Cara Bantu Anak Kembangkan Karakter yang Positif

Reporter : Riza Umami
Selasa, 9 Maret 2021 08:17
Cara Bantu Anak Kembangkan Karakter yang Positif
Ini beberapa cara yang bisa ibu lakukan.

Karakter merupakan sifat, kebiasaan dan tabiat anak yang biasanya berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Ada banyak hal yang bisa membentuk karakter ini hingga menjadi seperti sekarang.

Ibu tentu berharap buah hati punya karakter dan budi pekerti yang baik serta cenderung positif. Tentu, ibu pun bisa membantu menyiapkan diri dan lingkungan untuk anak demi membentuk karakternya agar lebih mengarah kepada yang positif.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Dilansir dari unggahan di akun Instagram @parentalk.id, ada beberapa hal yang bisa ibu lakukan untuk membantu anak mengembangkan karakter yang positif ini, salah satunya yaitu dengan menciptakan hubungan keluarga yang baik dan hangat.

Dalam lingkungan keluarga yang seperti ini, anak akan merasa dicintai sehingga dia pun lebih mudah memperlakukan orang lain dengan cara yang sama karena tumbuh dalam keluarga yang penuh cinta serta kasih sayang.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Selain itu, hindari untuk menggunakan kekerasan pada anak. Sebaliknya, gunakanlah ketegasan agar anak lebih disiplin. Kekerasan sebenarnya bukan hanya dengan memukul anak tetapi juga menggunakan kata-kata yang kasar padanya, memarahinya, membentaknya bahkan sampai melabeli anak dengan kata-kata yang tidak sepatutunya.

Berikan anak aturan yang jelas tentang hal yang tidak boleh dan boleh sehingga ketika dia melanggar, akan ada konsekuensi yang harus dia terima. Dengan ketegasan seperti ini, anak pun akan disiplin dan dia juga belajar tentang pengendalian dirinya sendiri yang akan sangat berguna sampai dia dewasa nanti.

3 dari 3 halaman

ilustrasi ibu dan anak sehat © Diadona

Selanjutnya kenalkan anak dengan lingkungan yang membebaskan dia untuk bereksplorasi tentang banyak hal yang positif. Dengan cara yang seperti ini, ibu pun juga bisa melihat kemampuan atau bakat terpendam dalam diri anak.

Terakhir yaitu afirmasi di mana ibu memberikan dukungan secara emosional kepada anak bahwa hal yang dia lakukan ini memanglah benar. Ingatkan juga anak bahwa dia cukup menjadi dirinya sendiri dan tak perlu meniru orang lain sembari dirinya pun tetap menghargai perbedaan yang ada.

Beri Komentar