Cara Belajar yang Baik dan Benar untuk Pelajar Agar Cepat Masuk Otak

Family | Rabu, 16 September 2020 08:31
Cara Belajar yang Baik dan Benar untuk Pelajar Agar Cepat Masuk Otak

Reporter : Novi Hardita Larasati

Inilah cara belajar yang baik dan efisien untuk pelajar, agar belajar jadi lebih menyenangkan.

Belajar tentunya menjadi hal yang wajib bagi para pelajar. Namun, tidak hanya para pelajar saja yang wajib melakukan aktivitas tersebut, sebab pekerja kantoran maupun seorang dosen pun juga perlu belajar.

Akan tetapi, tidak sedikit para pelajar yang begitu paham dengan apa yang ia pelajari lantaran tidak mengetahui bagaiaman cara belajar yang baik dan benar. Sehingga, belajar mereka pun jadi tidak efektif dan membosankan.

Eits, tapi kamu nggak usah khawatir, sebab pada artikel kali ini kami akan membahas tentang cara belajar yang baik dan efektif, yang telah dilansir dari berbagai sumber agar bisa kamu coba di rumah.

2 dari 5 halaman

Cara Belajar yang Baik dan Benar

 Cara Belajar yang BaikCara Belajar yang Baik © pexels.com/@cottonbro

Seperti yang diketahui, belajar bagi para siswa sampai mahasiswa adalah sebuah kewajiban sebagaimana predikatnya sebagai pelajar.

Pasalnya, pelajar yang baik tentunya harus belajar dengan baik dan benar. Artinya dengan belajar yang baik, kamu akan menghasilkan peningkatan dalam pengetahuan, sikap dan atau keterampilannya.

Namun apakah belajarmu selama ini sudah efektif dan efisien? Kalau belum, yuk simak cara belajar yang baik dan benar di bawah ini.

1. Buat Suasana Belajar yang Nyaman

Langkah pertama dalam mempraktikan cara belajar yang baik dan benar ialah kamu harus membangun suasana belajar yang nyaman, sebab suasana yang tenang bisa membuatmu lebih fokus dan mudah untuk berkonsentrasi.

Contoh suasana belajar yang nyaman yaitu tempat belajar yang wangi, bersih, tidak dalam suasana berisik, temperatur ruangan yang pas, dan lain sebagainya.

2. Merangkum Pokok Pembelajaran

Cara belajar yang baik dan benar selanjutnya adalah dengan merangkum pokok pembelajaran. Kenapa? Ya, karena kalau kamu membaca 1 buku maka akan butuh waktu yang sangat lama untuk menyelesaikan.

Sehingga, ambilah intisari dari pelajar tersebut untuk memudahkan dan mengingat dalam memahami inti dari pembelajaran tersebut.

3 dari 5 halaman

3. Pahami Bukan Menghafal

 Cara Belajar yang BaikCara Belajar yang Baik © pexels.com/@max-fischer

Beberapa orang salah dalam metode belajar karena sering menghafal materi bukan memahaminya. Padahal, sekedar menghafalkan pelajaran hanya akan efektif untuk ujian atau waktu jangka pendek.

Bahkan, dalam jangka panjang, ilmu yang dihafalkan hanya akan mudah untuk dilupakan dan tidak meninggalkan manfaat apapun. Oleh karena itu, tahap yang satu ini tidak boleh terlewat sebagai langkah cara belajar yang baik dan benar, ya

4. Belajar dengan Praktis

Selain memahami, salah satu solusi cara belajar yang baik dan benar ialah belajar denga praktik. Misalnya pelajaran IPA seperti Botani atau Avertebrata, kamu bisa belajar sambil mengamati tumbuh-tumbuhan, hewan dan lainnya. Dengan begitu kamu bisa membuat sebuah acara belajar menjadi lebih asyik dan menyenangkan, bukan?

5. Beri Waktu untuk Istirahat dalam Belajar

Biasanya, seringkali para orang tua meminta kepada sang anak untuk belajar seharian penuh agar bisa mengerjakan tugas. Padahal hal ini justru membuat anak merasa cepat bosan.

Sebab, tubuh dan juga otak pastinya akan lemas kalau terlalu berlebihan. Maka dari itu saat kamu belajar, berilah waktu untuk istirahat, hal ini bertujuan untuk mengistirahatkan tubuh serta otak agar tetap bisa belajar dengan baik dan efektif.

4 dari 5 halaman

Cara Belajar yang Baik Menurut Islam

 Cara Belajar yang BaikCara Belajar yang Baik © pexels.com/@olly

Aktivitas belajar memang sangat begitu penting bagi seorang pelajar guna meluaskan wawasan dalam perihal ilmu pengetahuan dan keterampilannya.

Namun, bukan hanya pelajar sekolah saja yang diwajibkan untuk belajar, tetapi seluruh kalangan harus belajar. Bahkan, dalam agama islam menganjurkan tiap-tiap pemeluknya agar terus menuntut pelajaran dengan baik dan benar.

Nah, supaya bisa mendapat gaya belajar secara benar dan juga baik, pasti ada kiat-kiat dan triknya. Untuk itu, berikut cara belajar yang baik menurut Islam yang bisa kamu coba agar semakin efisien dan efektif.

1. Berdoa

Sebelum memulai kegiatan belajar, maka hendaknya kamu berdo’a terlebih dahulu kepada Allah SWT, agar saat belajar diberikan kemudahan dan kelancaran. Sehingga, hal utama dalam mempraktikan cara belajar yang baik menurut Islam ialah berdoa lah terlebih dahulu.

5 dari 5 halaman

2. Pilih Waktu yang Tepat untuk Belajar

 Cara Belajar yang BaikCara Belajar yang Baik © pexels.com/@ivan-samkov

Cara belajar yang baik menurut Islam berikutnya adalah memilih waktu yang tepat dalam belajar. Artinya, kalau kamu belajar saat tidak mood atau banyak pikiran, secara otomatis otak kalian akan kesulitan dalam mempelajari dan menyerap ilmu yang sedang kamu pelajari.

Oleh karena itu, waktu yang ideal untuk belajar ialah saat pagi hari, sebab kondisi raga belajar seseorang masih dalam keadaan segar dan belum banyak memikirkan kepentingan rumit.

3. Gunakan Metode Belajar yang Sesuai

Setiap orang pastinya memiliki metode belajar yang berbeda. Sehingga salah satu cara belajar yang baik menurut Islam ialah terapkan metode belajar yang paling cocok dengan dirimu sendiri supaya pelajaran yang akan dipelajari bisa cepat dipahami.

4. Belajar Bersama

Metode ini seringkali di katakan sebagai metode yang paling efektif dan efisien karena dalam suasana belajar berkelompok yang cukup santai otak menjadi lebih rileks menerima pelajaran/materi yang akan di serap.

Selain itu hal-hal yang belum di ketahui akan lebih mudah di selesaikan dengan bekerja sama. Maka cara belajar yang baik menurut Islam yang tak boleh terlewatkan adalah belajar bersama dengan teman-teman.

Itulah cara belajar yang baik dan efektif menurut Islam, yang bisa kamu coba di rumah agar belajarmu lebih menyenangkan. Semoga bermanfaat!

Join Diadona.id