Bukan Sekadar Pelajaran, Mengajarkan Anak untuk Berbagi Punya Manfaat yang Penting lho Mom

Family | Selasa, 15 September 2020 16:17
Bukan Sekadar Pelajaran, Mengajarkan Anak untuk Berbagi Punya Manfaat yang Penting lho Mom

Reporter : Riza Umami

Yuk ajari anak agar senang berbagi.

Orang tua tentu akan senang jika anaknya menjadi pribadi yang suka berbagi karena itu adalah salah satu tanda bahwa anaknya memiliki kepribadian yang baik dengan menolong sesama.

Sikap untuk berbagi ini, perlu ibu ajarkan sejak anak masih kecil agar dia terbiasa sampai besar nanti. Lantas, apakah berbagi pada sesama ini hanyalah pelajaran semata untuk anak? Tentu tidak.

2 dari 3 halaman

Dilansir dari berbagai sumber, anak akan mendapatkan banyak manfaat dengan senang berbagi ini. Salah satu yang paling jelas adalah menumbuhkan rasa empati dan peduli dalam diri anak.

Empati dan kepedulian ini tentu adalah hal yang sangat penting dalam hidup bermasyarakat agar anak tak sampai menjadi pribadi yang tak peduli pada orang lain atau bahkan tumbuh jadi orang yang apatis. Biasanya, mereka yang seperti itu akan mengalami kesulitan saat bersosialisasi dan kurang disukai temannya.

 Ilustrasi BerbagiIlustrasi Berbagi © https://www.shutterstock.com/g/PhilipSteury

3 dari 3 halaman

Selain itu, dengan mengajarkan anak untuk berbagi ini juga akan menumbuhkan rasa syukur pada dirinya. Ketika seseorang lebih banyak melihat dan berjumpa dengan mereka yang kondisinya lebih kekurangan darinya, hal itu akan membuatnya lebih bersyukur dengan apa yang dia miliki sekarang. Hal itu pun juga berlaku untuk anak-anak.

Yang terakhir, anak yang sudah terbiasa dan senang untuk berbagi akan terus seperti itu hingga dewasa. Banyak orang yang percaya bahwa dengan berbagi pada orang lain ini, akan membukakan pintu rezeki baginya supaya lebih lancar. Selain itu, jika banyak menolong orang lain, kita pun juga akan ditolong ketika nanti mengalami musibah.

Wah, ternyata banyak sekali ya Mom yang akan didapatkan dengan mengajarkan anak agar suka berbagi dengan sesama. Semoga bermanfaat.

Join Diadona.id