Cara Cepat untuk Mengatasi Diare pada Anak

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 8 Agustus 2020 09:17
Cara Cepat untuk Mengatasi Diare pada Anak
Ini caranya.

Diare adalah salah satu penyakit yang paling umum dialami oleh anak-anak. Ada berbagai penyebab seorang anak bisa terkena diare, terutama yang sering menjadi penyebabnya adalah apa yang dikonsumsi oleh anak.

Diare ini biasanya ditandai dengan perubahan bentuk feses yang jadi lebih cair. Dalam sehari, anak yang mengalami diare, bisa buang air besar sampai tiga kali atau lebih.

1 dari 2 halaman

Dilansir dari laman klikdokter.com, biasanya diare pada anak ini terjadi kurang lebih selama 5-7 hari. Wah, cukup lama ya dibandingkan dengan orang dewasa. Lantas bagaimana cara cepat untuk mengatasi diare pada anak ini?

Ilustrasi Anak Sakit Perut © Diadona

Pertama yang perlu diperhatikan adalah pastikan si kecil minum air yang cukup. Hal ini tentu saja untuk menggantikan cairan di dalam tubuhnya yang banyak terbuang karena diare. Ibu bisa membuatkan oralit untuk anak. Hindari pula anak minum minuman bersoda dulu karena itu bisa memperparah diare.

2 dari 2 halaman

Yang kedua pastikan anak makan makanan yang mudah dicerna seperti bubur atau makanan yang berkuah. Jangan biarkan anak makan makanan yang pedas dulu karena itu adalah salah satu penyebab anak bisa terkena diare.

Kemudian cara yang ketiga yaitu dengan minum obat diare untuk anak. Namun, usahakan untuk berkonsultasi dulu pada dokter, obat diare apa yang sebaiknya diminum oleh anak karena ada beberapa diare yang tak perlu minum obat.

Pastikan anak mau makan dan minum meski lagi diare karena itu adalah salah satu cara agar diarenya bisa segera sembuh dengan mengonsumi makanan dsn minuman yang tepat. Semoga membantu.

Beri Komentar