Bayi Jadi Demam Saat Tumbuh Gigi, Mitos atau Fakta?

Family | Jumat, 8 Januari 2021 09:17
Bayi Jadi Demam Saat Tumbuh Gigi, Mitos atau Fakta?

Reporter : Riza Umami

Ini jawabannya Mom.

Sejumlah orang tua berpikir bahwa anaknya demam gara-gara sedang tumbuh gigi. Pasti mereka pun senang karena anaknya sudah tumbuh gigi, tetapi mereka pun khawatir karena buah hatinya yang mengalami demam.

Dilansir dari laman klikdokter.com, bayi biasanya akan mulai tumbuh gigi saat berusia 4-6 bulan yang ditandai dengan munculnya gigi susu pada permukaan gusi. Namun, ada pula bayi yang mulai tumbuh gigi ketika usianya sudah 12 bulan.

2 dari 5 halaman

Hal ini sebenarnya wajar terjadi karena setiap bayi mempunyai fase pertumbuhan gigi yang berbeda-beda. Seiring berjalannya waktu, biasanya gigi anak ini sudah lengkap yaitu berjumlah 20 buah ketika usianya mencapai tiga tahun.

 Ilustrasi Anak DemamIlustrasi Anak Demam © 2020 healthhub.sg/

3 dari 5 halaman

Nah, kini yang seringkali menjadi pertanyaan para orang tua adalah apakah benar anak jadi demam saat tumbuh gigi? Sebenarnya hal tersebut faktas atau hanya sekadar mitos saja? Ternyata ini jawabannya Mom.

Menurut drg. Wiena Manggala Putri dari KlikDokter, bayi jadi demam saat tumbuh gigi adalah sebuah mitos. Dia mengatakan kalau fase tumbuh gigi pada anak ini, biasanya membuat mereka jadi suka memasukkan semua benda ke mulutnya. Bila benda tersebut ternyata kotor, hal inilah yang bisa menyebabkan anak infeksi dan mengalami demam.

4 dari 5 halaman

" Jadi, fase tumbuh gigi itu biasanya membuat bayi atau anak kecil suka menggigit atau memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya. Bisa jadi benda itu kotor dan menyebabkan infeksi, apalagi kalau suhunya udah 38 derajat Celcius, pasti kena infeksi sesuatu," kata drg. Wiena.

 Ilustrasi Anak DemamIlustrasi Anak Demam © 2020 shutterstock.com/GOLFX

Yang pasti, bayi akan jadi lebih rewel daripada biasanya yang diakibatkan karena lagi fase tumbuh gigi tersebut. Bila anak demam dan suhunya mencapai 38 derajat Celcius, maka kondisinya harus terus dipantau oleh Mom.

5 dari 5 halaman

Bila anak mengalami demam sampai tiga hari dan kondisinya tak kunjung membaik, ibu harus segera membawanya ke dokter agar anak bisa mendapatkan penanganan medis segera. Biasanya, darahnya pun nanti juga akan dicek oleh dokter.

Nah, itulah ulasan mengenai apakah anak yang demam saat tumbuh gigi ini memang fakta atau hanya mitos. Ternyata, jawabannya cuma mitos saja ya Mom. Penyebab anak bisa mengalami demam ini karena dia mengalami infeksi akibat memasukkan benda yang kotor ke dalam mulutnya. Semoga penjelasan ini membantu.

 

Join Diadona.id