Apasih Pentingnya Mengajari Si Kecil Mencintai Alam Sejak Dini?

Reporter : Kurnia
Jumat, 18 Maret 2022 13:38
Apasih Pentingnya Mengajari Si Kecil Mencintai Alam Sejak Dini?
Moms wajib tahu loh

Memiliki waktu di luar ruangan dan menikmati alam memiliki banyak manfaat loh, untuk anak-anak bahkan orang dewasa. Mencintai alam dengan menjaga bumi agar tetap hijau memberikan manfaat untuk kesehatan mental. 

Lebih dari itu Moms, bahkan sebagian besar penelitian setuju bahwa anak-anak yang bermain di luar ruangan dengan alam mereka dinilai lebih pintar, lebih bahagia, lebih perhatian dibandingkan mereka yang lebih suka habiskan waktu di dalam ruangan. 

Dikutip dari perentingchild.com, mengajari anak-anak untuk mencintai lingkungan dan alam sejak dini memiliki banyak manfaat loh. Diantaranya:

1 dari 4 halaman

Membangun kepercayaan diri

Ada banyak cara untuk berinteraksi dengan lingkungan alam, dari halaman, taman sekitar rumah hingga jalur hiking dengan tetap menjaga kebersihkan lingkungan bisa meningkatkan kepercayaan diri si kecil loh.

Meningkatkan kreativitas dan imajinasi

Gaya bermain yang tidak terstruktur ini juga memungkinkan anak-anak berinteraksi secara bermakna dengan lingkungan mereka loh, Moms. Saat berinteraksi dengan alam, si kecil dapat berpikir lebih bebas, merancang aktivitas mereka sendiri, dan mendekati dunia dengan cara yang inventif.

2 dari 4 halaman

Mengajarkan tanggung jawab

Mengajari anak-anak untuk menjaga bagian-bagian hidup dari lingkungannya seperti hewan dan tumbuhan di sekelilingnya akan mengajarkan tanggung jawab sejak dini.

Anak-anak perlahan menjadi tahu tentang apa yang akan terjadi ketika mereka lupa menyirami tanaman, atau mencabut bunga dari akarnya.

Memberikan rangsangan yang berbeda

Menurut sebagian orang tua, alam mungkin tampak kurang merangsang daripada gadget dan sosial media, nyatanya justru sebaliknya.

Alam lebih efisien untuk mengaktifkan lebih banyak indra yang dapat melihat, mendengar, mencium, dan menyentuh lingkungan si kecil. Pada akhirnya ini akan meningkatkan kekayaan pengalaman anak-anak.

3 dari 4 halaman

Membuat si kecil lebih banyak bergerak

Mencintai alam membuat anak-anak menjadi lebih banyak bergereak. Secara tidak langsung si kecil mulai peduli dengan lingkungan dan mulai bergerak untuk menjaga kebersihan atau keseimbangan lingkungannya.

Fakta menariknya, anak-anak akan menjadi lebih rajin berolahraga sambil menikmati alam yang  bermanfaat untuk kesehatan jangka panjang mereka.

Meningkatkan daya pikir si kecil

Bermain sambil mencintai alamnya juga bisa menciptakan rasa takjub yang unik bagi anak-anak loh, Moms.

Fenomena alam yang terjadi di pekarangan, di taman, atau lingkungan mereka membuat anak-anak bertanya-tanya tentang bumi dan kehidupan yang ditopangnya. Dengan begitu, anak-anak menjadi lebih banyak bertanya dan berpikir.

Beri Komentar