Cara Belajar Efektif dan Efisien, Cocok untuk Pelajar yang Mengikuti SBMPTN

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 12 Agustus 2020 08:48
Cara Belajar Efektif dan Efisien, Cocok untuk Pelajar yang Mengikuti SBMPTN
Inilah cara belajar efektif saat kamu mengikuti SBMPTN

Belajar memang menjadi suatu kewajiban bagi seorang pelajar dan mahasiswa. Pasalnya selain menambah ilmu dan wawasan, belajar juga melatik otak untuk tetap fokus dalam suatu hal.

Namun sayangnya tidak sedikit yang paham bagaimana cara belajar efektif saat di sekolah maupun rumah. Sehingga, efeknya pun mereka menjadi susah meresap pelajar yang telah disampaikan.

Nah, kalau kamu ingin menjadi pelajar dan mahasiswa yang tekun dalam belajar, berikut cara belajar efektif yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Belajar Efektif dan Efisien

Cara Belajar Efektif © Diadona

Bagi para pelajar hingga mahasiswa, belajar merupakan sebuah kewajiban sebagaimana seorang pelajar. Sehingga pelajar yang baik tentunya harus belajar yang baik, menghasilkan peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan.

Namun, sayangnya tidak semua pelajar ataupun mahasiswa tahu bagaimana cara belajar efektif dan efisien guna menghasilkan sikap serta keterampilan yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Eits, nggak usah khawatir karena kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara belajar efektif dan efisien yang perlu kamu lakuka, diantaranya:

1.  Merangkum Pokok Pembelajaran

Salah satu cara belajar efektif dan efisien ialah dengan mencatat pokok-pokok pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru maupun dosen. Hal ini dilakukan sebab jika kamu membaca 1 buku maka akan butuh waktu yang sangat lama untuk menyelesaikan.

Sehingga ambilah intisari dari pelajaran tersebut. Dengan begitu nantinya akan memudahkan kamu dalam mengingat dan memahami inti dari pembelajaran tersebut.

2. Belajar dengan Praktik

Selain merangkum pokok-pokok pembelajaran, cara belajar efektif dan efisien yang perlu dilakukan seorang pelajar atau mahasiswa ialah belajar dengan praktik.

Misalnya seperti pelajaran IPA membahas tentang Botani atau Avertebrata, maka kamu bisa belajar sambil mengamati tumbuh-tumbuhan atau hewan secara langsung, dengan itu kamu akan bisa membuat sebuah acara belajar menjadi lebih asyik.

3. Mengerti Bukan Menghafal

Mungkin bagi seorang pelajar atau mahasiswa untuk memahami suatu pelajaran maka harus dihafalkan, padahal solusi cara belajar efektif dan efisien ialah dengan memahaminya.

Memang tidak salah untuk menghafal, cuma lebih efektifnya ialah dengan mengerti teorinya. Sehingga saat ujian kamu akan hafal dengan sendirinya.

2 dari 4 halaman

Cara Belajar SBMPTN yang Efektif

Cara Belajar Efektif © Diadona

Saat kamu sudah lulus dari SMA, tentu kamu akan lebih fokus dengan tes masuk perguruan tinggi, mulai dari SNMPTN hingga SBMPTN. Mengapa demikian?

Yaps, sebab salah satu faktor yang menentukan sukses tidaknya kamu dalam tes masuk perguruan tinggi negeri ialah jadwal dan cara belajar SBMPTN yang efektif itu sendiri.

Nah, biar kamu nggak terlalu gugup atau gegabah saat belajar dan mengerjakan tesnya nanti, berikut cara belajar SBMPTN yang efektif di tengah padatnya kegiatan.

1. Ketahui Dulu Sebanyak Apa Materinya

Langkah pertama dalam cara belajar efektif untuk SBMPTN ialah kamu harus menyusun jadwal belajar sebelum menelusuri lebih dulu sebanyak apa bahan atau materi yang akan dipelajari.

Dengan begitu, proses belajarmu pun akan lebih terarah dan efektif. Bahkan, waktu belajarmu nantinya tidak terhambat karena ketiadaan bahan.

2. Plotting Jadwal Menjadi Target Mingguan

Setelah menyusun materi berdasarkan kategori dan paket-paket belajar, langkah selanjutnya dalam cara belajar efektif untuk SBMPTN ialah dengan melakukan plotting jadwal menjadi target mingguan.

Misalnya untuk Paket Belajar A, maka kamu butuh waktu 90 menit, sedangkan paket Belajar B butuh waktu 120 menit, dan sebagainya.

