Apakah Benar Ayah Lebih Perhatian pada Anak Perempuan?

Family | Senin, 14 September 2020 12:17
Apakah Benar Ayah Lebih Perhatian pada Anak Perempuan?

Reporter : Riza Umami

Benarkah?

Sejumlah orang beranggapan bahwa anak perempuan akan lebih dekat kepada ayahnya dibandingkan pada ibunya. Apakah Mom juga beranggapan demikian atau pernah mengalami hal ini secara langsung?

Dilansir dari laman klikdokter.com (13/09), ikatan antara ayah dan anak ini memang tergolong unik karena ternyata hubungan ini bisa cukup memengaruhi perilaku anak perempuan ketika sudah dewasa nanti apalagi ketika berhubungan dengan lawan jenis.

2 dari 3 halaman

 ilustrasi ayah dan anakilustrasi ayah dan anak © Erin Lester/Getty Images

Karena alasan tersebut, sejumlah orang berpikir bahwa ayah ini memang harus lebih perhatian pada anak perempuannya. Selain itu, sebenarnya kedekatan dengan anak perempuan ini adalah naluri alami yang muncul pada ayah.

Seorang psikolog bernama Ikhsan Bella Persada, M.Psi ikut menanggapi masalah perhatian ayah pada anak perempuan ini. Dia mengatakan bahwa menurut sebuah hasil studi penelitian, menunjukkan bahwa ayah memang lebih perhatian pada anak perempuan dan perlakuannya cukup berbeda pada anak laki-laki.

3 dari 3 halaman

 ilustrasi ayah dan anakilustrasi ayah dan anak © Shutterstock

Hal ini disebabkan karena adanya stereotip gender yang akhirnya memengaruhi pola asuh ayah pada anak-anaknya. Stereotip tersebut yaitu kalau perempuan ini lebih lembut dan perlu disayang sedangkan bila laki-laki identik dengan maskulin dan perlu dididik jadi lebih tegas.

Terlepas dari ayah yang lebih perhatian pada anak perempuan, tentu semua anak harus diperlakukan dengan adil oleh ayahnya. Meski mungkin pola asuhnya agak berbeda, tetapi semua anak harus mendapatkan kasih sayang yang sama dan adil.

Join Diadona.id