka tanpa dasar yang jelas.

Menurut dr. Verury Verona Handayani yang dikutip dari laman halodoc.com, memiliki sahabat dekat di masa pertumbuhan mereka dapat membantu mengembangkan keterampilan hidup, meningkatkan kebijaksanaan, kepercayaan diri, dan harga diri anak loh.

Berikut ulasan lengkapnya.

2 dari 5 halaman

ilustrasi anak bermain © Diadona

1. Belajar Tentang Arti Persahabatan Sejati

Anak-anak yang sudah memiliki sahabat sejak kecil akan belajar bahwa seorang teman yang baik akan mengutamakan kepentingan mereka dan mendukung segala hal positif tentang kehidupan mereka.

2. Belajar Menghadapi Konflik

Konflik memang akan selalu muncul dalam setiap hubungan pertemanan, apalagi persahabatan. Akan tetapi Moms, melalui pertemanan itu juga lah yang akan membuat anak mendapatkan wawasan dan kesempatan juga cara untuk mengatasi konfliknya.

3. Tidak Merasa Sendirian

Memiliki teman sebaya dan sahabat sejak kecil akan membantu anak untuk mengomunikasikan kekhawatiran, impian, dan ketakutan yang umum dihadapi selama masa tumbuh kembangnya. 

3 dari 5 halaman

anak bermain © Diadona

4. Menciptakan Kenangan Indah

Kenangan indah diciptakan sejak dini, bukan hanya setelah anak-anak memasuki usia remaja. Ketika sudah dewasa, anak-anak yang memiliki sahabat sejak dini akan memiliki kenangan indah di masa kecil untuk diingat.

Dan ketika mengingat betapa menyenangkan rasanya berkumpul dengan teman-teman, mereka bisa merasakan betapa indahnya cinta dan persahabatan di masa kecilnya. Sehingga mereka memori indah yang indah dan akan terus mereka kenang sepanjang hidupnya.

5. Menciptakan Komunikasi Langsung

Bersahabat sejak kecil dapat membuat anak membatasi penggunaan gadget termasuk terlalu lama bermain game, sosial media seperti TikTok yang terlalu berlebihan, dan alat elektronik lainnya.

Ketika anak-anak memiliki teman sebabayanya, mereka akan lebih sering bertemu dan bermain di alam bersama sahabatnya. 

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Anak Bermain © Diadona

6. Menemukan Komunitasnya

Anak-anak akan mendapatkan rasa membangun komunitasnya sendiri dengan menjalin persahabatan sejak kecil loh, Moms. Jadi, pastikan Moms tidak membatasi ruang gerak dan pertemana mereka selama masa tumbuh kembang si kecil.

7. Mengembangkan Keterampilan Kepemimpinan 

Secara tidak langsung, memiliki sahabat sejak kecil akan membangun kemampuan untuk membuat keputusan. Kemampuan anak-anak akan meningkat ketika mereka bermain dengan sahabat dan teman sebayanya tanpa ada campur tangan langsung dari orangtua 

8. Mengembangkan Imajinasi

Saat bermain dan bertemu secara langsung dengan teman-temannya, interaksi sosial yang anak-anak dapatkan bisa membantu si kecil untuk mengembangkan imajinasinya. Ya, seperti yang Moms tahu, pengembangan imajinasi si kecil itu sangat penting untuk tumbuh kembang mereka loh.

5 dari 5 halaman

9. Mengenal dan Memahami Perbedaan

Bermain dengan banyak teman dan sahabat akan membuat anak-anak yang masih dalam masa tumbuh kembang bisa mengetahui bagaimana pola komunikasi dan interaksi dari keluarga lain.

Hal-hal semacam ini secara tidak langsung juga akan membantu anak untuk menerima dan memahami perbedaan di masa mendatang.

Nah, jadi gimana nih Moms? Masih mau membatasi ruang gerak dan pertemanan si kecil?

Beri Komentar