Cara Atasi Anak yang Terlanjur Manja

Reporter : Riza Umami
Rabu, 18 Agustus 2021 15:17
Cara Atasi Anak yang Terlanjur Manja
Ini caranya Mom.

Sejumlah orang tua terkadang begitu memanjakan anak mereka apalagi kalau ia tak punya saudara alias anak tunggal. Keinginan anak selalu dituruti dan tidak disuruh untuk melakukan pekerjaan rumah apa pun, sehingga anak pun tumbuh jadi pribadi yang manja.

Saat mulai besar anak mungkin akan mengalami kesulitan dalam melakukan beberapa hal sederhana seperti mencuci pakaian sendiri, masak, menyapu rumah dan masih banyak lagi. Lantas apa yang perlu Mom lakukan untuk mengatasi anak yang terlanjur manja seperti ini?

Dilansir dari laman kompas.com, ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan seperti disarankan oleh Alzena Masykouri, MPsi, dari KANCIL Jakarta.

1 dari 5 halaman

Kompak

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Cara pertama yang perlu dilakukan adalah kompak dalam mengubah pola parenting pada anak di mana ia tidak dimanjakan lagi tetapi harus mulai belajar mandiri. Siapa saja yang harus kompak? Tentunya mereka yang punya andil dalam mendidik anak seperti orang tua dan juga kakek nenek. Bicarakan dengan kakek nenek dan minta untuk tidak terlalu memanjakan anak mulai sekarang.

2 dari 5 halaman

Sabar

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Tentunya gak mudah mengubah watak anak dari yang manja menjadi mandiri seperti itu. Oleh sebab itulah, dalam proses memandirikan anak ini orang tua perlu banyak bersabar dan jangan sampai malah memarahi anak. Bantu dia untuk perlahan menjadi mandiri, lama-kelamaan pasti anak akan jadi mandiri.

3 dari 5 halaman

Komunikasi

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Tentunya Mom juga harus mengkomunikasikan kepada anak bahwa mulai sekarang ia harus belajar untuk mandiri. Jelaskan kepada buah hati dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak sehingga ia tak sampai bingung dan terus komunikasikan hal ini sampai anak mulai menunjukkan tanda-tanda kemandiriannya.

4 dari 5 halaman

Konsisten

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Mungkin di awal-awal terasa gak mudah dari yang tadinya memanjakan anak, tetapi kini ia harus belajar melakukan apa-apa sendiri. Walau ibu merasa kasihan kepada anak dan ingin membantunya, tetapi sebaiknya hindari dulu. Ibu harus konsisten dalam memandirikan anak agar ia pun bisa berubah jadi mandiri dengan sungguh-sungguh.

5 dari 5 halaman

Apresiasi

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Tentunya tak mudah berubah jadi mandiri seperti ini untuk anak. Oleh sebab itulah, ibu perlu memberikan apresiasi kepada anak ketika ia mulai bersikap mandiri misalnya dengan memberikannya pujian agar anak merasa usahanya dihargai oleh ibunya. Saat anak sudah makin berubah jadi mandiri, berikan dia reward yang lebih istimewa misalnya membelikan mainan idamannya atau mengajak anak liburan ke tempat yang ingin ia kunjungi.

Itulah beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi anak yang sudah terlanjur manja. Semoga cara-cara di atas cukup berhasil diterapkan pada anak ya Mom.

Beri Komentar