Bagaimana Ya Cara Mengajari Anak agar Bisa Pakai Baju Sendiri?

Reporter : Riza Umami
Kamis, 22 Oktober 2020 18:17
Bagaimana Ya Cara Mengajari Anak agar Bisa Pakai Baju Sendiri?
Tips mengajari anak agar bisa memakai bajunya sendiri.

Saat anak makin besar, mereka pun perlahan ingin melakukan berbagai aktivitas dengan kemampuannya sendiri dan tanpa bantua dari orang tuanya. Ibu pun tentunya punya kesibukan lain seperti memasak, beres-beres rumah dan lain sebagainya. Tentu akan sangat terbantu kalau misalnya anak bisa pakai bajunya sendiri.

Sebelum diajari oleh ibu, biasanya anak sudah bisa melepaskan bajunya sendiri sejak usia satu tahun atau 18 bulan. Ketika dia lagi gerah, dia pun akan berusaha melepas bajunya itu dengan berbagai cara. Saat dipakaian baju pun, biasanya anak mulai mengerti dan mengangkat kedua tangannya untuk memudahkan ibu.

1 dari 3 halaman

Anak kebanyakan sudah mulai bisa diajari untuk memakai bajunya sendiri ini di usia dua sampai tiga tahun. Pada umur segini, perkembangan anak sedang pesat-pesatnya dan dia sudah bisa mengerti perkataan ibu. Selain itu, anak pun memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap benda-benda di sekitarnya termasuk pakaian.

Lantas, bagaimana cara mengajari anak untuk memakai bajunya sendiri? Dilansir dari laman hellosehat.com, cara pertama yaitu mulai ajari anak memakai pakaian yang sederhana. Ibu bisa mengajari anak untuk memakai celana dengan karet elastis yang bisa dengan mudah digunakan atau bisa juga mulai dengan kaus longgar.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak Memakai Baju © Diadona

Cara yang paling mudah untuk mengajari anak ini adalah dengan melihat ibu dulu bagaimana cara memakai pakaian. Ketika anak sudah melihat caranya, coba minta dia untuk menirukan cara tersebut. Ulangi cara ini sampai anak bisa dengan mudah pakai pakaiannya sendiri.

Berikutnya, pastikan ibu menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak ketika mengajarinya untuk memakai baju sendiri. Selain itu, penting pula untuk meletakkan pakaian anak ini di tempat yang mudah dijangkau oleh anak agar dia tak perlu menunggu ibu untuk mengambilkan bajunya tersebut.

3 dari 3 halaman

Terakhir, berikan semangat pada anak dan dukungan padanya. Mungkin di awal, anak akan sulit melakukannya, tetapi dengan praktik terus-menerus tentu anak nanti akan bisa memakai bajunya sendiri. Kemudian, berikan pilihan pada anak, pakaian apa yang ingin dia pakai. Jangan melulu ibu yang menentukan anak harus memakai apa.

Itulah tips untuk mengajari anak cara memakai bajunya sendiri. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya Mom.

Beri Komentar