Beberapa Tanda Orang Tua Terlalu Keras pada Buah Hati yang Perlu Diwaspadai

Reporter : Riza Umami
Jumat, 11 Februari 2022 21:17
Beberapa Tanda Orang Tua Terlalu Keras pada Buah Hati yang Perlu Diwaspadai
Apa saja ya Mom?

Mendidik dan membesarkan anak memang bukanlah hal yang mudah. Apalagi ibu mungkin harus beres-beres rumah, ngurus keluarga sedangkan ayah yang cari uang di luar rumah. Dalam kondisi capek, ngurus anak pun bisa kewalahan ya, Mom.

Tanpa disadari, mungkin orang tua jadi terlalu keras kepada anaknya apalagi kalau lagi capek. Selain itu, biasanya anak semata wayang lebih dijaga oleh orang tuanya di mana mereka mungkin jatuhnya jadi terlalu keras kepada buah hati.

1 dari 5 halaman

Dilansir dari unggahan di akun Instagram @ibupedia_id, berikut ini beberapa tanda orang tua terlalu keras pada buah hati yang perlu diwaspadai.

Yang pertama yaitu memarahi dan membentak anak. Kalau buah hati lagi susah dibilangin dan nakal, orang tua mungkin bisa terbawa emosi sampai memarahi anak bahkan membentaknya. Semakin sering ibu membentak anak, ini adalah salah satu tanda Mom terlalu keras ke buah hati.

2 dari 5 halaman

ilustrasi ibu marah pada anak © Diadona

Yang kedua yaitu jarang memuji anak. Memuji memang terkadang bukan hal yang mudah untuk dilakukan termasuk untuk anak. Apalagi kalau ekspektasi orang tua ke anak terlalu tinggu, pencapaian buah hati pun tak akan berarti bagi orang tua.

3 dari 5 halaman

Padahal, tentu anak ingin dipuji oleh orang tuanya apalagi kalau ia sudah bekerja keras untuk mencapai hal tersebut. Jarang memuji anak ini pun bisa meningkatkan rasa rendah dirinya.

Yang ketiga yaitu membandingkan buah hati dengan anak lain. Ini adalah salah satu hal yang masih sering dilakukan oleh sejumlah orang tua di luar sana. Padahal, hal ini hanya akan menyakiti perasaan anak.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Ibu Marah © Diadona

Yang keempat memaksakan perintah orang tua yang harus diikuti oleh anak. Semakin besar buah hati, biasanya mereka pun akan semakin sulit diatur. Terlalu memaksakan perintah ini itu yang harus dilakukan oleh anak juga merupakan tanda orang tua terlalu keras kepada buah hatinya.

5 dari 5 halaman

Yang kelima, beberapa orang tua mungkin terlalu banyak melarang anaknya tidak boleh begini dan begitu. Namun, mereka tidak punya alasan yang logis saat melarang anaknya untuk berbagai hal. Sebagian anak mungkin memilih untuk membangkang, tetapi yang lain hanya memendam perasaan sedihnya yang lama-lama bisa menjadi stres.

Itulah beberapa tanda saat orang tua terlalu keras pada buah hatinya yang bisa memberikan dampak negatif untuk anaknya. Semoga cukup berguna untuk membantu mengerti buah hati ya Mom.

Beri Komentar