Apakah Bayi Bisa Merasakan Emosi?

Reporter : Audila Rima Ndani
Kamis, 26 November 2020 07:37
Apakah Bayi Bisa Merasakan Emosi?
Temukan jawabannya!

Bayi menyimpang banyak sekali misteri. Sebagai ibu baru, mungkin banyak hal yang masih nggak kita pahami tentang buah hati kita saat pertama kali mereka datang ke dunia.

Apakah ikatan antara ibu dan bayi setelah lahir itu memang ada? Atau apakah bayi memang benar-benar bisa merasakan emosi?

Dilansir dari Mom.com, gagasan tentang emosi bayi adalah hal yang rumit. Namun sebenarnya kita bisa mempelajari bagaimana mengetahui apa yang bayi kita coba katakan pada kita dan apa arti emosi bayi.

1 dari 4 halaman

ilustrasi ibu dan bayi © Diadona

Biasanya senyuman dan rengekan bayi adalah hasil dari aktivitas neurologis. Bayi kita nggak akan merasakan emosi seperti orang dewasa, melainkan sebagai akibat dari rangsangan eksternal.

Seorang bayi akan melihat wajah dan senyum yang familiar. Mereka mungkin menangis atau marah karena sesuatu yang terjadi pada mereka seperti lapar atau popok basah.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Ibu dan Bayi © Diadona

Seorang bayi akan bereaksi terhadap perhatian yang diterimanya, dengan senyuman atau tawa. Namun, kemampuan untuk mengalami emosi yang sebenarnya sebagai orang dewasa berakar pada perkembangan fisik dan kognitif. Bayi belum memiliki pengalaman hidup yang dibutuhkan untuk merasakan emosi.

Jika kita pernah bertanya-tanya apakah bayi bisa merasakan emosi kita atau enggak, kita mungkin terkejut mengetahui bahwa bayi ternyata memang bisa. Menurut sebuah penelitian di University of Cambridge, gelombang otak ibu dan bayi cenderung sinkron.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Ibu dan Bayi © Diadona

dr. Vicky Leong, dari Departemen Psikologi Universitas Cambridge, memimpin penelitian yang menemukan hubungan tersebut. Dia mengungkapkan koneksi saraf antara ibu dan bayi cenderung kuat. Selain itu, bayi lebih reseptif dan siap untuk belajar dari ibu mereka.

" Pada tahap kehidupan ini, otak bayi memiliki kemampuan untuk berubah secara signifikan, dan perubahan ini didorong oleh pengalaman bayi. Dengan menggunakan nada emosi positif selama interaksi sosial, orang tua dapat terhubung lebih baik dengan bayi mereka, dan merangsang perkembangan kapasitas mental bayi mereka," lanjut Leong.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya, menurut penelitian yang dilakukan oleh Attachment Parenting International (API), bayi yang melekat atau menangis adalah teknik yang mendarah daging sejak awal untuk menjaga pengasuh mereka tetap di dekatnya. Saat anak tumbuh dan merasa lebih aman dalam hubungannya dengan ibunya, dia lebih mampu menjelajahi dunia di sekitarnya dan mengembangkan ikatan yang kuat dan sehat dengan orang-orang penting lainnya dalam hidupnya.

Semoga informasi ini bisa menjawab rasa penasaran kamu ya!

Beri Komentar