Bayi Maunya Digendong Terus, Apakah Wajar?

Reporter : Riza Umami
Jumat, 26 Februari 2021 08:17
Bayi Maunya Digendong Terus, Apakah Wajar?
Bayi maunya digendong melulu, sekalinya ibu duduk atau meletakannya di tempat tidur si kecil langsung nangis. Pernah mengalaminya Mom?

Ada sejumlah bayi yang maunya digendong terus, bahkan dia akan langsung nangis kalau orang tuanya duduk sebentar atau meletakkannya di kasur. Anakah anak Mom juga demikian? Pasti rasa lelahnya jadi berlipat ganda ya Mom.

Lantas apakah bayi yang maunya digendong terus seperti ini wajar-wajar saja? Dilansir dari laman theasianparent.com, ternyata hal ini memang normal terjadi apalagi pada bayi yang usianya masih sangat kecil.

1 dari 2 halaman

ilustrasi ibu dan bayi © Diadona

Mereka sedang membiasakan diri dengan lingkungan baru karena selama ini berada di dalam rahim yang hangat. Oleh sebab itu, mereka membutuhkan cukup banyak kontak fisik selama bulan-bulan pertama usai mereka lahir ke dunia ini.

Bahkan, beberapa ahli menyebut fenomena yang satu ini dengan 'trimester keempat' yaitu masa di mana bayi sedang melakukan proses transisi dari rahim ke dunia yang sesungguhnya ini. Ibu pun tentu perlu membantu bayi yang sebenarnya masih belum siap menghadapi dunia nyata ini.

2 dari 2 halaman

ilustrasi ibu dan bayi © Diadona

Bayi sebelumnya menghabiskan seluruh waktunya meringkuk di dalam rahim yang hangat dan nyaman. Mereka bisa tidur dalam waktu yang lama tanpa perlu merasakan perubahan suhu bahkan tak perlu ribet-ribet pakai popok.

Namun, saat mereka sudah lahir ke dunia ini, banyak sekali hal baru yang mereka rasakan seperti rasa dingin, gelap, dan yang lain sebagainya. Oleh sebab itu, bantu anak dengan memberikannya rasa nyaman dan aman dalam gendongan ibu. Lama-kelamaan, dia akan mulai terbiasa dengan dunia luar ini.

Beri Komentar