Benarkah Anak yang Tinggal di Desa Jauh Lebih Cerdas dari Mereka yang di Kota?

Family | Senin, 2 Agustus 2021 08:41

Reporter : Kurnia

Simak yuk Moms, ini pendapat dari para ahli…

Moms, mungkin pernah mendengar beberapa asumsi yang mengatakan jika anak-anak yang tinggal di desa memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi?

Bukan sekedar asumsi, landasan pikiran tersebut nyatanya sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian lho, Moms.

Benarkah Anak yang Tinggal di Desa Jauh Lebih Cerdas dari Mereka yang di Kota?
2 dari 6 halaman

Masih nggak percaya?

ilustrasi anak pintarilustrasi anak pintar © 2020 https://www.diadona.id / @ wonderopolis

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Jurnal Medis PLOS Medicine mengatakan bahwa anak-anak yang tinggal di lingkungan lebih hijau, mereka memiliki tingkat skor IQ dengan nilai rata-rata 2,6 poin lenbih tinggi.

Ada fakta menariknya nih Moms. Anak-anak yang tinggal dan besar di lingkungan hijau mungkin memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dari mereka yang tinggal di pusat kota penuh polusi.

Fakta menarik lainnya dari studi baru dari Belgia, yakni adanya penurunan rentang perilaku yang sulit seperti perhatian yang buruk dan agresivitas anak-anak.

3 dari 6 halaman

Lingkungan Hijau

ilustrasi anak-anakilustrasi anak-anak © 2019 https://www.diadona.id / @ RachelRambach

Menurut analisis penelitian terhadap 620 anak, efeknya terlihat di daerah kaya dan menengah ke bawah.

Studi ini mengakui bahwa sudah ada bukti signifikan bahwa ruang hijau meningkatkan berbagai aspek perkembangan kognitif anak-anak dan kesejahteraan secara keseluruhan, tetapi ini adalah penelitian pertama yang memeriksa skor IQ.

Namun, tidak jelas mengapa akses ke lebih banyak area hijau meningkatkan skor IQ.

4 dari 6 halaman

Polusi Udara

Ilustrasi Polusi UdaraIlustrasi Polusi Udara © ui.ac.id

Menurut hasil studi sebelumnya, polusi udara terbukti mengganggu kecerdasan dan perkembangan anak. Sebagai alasan mengapa IQ meningkat dan kesulitan perilaku menurun dengan ruang yang lebih hijau.

Dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa lingkungan hijau memberikan dampak terhadap meningkatnya IQ anak lho Moms. bahkan, dalam penelitian tersebut juga mengatakan jika perilaku kesulitan anak juga menurun di tempat tinggal yang lebih hijau.

5 dari 6 halaman

Pengamatan

Ilustrasi Anak-AnakIlustrasi Anak-Anak © https://www.shutterstock.com/g/tomwang

Moms, menurut hasil studi yang mengamati anak-anak berusia tujuh hingga 15 tahun, para peneliti menggunakan citra satelit untuk mengukur tingkat kehijauan di lingkungan mereka seperti taman, kebun, pohon jalanan, dan vegetasi lainnya.

Para peneliti memperhitungkan kekayaan dan tingkat pendidikan orang tua anak-anak, tetapi tidak memiliki informasi di mana anak-anak bersekolah.

Hasilnya, skor IQ rata-rata adalah 105 tetapi para ilmuwan menemukan bahwa empat persen anak-anak dengan skor di bawah 80 yang tinggal di lingkungan kurang hijau. 

6 dari 6 halaman

Lalu, apakah benar anak-anak yang tinggal di desa jauh lebih cerdas?

Lingkungan hijau di desa dan rendahnya tingakat polusi menjadi salah satu kunci yang membuat tingkat kecerdasan anak meningkat.

Ingat ya Moms, cerdas dan pandai adalah konsep yang berbeda.

Tingkat kecerdasan anak yang tinggal di lingkungan hijau di pusat kota, secara signifikan nilai IQ mereka cukup meningkat yang menunjukkan pada perkembangan kognitif mereka.

Melakukan Penghijauan

Ilustrasi Anak-AnakIlustrasi Anak-Anak © https://pixabay.com/users/hairobe-3003429/

Sampai di sini, melakukan penghijauan bagi mereka yang tinggal di pusat kota akan cukup efektif untuk meningkatkan kecerdasan anak. Seperti dikutip dari ctvnews pada 2 Agustus 2021, melakukan penghijauan meningkatkan kecerdasan anak hingga tiga poin dan pengurangan dua poin dalam masalah perilaku.

"Hasil kami menunjukkan bahwa ruang hijau perumahan mungkin bermanfaat bagi perkembangan intelektual dan perilaku anak-anak yang tinggal di daerah perkotaan," tulis studi tersebut.

Tinggal di pusat kota tentu tidak menjadi masalah, namun alangkah baiknya jika Moms memperhatikan lingkungan yang akan keluarga tinggali terutama untuk anak-anak.

"Temuan ini relevan bagi pembuat kebijakan dan perencana kota untuk menciptakan lingkungan yang optimal bagi anak-anak untuk mengembangkan potensi penuh mereka."

 

Join Diadona.id