Berapa Tinggi Ideal Tempat Tidur untuk Si Kecil?

Reporter : Riza Umami
Jumat, 15 Januari 2021 08:17
Berapa Tinggi Ideal Tempat Tidur untuk Si Kecil?
Ini tinggi ideal tempat tidur untuk bayi..

Ada banyak sekali hal yang perlu ibu perhatikan ketika mempunyai anak yang masih kecil. Salah satunya mungkin ibu akan berpikir tentang tempat tidur untuk si kecil. Berapa ukurannya, dari bahan apa dan juga tingginya berapa.

Hal kecil seperti tinggi tempat tidur untuk anak ini ternyata juga perlu diperhatikan untuk menjaga buah hati agar tetap aman selama tidur. Anak pun akan mendapatkan kualitas tidur yang baik dan ibu juga tak perlu khawatir pada si kecil.

1 dari 2 halaman

Dilansir dari laman id.theasianparent.com, tinggi tempat tidur anak ini sebaiknya disesuaikan dengan tinggi dan usia anak. Kebanyakan tempat tidur anak di pasaran ini tingginya yaitu antara 40-60 cm dari lantai.

Ilustrasi Tempat Tidur Bayi © Diadona

Sebaiknya sebelum membeli, Mom coba dulu tempat tidurnya untuk anak. Ukur dulu yaitu dengan cara mendudukkan anak di tepi tempat tidur. Bila kaki anak rata dengan lantai ketika lututnya sejajar dengan pinggulnya, maka itu adalah tempat tidur yang sesuai untuk anak.

2 dari 2 halaman

Ibu perlu menghindari tempat tidur yang membuat kaki anak bergelantung dan tak bisa menyentuh lantai karena itu artinya tempat tidur tersebut terlalu tinggi untuk si kecil. Sebaliknya, jika kaki anak malah menekuk maka itu tandanya tempat tidur tersebut terlalu pendek untuk si kecil.

Selain ketinggian tempat tidur, ibu pun perlu memilih kasur dengan ketinggian yang sesuai. Jangan sampai kasurnya terlalu tinggi bahkan bisa membahayakan anak dengan risiko terjatuh. Pilihlah tinggi kasur yang sesuai agar anak bisa naik turun dengan aman. Itulah penjelasan mengenai tinggi ideal untuk tempat tidur anak, semoga membantu ya Mom.

Beri Komentar