Bayi Newborn Tak Boleh Potong Kuku Sampai 40 Hari, Mitos Atau Fakta?

Family | Selasa, 15 Juni 2021 07:17

Reporter : Riza Umami

Boleh gak sih Mom bayi baru lahir potong kuku?

Pernahkah Mom mendengar mitos kalau bayi yang baru lahir ini tidak boleh dipotong kukunya hingga ia berusia 40 hari? Mungkin orang tua atau nenek Mom pernah mengatakan hal ini ya saat si kecil baru lahir.

Lantas, apakah benar kalau bayi yang baru lahir ini tidak boleh dipotong dulu kukunya selama 40 hari? Bagaimana faktanya penjelasannya secara ilmiah? Mari kita ulas hal tersebut.

Bayi Newborn Tak Boleh Potong Kuku Sampai 40 Hari, Mitos Atau Fakta?
2 dari 4 halaman

Ilustrasi Bayi Potong KukuIlustrasi Bayi Potong Kuku © shutterstock

Dilansir dari laman herstory.co.id, sebenarnya tak ada larangan untuk memotong kuku bayi yang baru lahir sampai usianya genap 40 hari secara ilmiah. Kuku bayi ini disarankan untuk segera dipotong kalau sudah panjang.

Hal ini bertujuan agar kuku anak tak sampai melukai kulit bayi yang masih sensitif dan sangat lembut. Oleh sebab itulah, ibu memang dianjurkan untuk sering-sering memotong kuku anak agar tak sampai panjang.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Bayi Potong KukuIlustrasi Bayi Potong Kuku © shutterstock

Jadi, tak boleh memotong kuku bayi baru lahir sampai usianya 40 hari ini memang mitos ya Mom karena secara medis sama sekali tak ada masalah memotong kuku anak yang baru lahir. Yang penting, ibu menggunakan teknik yang benar saat memotong kuku bayi.

Agar lebih aman sebaiknya ibu memotong kuku bayi ini saat ia tidur agar lebih anteng dan meminimalkan luka pada kulit anak. Selain itu, gunakan gunting kuku yang memang dirancang khusus untuk bayi sehingga akan lebih aman saat digunakan.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Bayi Potong KukuIlustrasi Bayi Potong Kuku © shutterstock

Kemudian yang perlu diingat-ingat, saat memotong kuku bayi jangan sampai terlalu pendek. Ibu bisa menyisakan sedikit kuku kemudian dikikir agar kukunya lebih lembut dan tidak tajam sehingga tak akan melukai kulit anak yang masih sensitif.

Itulah ulasan mengenai larangan bayi yang baru lahir tak boleh dipotong kukunya hingga usianya genap 40 hari. Ternyata cuma mitos ya Mom, bahkan faktanya kuku bayi perlu dipotong dengan rajin agar tak sampai melukainya. Semoga informasi ini cukup bermanfaat ya.

Join Diadona.id