Anak Usia 7 Tahun Masih Suka Ngompol, Normal Nggak Sih?

Reporter : Kurnia
Sabtu, 26 Maret 2022 09:15
Anak Usia 7 Tahun Masih Suka Ngompol, Normal Nggak Sih?
Ikuti tips berikut biar anak nggak ngompolan lagi, Moms

Anak-anak di usianya yang ke 7 tahun mungkin sudah tidak mengompol lagi. Karena tumbuh kembang setiap anak itu berbeda-beda, tidak sedikit juga dari mereka yang masih ngompol di usia 7 tahun.

Sebagian mungkin setidaknya satu kali dalam seminggu masih ngompol, namun hampir 10 persen anak di usianya 7 tahun masih ngompol di setiap tidurnya loh Moms. Bahkan, masih ada anak yang ngompol ketika usianya telah mencapai 10 tahun.

1 dari 5 halaman

Beberapa orang tua masih menganggap anak di usianya 7 tahun yang masih ngompol itu adalah hal biasa. Sebenarnya, normal nggak sih kalau anak seusia mereka masih ngompol?

Sebagian menyebut ngompol adalah masalah yang perlu dikhawatirkan, namun medis menyebut jika itu adalah hal yang normal dengan alasan tertentu ya, Moms.

Sebenarnya, Moms bisa melakukan beberapa hal untuk membuat si kecil tidak lagi dengan sengaja ngompol saat tidurnya.

2 dari 5 halaman

Tips Membuat Anak Agar Tidak Ngompolan Lagi

Dikutip dari laman Liputan6.com, dr. Fiona Amelia MPH menyebut jika kebiasaan ngompol akan menghilang dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia anak.

ilustrasi anak ngompol © Diadona

3 dari 5 halaman

1. Toilet cleaning

 Bila si Kecil telah berhasil tidak mengompol di malam hari selama beberapa hari atau beberapa minggu lalu mulai mengompol kembali, Moms bisa mengajari lagi mereka untuk membuang air kecil sebelum tidur.

Moms harus rajin untuk menodorong anak-anak agar rutin membuang air kecil di waktu siang dan sebelum tidur malam. Frekuensi pipis normal kurang lebih sebanyak 4-7 kali sehari ya, Moms.

Jika anak-ana masih tidur bersama Moms, saat mereka terbangun di malam hari, segera bawa dan arahkan si kecil untuk segera menuju ke toilet.

4 dari 5 halaman

2. Membatasi minum

Ilustrasi Bayi Minum Air © Diadona

Sebelum anak tidur, Moms bisa mulai membatasi mereka untuk minum air, minum-minuman manis, dan minuman berkafein.

Bila si Kecil sudah berusia lebih dari 8 tahun, hindari menggunakan popok dan sejenisnya agar ia tidak malas bangun dari tempat tidurnya untuk buang air kecil.

5 dari 5 halaman

Kapan Moms Perlu Mengajak Si Kecil ke Dokter?

Pada sebagian kecil kasus, mengompol yang dialami oleh anak-anak adalah tanda dari gangguan yang lebih serius loh, Moms.

Oleh sebab itu, segera temui dokter anak anak-anak yang berusia 7 tahu atau lebih tiba-tiba kembali mengompol setelah berhenti mengompol selama 6 bulan atau lebih.

Tidak wajar

Kondisi ngompol menjadi tidak wajar dan perlu diwaspadai jika anak-anak merasakan nyeri saat pipis, rasa haus yang tidak biasa, urine yang berwarna kemerahan, BAB keras, atau mengorok saat tidur.

Namun, apabila anak-anak mengompol lebih dari usia yang sewajarnya, jangan langsung menghakimi mereka ya, Moms.

Bisa jadi hal itu terjadi karena kontrol kandung kemih anak-anak belum sepenuhnya berkembang atau mungkin ada yang salah dengan saluran kencingnya. Atasi kebiasaan mengompol anak dengan kesabaran dan pengertian, serta konsultasikan dengan dokter bila memang diperlukan.

Beri Komentar