Anak Menangis Saat Sedang Kelas Online, Apa yang Harus Dilakukan?

Family | Senin, 21 September 2020 07:37
Anak Menangis Saat Sedang Kelas Online, Apa yang Harus Dilakukan?

Reporter : Audila Rima Ndani

Kelas online nggak hanya terasa berat bagi ibu, tapi juga bagi anak.

Wabah corona masih mengharuskan sebagian besar anak di berbagai daerah untuk menjalani sekolah secara online. Hal ini mau nggak mau harus dilakukan agar anak tetap mendapatkan hak mereka untuk memperoleh pendidikan.

Sementara menjalani kelas online tentu nggak semudah kedengarannya. Banyak orang tua yang pada akhirnya ikut stres karena harus mengajari dan mendampingi anak saat sekolah di rumah.

Namun selain orang tua yang tertekan dengan hal ini, tanpa disadari anak juga merasakan hal yang sama lho, Moms!

2 dari 5 halaman

 Menangis karena kelas onlineMenangis karena kelas online © timesofindia.indiatimes.com

Dilansir dari Times of India, seorang anak berusia 5 tahun menjadi viral setelah menangis saat sedang melakukan kelas online. Putra dari wanita bernama Jana Coombs itu merasa kesulitan untuk belajar dari jarak jauh.

Pada akhirnya dia nggak mau menghadiri kelas. Selain itu, dia pun mulai menangis untuk melampiaskan emosi dan rasa frustasinya.

Kondisi seperti ini tentu nggak hanya dialami oleh putra Jana Coombs, tapi mungkin juga beberapa anak di luar sana. Untuk itu berikut beberapa tips untuk mengatasinya.

3 dari 5 halaman

Tetap pada rutinitas

 ilustrasi anak belajarilustrasi anak belajar © freepik.com

Kegiatan kelas online tentu menjadi hal yang baru bagi anak-anak. Makanya kita juga perlu menjadikan kegiatan ini sebagai rutinitas seperti sekolah agar anak terbiasa.

Sama seperti sekolah, kita harus mengatur rutinitas kelas online secara disiplin. Kita harus mulai membuat jadwal baru tentang waktu tidur hingga waktu bermain untuk membuat mereka menyesuaikan diri.

4 dari 5 halaman

Tetap positif

 Ilustrasi anak belajar dengan orang tuaIlustrasi anak belajar dengan orang tua © Shutterstock.com/PR Image Factory

Hal yang bisa kita lakukan di kondisi seperti ini adalah dengan tetap menjaga energi positif dalam diri kita. Beradaptasi dengan rutinitas baru akan membutuhkan waktu.

Sementara kita punya peran penting dalam kehidupan mereka untuk memberikan dukungan penuh pada anak dalam menghadapi hal ini. Kuatkan anak dengan semangat dan motivasi untuk mereka.

5 dari 5 halaman

Membuat ruang khusus untuk kelas online

 Ilustrasi anak belajarIlustrasi anak belajar © Shutterstock/Dan76

Sekolah dari rumah memungkinkan anak untuk mulai belajar dengan menggunakan piyama dari atas tempat tidur. Namun hal ini justru bisa membuat anak nggak fokus belajar.

Buat mereka fokus dengan memberikan sebuah tempat tertentu di rumah sebagai tempat khusus untuk melaksanakan kelas online. Dengan begitu mereka akan bisa membedakan waktu untuk sekolah dan bermain di rumah.

Semoga informasi ini bisa membantu ya, Moms! 

Join Diadona.id