Apa yang Perlu Dilakukan Ketika Anak Malas Mengerjakan PR?

Family | Selasa, 24 November 2020 09:17
Apa yang Perlu Dilakukan Ketika Anak Malas Mengerjakan PR?

Reporter : Riza Umami

Yang perlu Mom lakukan ketika anak malas mengerjakan PR.

Tidak semua anak suka belajar dan juga mengerjakan PR. Tentu hal ini pun menjadi masalah bagi sejumlah ibu apalagi kalau anaknya susah untuk dibilangin. Ada pula ibu yang terpaksa mengerjakan PR anaknya karena nggak mau si kecil sampai dihukum oleh gurunya di sekolah.

Lantas, kalau sudah begini apa ya yang Mom bisa lakukan agar anak mau mengerjakan PR? Dilansir dari laman klikdokter.com, ibu bisa melakukan beberapa hal berikut ini supaya si kecil mau mengerjakan PR-nya sendiri.

2 dari 5 halaman

Jelaskan Akibat dari Tidak Mengerjakan PR

 Ilustrasi anak belajarIlustrasi anak belajar © Shutterstock/Dan76

Coba untuk menjelaskan kepada anak apa saja akibatnya bila dia tidak mau mengerjakan PR, misalnya akan dihukum oleh guru di sekolah, malu pada temannya dan juga dia mungkin akan mendapatkan nilai yang rendah karena tak mau mengerjakan PR yang merupakan soal latihan untuknya. Pastikan Mom menjelaskan hal ini dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak.

3 dari 5 halaman

Buatlah Proses Belajar dan Mengerjakan PR Jadi Menyenangkan

 ilustrasi anak belajarilustrasi anak belajar © Shutterstock

Terkadang, anak malas belajar atau mengerjakan PR ini karena kondisi lingkungannya tak mendukung bahkan jadi membuat anak bosan. Pastikan anak belajar di ruangan yang nyaman, siapkan camilan serta putar musik yang menenangkan bila anak tidak terganggu dengan hal tersebut.

4 dari 5 halaman

Kasih Tahu Anak Apa Keuntungan dari Mengerjakan PR Sendiri

 Ilustrasi anak belajar di rumahIlustrasi anak belajar di rumah © parentstory.com

Bila tadi ibu sudah menjelaskan beberapa akibat karena tidak mengerjakan PR, ibu pun perlu memberitahu apa saja keuntungan yang akan anak dapatkan dari belajar dan mengerjakan PR. Salah satu keuntungannya adalah anak jadi paham soal tersebut sehingga tak akan kesulitan saat ulangan dan mendapatkan nilai yang tinggi.

5 dari 5 halaman

Berikan Reward untuk Anak

 Ilustrasi anak belajar dengan orang tuaIlustrasi anak belajar dengan orang tua © Shutterstock.com/PR Image Factory

Reward ini bisa Mom berikan ketika anak mau menuruti perkataan ibu misalnya dengan belajar dan mengerjakan PR sendiri. Tentunya, reward ini tak selalu harus berupa barang atau mainan, misalnya ibu bisa memberikan reward akan memasakkan makanan kesukaan anak, membolehkannya main game setelah belajar, dan lain sebagainya.

Kemudian akan lebih baik jika ibu meminta anak mengerjakan PR-nya ini tanpa pakai emosi dan marah-marah pada si kecil. Anak pun tidak akan merasa terpaksa melakukan hal tersebut dan menyadari bahwa mengerjakan PR itu memang untuk kebaikannya sendiri.

Join Diadona.id