Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Buah Hati Mulai Suka Bermain

Reporter : Riza Umami
Selasa, 12 Januari 2021 08:17
Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Buah Hati Mulai Suka Bermain
Ini yang perlu diperhatikan.

Anak kecil biasanya suka bermain baik dengan keluarganya maupun dengan teman sebayanya. Terkadang, kalau udah terlalu asyik bermain, mereka bisa lupa waktu bahkan sampai menghabiskan berjam-jam hanya untuk bermain.

Tentu ini bukan kebiasaan yang terlalu bagus untuk anak apalagi untuk mereka yang udah mulai pendidikan misalnya masuk PAUD atau playgroup. Antara waktu anak untuk bermain, belajar dan kegiatan lainnya harus seimbang. Dilansir dari laman id.theasianparent.com, berikut ini beberapa hal yang perlu ibu perhatikan ketika anak mulai suka bermain.

1 dari 4 halaman

1. Batasi Waktu Bermain untuk Buah Hati

ilustrasi anak-anak © Diadona

Bila anak udah mulai suka main, hal yang pertama perlu ibu lakukan adalah membatasi waktu bermain anak dengan jelas misalnya dia hanya boleh main ke rumah temannya sampai pukul 2 siang dan harus segera pulang sebelum jam tersebut.

Hal ini bertujuan agar anak tidak terus-terusan menghabiskan banyak waktunya hanya untuk bermain. Padahal, masih banyak aktivitas lain yang perlu buah hati lakukan seperti pergi mengaji, belajar, membantu ibu, dan lain sebagainya.

2 dari 4 halaman

2. Bila Anak Masih Balita, Perlu untuk Ditemani Orang Tua

Ilustrasi Bayi Bermain © Diadona

Anak yang masih balita pun terkadang ada yang udah suka bermain dengan temannya. Kalau seperti ini, ibu sebaiknya selalu menemani anak karena usianya yang masih kecil dan anak masih rentan akan berbagai bahaya yang ada di sekitarnya.

Bahaya ini bisa karena anak terkena sesuatu karena tak ada yang menjaganya atau bahkan bisa saja anak diculik ketika sedang pulang sendirian ke rumahnya. Saat ini masih ada bukan kasus penculikan anak seperti demikian?

3 dari 4 halaman

3. Sesekali Main Bersama Anak

Ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Sebagai orang tua, ibu perlu sering-sering berkomunikasi dengan anak dan sesekali bermain besama buah hati meski sebenarnya sibuk bekerja. Anak tentu juga ingin bermain bersama dengan orang tuanya tercinta dan bukan hanya bersama dengan teman-teman sebayanya.

Ada banyak permainan yang bisa dilakukan bareng sama buah hati, ibu hanya perlu menyesuaikan dengan usianya saja dan mainan apa yang sekiranya disukai oleh anak serta seru untuk dimainkan rame-rame bersama ayah dan ibu.

4 dari 4 halaman

4. Ajari Anak Perilaku Baik Saat Bermain

ilustrasi ibu dan anak sehat © Diadona

Biasanya, sedikit banyak anak akan meniru perilaku orang tuanya begitu pula dalam hal bermain. Ibu perlu mengajari anak beberapa perilaku baik saat bermain apalagi kalau mereka bermainnya di rumah temannya tersebut.

Ajari anak tentang sopan santun pada orang yang lebih dewasa, ajarkan dia bahwa meski kalah dalam sebuah permainan, itu adalah hal yang wajar dan tak perlu terlalu kecewa dan masih ada beberapa hal lainnya. Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan bila anak udah mulai suka bermain. Semoga bermanfaat ya.

Beri Komentar