Benarkah Tidur Dapat Meningkatkan Kecerdasan Anak?

Reporter : Riza Umami
Kamis, 28 Januari 2021 18:17
Benarkah Tidur Dapat Meningkatkan Kecerdasan Anak?
Ini faktanya.

Saat anak tidur, proses tumbuh kembang si kecil akan terjadi lebih cepat. Hal ini pun ternyata juga berpengaruh pada perkembangan otak dan kecerdasannya. Hal ini disebabkan karena hormon pertumbuhan banyak diproduksi ketika anak sedang tidur di malam hari.

Dilansir dari laman klikdokter.com, sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur bisa meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan fungsi kognitif dan menurunkan stres pada anak-anak. Fungsi kognitif yang dimaksudkan adalah perhatian, pemecahan masalah, memori dan juga pengambilan keputusan pada anak.

Ilustrasi anak tidur siang

1 dari 3 halaman

Bila anak bangun dalam keadaan yang segar usai tidur, dia pun telah menyimpan energi untuk beraktivitas secara tak langsung. Tidur yang cukup juga akan membantu anak jadi lebih fokus untuk berkonsentrasi dan menyaring informasi yang dia dapatkan. Inilah maksud dari tidur bisa meningkatkan kecerdasan buah hati.

Tidur yang cukup pun juga akan memberikan manfaat lain misalnya membantu meningkatkan daya tahan tubuh si kecil, menurunkan kecemasan dan juga menurunkan masalah kesehatan yang mungkin dialami di kemudian hari seperti risiko anak mengalami obesitas.

2 dari 3 halaman

ilustrasi anak tidur © Diadona

Meski tidur bisa membantu meningkatkan kecerdasan anak, bukan berarti ibu malah menyuruh anak untuk terus-terusan tidur. Selain tidur yang cukup, ada beberapa hal yang bisa meningkatkan kecerdasan buah hati seperti asupan nutrisi yang dia peroleh, dan pemberian stimulasi seperti bermain sambil belajar.

3 dari 3 halaman

Durasi tidur anak pun perlu diperhatikan agar dia mendapatkan tidur yang cukup. Pada anak yang berusia 1 sampai 5 tahun, dia perlu mendapatkan tidur yang cukup selama 12-14 jam. Untuk anak yang berusia 10 sampai 17 tahun sebaiknya dia tidur 8-9 jam per hari.

Ilustrasi Anak Tidur © Diadona

Dengan memenuhi durasi tidur ini, akan membantu meningkatkan kecerdasan anak di mana dia bisa jadi lebih fokus terutama saat belajar di sekolah. Itulah ulasan mengenai tidur yang ternyata bisa meningkatkan kecerdasan buah hati. Semoga bermanfaat Mom.

Beri Komentar