Bener Nggak sih Setelah Melahirkan Gairah Seks Akan Menurun, Mom?

Reporter : Riza Umami
Jumat, 7 Agustus 2020 10:17
Bener Nggak sih Setelah Melahirkan Gairah Seks Akan Menurun, Mom?
Normal nggak ya?

Beberapa perempuan mungkin tak terpikirkan untuk melakukan hubungan seksual dulu usai melahirkan. Hal ini, salah satu sebabnya tentu karena masih sakit akibat melahirkan normal atau karena luka jahitan yang belum kering saat melahirkan sesar.

Rasa sakit yang ibu alami ini tentu bisa menurunkan gairah seksnya dan lagi tubuh perlu waktu untuk pulih pasca melahirkan. Dilansir dari laman alodokter.com, biasanya ibu yang baru melahirkan, tidak disarankan untuk berhubungan badan selama 6 minggu.

1 dari 2 halaman

Apabila setelah 6 minggu, gairah seksual tak kunjung datang. Tak perlu terlalu dipikirkan karena itu adalah hal yang wajar. Keadaan ini bahkan bisa berlangsung selama berbulan-bulan karena penyebab tertentu.

Hal ini mungkin bisa disebabkan karena ini adalah pengalaman pertama menjadi seorang ibu sehingga masih tak terbiasa dan banyak hal yang berubah setelah kehadiran si kecil. Tentu mengurus bayi bukan hal yang mudah, apalagi jika itu adalah kali pertama bagi ibu.

2 dari 2 halaman

Bisa pula karena setelah merasakan rasa sakit melahirkan yang luar biasa, muncul ketakutan untuk hamil lagi sehingga bisa menghalangi gairah seksual karena kalah dengan rasa takut tersebut.

Ada pula, perempuan yang jadi kurang percaya diri dengan tubuhnya setelah melahirkan karena jadi gendut, adanya stretch mark atau bahkan bekas jahitan operasi sesar. Bila seperti itu, dukungan dari suamilah yang paling dibutuhkan.

Bila ibu sedang mengalami fase ini, mintalah pengertian pada pasangan, akan lebih baik pula bila dia bisa memahami dan memberikan dukungan. Dengan berjalannya waktu, gairah seksual ini pun akan kembali lagi seperti semula.

Beri Komentar