3. Susun Paket Belajar Sesederhana Mungkin

Sebenarnya memaksa otak untuk menyerap terlalu banyak informasi dalam waktu terbatas, hanya akan membuat hasilnya tidak maksimal. Oleh karena itu kamu perlu menyusun paket-paket belajar menjadi bagian kecil-kecil dan sederhana.

4. Pahami Materi Sedetail Mungkin

Perlu di ingat, bahwa jenis soal yang diujikan dalam tes SBMPTN tidak sama dengan soal-soal pada ulangan umum harian, bahkan ujian nasional. Hail ini disebabkan tipe soal SBMPTN cenderung menguji pemahamanmu akan konsep paling dasar suatu materi/topik.

Jadi, salah satu cara belajar efektif untuk menguasai dan memahami materi tersebut saat SBMPTN ialah dengan belajar secara mendalam, santai namun tetap terstruktur.

3 dari 4 halaman

Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan

Cara Belajar Efektif © Diadona

Bagi sebagian orang, mungkin belajar merupakan sesuatu yang membosankan. Apalagi kemampuan tiap orang dalam belajar tidaklah sama, ada yang cepat memahami dalam mengingat materi yang diberikan, serta ada juga pelajar yang membutuhkan waktu lama dalam pemahaman materi.

Hal tersebut hanya disebabkan tentang cara belajar efektif dan menyenangkan bagi seseorang, oleh karena itu simak tips dan teknik belajar untuk bisa mengingat materi.

1. Membuat Catatan Kecil

Salah satu cara belajar efektif dan menyenangkan yang bisa dilakukan seorang pelajar maupun mahasiswa ialah dengan menuliskan catatan pada kertas kecil.

Hal ini merupakan cara belajar efektif yang bisa membantu kamu dalam mengingat materi pelajaran. Sehingga dengan kamu membuat catatan kecil yang di tempel dan letakkan pada tempat yang sering kamu lihat, maka kamu akan mengingat materi pelajaran tersebut.

2. Dinyanyikan

Sepertinya menghapal lirik lagu lebih mudah dibandingkan dengan materi pelajaran, sebab diiringi oleh nada-nada yang membuat lebih easy-listening serta enjoy bagi pendengarnya.

Sehingga trik ini bisa kamu lakukan untuk mempermudah dan memahami materi yang telah disampaikan oleh dosen ataupun guru.

3. Tulis, Baca dan Ulangi

Terakhir, cara belajar efektif dan menyenangkan yang bisa kamu coba ialah dengan tulis, baca dan ulangi. Artinya, kamu akan dilatih untuk menulis materi yang kamu dapatkan lalu membacanya, dan mengulanginya lagi yang kemudian akan menjadi suatu kebiasaan. Suatu hal yang menjadi kebiasaan, tentu akan dengan mudah untuk diingat.

4 dari 4 halaman

Cara Belajar Efektif di Sekolah

Cara Belajar Efektif © Diadona

Tak hanya pelajar dan mahasiswa, belajar juga kerap dilakukan oleh banyak orang untuk menambah ilmu dan wawasan. Sehingga wajar saja kalau saat ini telah tersedia banyak fasilitas yang bisa menunjang aktivitas belajar.

Selain menambah ilmu dan wawasan, belajar juga melatih otak untuk fokus dan bekerja. Meski begitu, nyatanya tak sedikit orang yang mengalami kesulitan saat belajar di sekolah ataupun di rumah.

Untuk itu, berikut cara belajar efektif di sekolah yang bisa kamu ikuti.

1. Mencari Suasana Nyaman

Salah satu cara belajar efektif yang tidak boleh dianggap sepele ialah dengan mencari suasana yang nyaman untuk belajar.

2. Buat Ringkasan Materi

Membuat ringkasan materi dari hasil belajar merupakan salah satu cara belajar efektif di sekolah, hal ini bisa kamu lakukan dengan membuat catatan berisi poin-poin penting dari buku yang sedang dipelajari.

3. Belajar dengan Interval

Untuk bisa mengingat sesuatu dalam jangka waktu yang lama, ulangi belajarmu dengan berkala atau berinterval. Sebagai contoh saat kamu menghafalkan sebuah kosa kata di dalam sebuah kamus.

Sehingga cara belajar efektif di sekolah ialah dengan mereview kata-kata tersebut dalam 1 atau 2 hari setelah kamu menghafal kata-kata tersebut pertama kali, kemudian setelah seminggu, dan setelah satu bulan.

Itulah cara belajar efektif dan efisien yang bisa dilakukan para pelajar saat mengikuti SBMPTN. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar