Buat Dia Mencintai Dirinya Sendiri, Begini Cara Jaga Kesehatan Mental Anak Selama Pandemi

Family | Sabtu, 31 Juli 2021 10:07

Reporter : Kurnia

Pentingnya kesehatan mental untuk buah hati

Bukan hanya dirasakan, namun survey juga telah membuktikan jika di masa pandemi ini, tingkat depresi orang tua bahkan anak-anak semakin meningkat.

Benar begitu Moms?

Survey UNICEF pada 2020 lalu menunjukkan jika pembatasan aktivitas selama masa pandemi Covid-19 mengakibatkan berbagai perubahan secara mendadak yang berisiko mengganggu kesehatan mental anak. Terlebih lagi bagi anak-anak yang mulai memasuki usia remaja.

Buat Dia Mencintai Dirinya Sendiri, Begini Cara Jaga Kesehatan Mental Anak Selama Pandemi
2 dari 6 halaman

Kata Budi Mardaya

 

Budi Mardaya, Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Perlindungan Khusus NAak atau KemenPPPA memberikan tanggapan akan hal ini. Menurutnya, salah satu solusi untuk menjaga kesehatan mental di masa pandemi Covid-19 ini adalah dengan cara mencintai diri sendiri.

“Dengan mencintai diri sendiri, anak atau remaja dapat menjaga kesehatan mental, memperkuat imun tubuh, hingga tumbuh menjadi pribadi yang tangguh,” ungkapnya dalam keterangan pers dikutip Sabtu, 31 Juli 2021.

3 dari 6 halaman

Buat Anak Mencintai Dirinya Sendiri

ilustrasi anak bahagiailustrasi anak bahagia © kidsnews.com.au

Di masa yang serba sulit seperti ini, peran orang tua sangat penting untuk kesehatan mental mereka selama di rumah saja.

Pentingnya mencintai diri sendiri akan sangat berpengaruh dengan kesehatan mental anak-anak lho Moms.

Saat anak-anak mencintai diri mereka sendiri maka buah hati dapat menerima segala kelebihan tanpa merasa tinggi hati, tetapi juga berlapang dada untuk merangkul semua kekurangan diri tanpa ditutupi.

Mencintai diri kita sendiri haruslah sepenuh hati dan tanpa syarat. Mencintai diri sendiri berarti percaya pada kemampuan diri sendiri, bersikap baik pada diri sendiri, dan dapat memaafkan diri sendiri saat kita melakukan hal buruk pada diri kita," lanjutnya seperti dikutip dari Liputan6.com.

4 dari 6 halaman

Hidup Lebih Bahagia

ilustrasi anak bahagiailustrasi anak bahagia © Shutterstock.com

Mencintai diri sendiri akan membuat anak-anak hidup dengan lebih bahagia. Mereka dapat meningkatkan dan memperkuat imun tubuh dengan hormone dopamine alami.

Selain itu, Moms perlu tahu jika hormone bahagia itu akan membuat hidup menjadi lebih sehat dalam setiap aspek kehidupan. Pentingnya mencintai diri sendiri tentu akan mengurangi risiko penurunan kesehatan mental.

Mencintai diri sendiri juga perlu ditanamkan sejak dini. Dengan mencintai dirinya sendiri sejak dini, anak-anak akan tumbuh menjadi pribadi yang mampu berdaya saing karena memahami apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan mereka.

5 dari 6 halaman

Perjalanan dan Perjuangan

Ilustrasi Anak SedihIlustrasi Anak Sedih © 2020 https://shutterstock.com/suriyachan

Selain itu, mencintai diri sendiri merupakan sebuah perjalanan, perjuangan, dan proses dalam menerima diri sendiri.

Pernahkan anak-anak mengungkapkan rasa keraguannya atau bahkan hingga mereka cemas?

Jika iya, ini adalah hal yang wajar dan manusiawi. Sebagai seorang manusia, ketika merasa ragu dengan diri sendiri, merasa gagal, hingga cemas adalah suatu hal yang umum.

Kehidupan memang dipenuhi dengan kebahagiaan dan kecemasan juga kesedihan. Namun, hal tersebutlah yang menjadi perjalanan dan perjuangan bagi setiap orang untuk mencintai diri sendiri.

Join Diadona.id