Cara Main UNO Stacko dan Aturan Permainannya, Seru Banget!

Family | Sabtu, 17 Oktober 2020 14:02
Cara Main UNO Stacko dan Aturan Permainannya, Seru Banget!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati

Cara main UNO stacko gampang banget kok!

Permainan UNO Stacko asyik banget kalo dimainkan bareng temen-temen saat lagi nongkorong. Eh tapi udah tahu cara main UNo nya belum?

Nggak cuman seru, tapi main UNO juga bikin tegang dan gemes. Permainan ini pada dasarnya sih menumpuk menara jadi lebih tinggi dan tinggi sampi jatuh. Dan kamu nggak boleh jadi orang yang membuat menara itu runtuh. Saat menara runtuh, maka permainan berakhir dan pemenangkanya adalah orang terakhir yang berhasil menarik dan memasak kembali blok terakhir tanpa bikin menara jatuh.

2 dari 5 halaman

Cara Main UNO Stacko

Sebelum ke gimana cara main UNO, diadona bagiin dulu ya komponen dalam permainan ini, antara lain:

- 8 Balok Biru
- 8 Balok Merah
- 8 Green Balok Hijau
- 8 Yellow Balok Kuning
- 4 Balok Draw two
- 4 Balok Reverse
- 4 Balok Skip
- 1 Balok Wild

Nggak jauh berbeda dengan cara main UNO kartu, di uno Stakco ini juga ada beberapa tanda pada masing-masing baloknya, yaitu

Balok Angka, yaitu balok yang punya angka di masing-masing sisinya dan dimulai dari angka 1 sampai 4. Dan angka ini terdapat pada 4 warna yaitu biru, kuning, merah atau hijau. Balok ini menentukan warna atau angka apa yang harus dambil.

Angka pada balok UNO stacko ini dimulai dari angka 1 hingga 4. Angka-angka tersebut terdapat pada 4 warna yang berada di permainan UNO stacko, yakni biru, kuning, merah, dan hijau.

Balok Turn Around atau Reverse, balok yang memiliki simbol dua panah yang saling berlawanan arah. Fungsinya untuk memutar balik arah permainan. Jadi kalau sebelumnya pemain giliran jalan ke kanan, maka gara-gara balok ini pemain kudu jlaan ke kiri. Kalau pemain cuman dua orang, maka ini nggak berpengaruh.

Balok Draw Two yang bergambar dua kartu berjejer. Apa artinya? Dalam cara main UNO, pemain kudu selanjutnya kudu mengambil dua balok kalau ada pemain yang mengambil balok ini.

Balok skip yang bergambar lingkaran yang dicoret di setiap sisinya. Artinya, pemain selanjutnya nggak akan mendapatkan giliran bermain atau dilwati selama satu giliran tersebut.

Balok Wild ini paling beda diantaranya yang lain dengan warna ungu. Dalam cara main UNO, pemain yang mengambil balok ungun ini bisa menentukan warna apa yang yang kudu diambil oleh pemain selanjutnya.

yuk lanjut ke gimana cara main UNO dilansir dari Dinding Kaca

3 dari 5 halaman

 Cara Main UNOCara Main UNO © 2020 winedragon.blogspot.com/

Pertama, kamu harus menyusunnya dulu dengan cara membariskan tiga balok secara acak pada masing-masing tingkatan atau level. Nah susunannya berbentuk menyilang antara satu baris dengan baris selanjutnya, nbegitu seterusnya. Kayak gini nih.

Kamu bisa memainkannya dengan satu temanmu sampai total 10 pemain. Asyik banget emang kalo dimainkan bersama dengan teman-teman. Urutan pemain dalam cara main UNo bisa ditentukan lewat suit, kalau cuman dua orang. Kalqau berbanyak, urutannya bisa ditentukan dari posisi tempat duduk biar kamu nggak kesulitan saat mengambil balok reverse.

Nah kalau sudah tersusun, selanjutnya baru deh ke ikuti langkah berikut ini:

Pemain pertama kudu ngambil balok dari bawah maupun tengah. Wajib balok angka ya karena dia adalah pemain pertama. Mengambil balok kudu dilakukan dengan satu tangan, nggak boleh dua apalagi pinjem tangan temannya. Trus kalau pemain udah menyentuh satu balok, nggak boleh mengulang untuk pindah balok yang lain. Wajib ambil balok yang udah disentuh pertama kali.

Kalau balok udah terambil, pemain tersebut kudu menaruh kembali balok itu di bagian atas menara

Pemain selanjutnya kudu mengambil balok dengan warna ataupun angka yang sama dengan yang diambil oleh pemain berikutnya. Misalnya nih pemain pertama mengambil balok 2 warna biru, maka pemain kedua boleh mengambil balok angka 2 dengan warna bebas atau balok berwarna biru apapaun, misalnya biru reverse, biru skip, atau biru draw two. Boleh banget kalau mau mengambil balok wild karena balok dalam cara main UNO, balok ini boleh diambil kapan aja kecuali di awal permainan.

Permainan berlangsung kayak yang udah Diadona jelasin yah dan baru ada yang dinyatakan kalah kalau pemian tersebut merobohkan bangunan. Jadi permainan di sini bukan siapa yang menang tapi siapa yang kalah

4 dari 5 halaman

Aturan dalam Cara Main UNO

Dalam cara main UNO, perhatikan aturan berikut ini:

Kayak yang udah Diadona tulis bahwa pemain cuman boleh mengambil balok dengan satu tangan aja. Malah ada aturan yang cuman memperbolehkan pemain menggunakan dua jari saja lho!

Kalau balok-balok bersimbol diambil oleh seorang pemain, maka pemain selanjutnya wajib mengikuti aturan sesuai dengan simbol tersebut.

Balok yang diijinkan diambil oleh para pemain adalah balok pada susunan bawah, balok pada level 1,2, dan 3 pada bagian nggak boleh diambil.

Balok pertama yang diambil oleh pemain awal harus balok yang mengandung angka, jangan balok bersimbol ya.

pemain yang kalah atua yang bikin menara runtuh kudu menyusun lagi menara biar bisa dimainkan kembali.

5 dari 5 halaman

Cara Main Uno Stacko Kayu dengan Dadu

 Cara Main UNOCara Main UNO © 2020 Carousell

Dalam cara main UNO Stacko ini, pengambil balok dilakukan sesuai dengan angka yang keluar dari dadu. UNO Stacko ini biasanya terbuat dari kayu. Secara garis besar, cara mainnya mirip dengan Uno Stacko tanpa dadu. Bedanya nih, balok mana yang perlu diambil dilihat dari hasil keempat dadu yang dilempar.

Hasil tersebut bisa didapat dari perhitungan matematika (x, :, + atau-) atau cuman dari penjulahan aja, tergantung pada lesepatan pada pemain.

Cara main UNO Stack ternyata gampang banget deh. yuk segera mainkan bareng temen-temen kamu.

Join Diadona.id